Sunday, February 05, 2006

Festival Film Indonesia Era 80-an

Film Indonesia bisa dibilang mencapai salah satu puncaknya di dekade 80-an. Banyak film diproduksi dengan berbagai macam karakter.
  • Film pop remaja, berjubel bahkan dibikin dalam beberapa seri seperti Lupus dan Catatan Si Boy.(maap, belum nemu gambar2nya :()

  • Film komedi, tidak perlu ditanyakan lagi rajanya, Warkop DKI tentu saja.
    Di samping ada juga deretan film komedi situasi macam "Kejarlah Daku Kau Kutangkap".

  • Warkop DKI

  • Film laga, sudah pernah dibahas kan? dengan Eva Arnaz dan Barry Prima sebagai ratu dan rajanya.

  • Film Laga

  • Film horror, misteri, dengan Suzanna sebagai ratunya

  • Suzanna Ratu Misteri

  • Film2 musikal Rhoma Irama juga mencapai masa kejayaannya. Penontonnya selalu membludak, apalagi kalo diputer pas liburan lebaran

  • Film Rhoma

  • Film drama percintaan, banyak novel Mira W yang difilmkan di dekade ini.

  • Hingga film yang membutuhkan pemadam kebakaran alias film panas.


Film2 itu bukan sebatas diproduksi dan ditayangkan di bioskop, tapi juga ditonton banyak orang.

Inget nggak kalo di iklan2 bioskop di koran, yang dipajang berderet kecil2 di halaman belakang, selalu dengan bangga mencantumkan tulisan "Minggu ke-10!!" pada film2 laris yang masih bertahan tetap diputar. Kebayang? ada film yang masih diputar hingga minggu ke-10!! Hari gini apa ada ya? Tapi itu benar2 terjadi di 80-an. Mestinya bukan karena stok film cuma sedikit, tapi memang karena masih ada yang mau nonton.

Bukan cuma film yang disesuaikan sama selera pasar saja yang banyak muncul, tapi juga banyak diproduksi film2 berkualitas festival. Film2 itu dilahirkan dari tangan dingin para sineas kawakan yang sedang berada di masa kejayaannya. Lihat aja, ada Teguh Karya, Syumandjaja, Arifin C Noer, Slamet Rahardjo, hingga Christine Hakim semua masih aktif berkarya dengan penuh komitmen.

Tokoh Film Indonesia




Sumber: Wikipedia dan Buku Pintar Seri Senior karya Iwan Gayo... hehehe :D
Gambar2: CinemaShop




Tulisan lengkap dari artikel ini
sekarang sudah diterbitkan dalam bentuk buku
berjudul "Gaul Jadul" oleh Q Baihaqi,
terbitan Gagas Media, Juni 2009.



Segera aja dapatkan di toko buku langganan kalian yah cing...

41 Comments:

At 5.2.06, Blogger enda said...

wah kalo ada posternya masing2 film diatas bakal keren banget hehe

 
At 5.2.06, Anonymous Q said...

pastinya bakal keren..
Tapi nyari dimana??? digoogling kagak nemu tuh! Nyari gambar piala citra aja nggak dapet :( jadinya ya 'lawaran' gitu aja deh

Buat yang punya imagenya poster2 film yang ada di atas itu, boleh lo dibagi. Pic-nya piala citra juga boleh.. thx

 
At 6.2.06, Anonymous Q said...

Akhirnya dapet juga gambar2 poster film indonesia :D Meskipun kebanyakan yang ada adalah film2 suzanna, warkop, dan barry prima. Dan cuma segelintir dari film2 yang masuk nominasi FFI....

 
At 6.2.06, Anonymous Anonymous said...

entah kenapa, film wajib ga dibahas yaa, kayak operasi trisula (wajib nonton waktu sd), film tahunan di tipi (pemberontakan g 30 s) n catatan si boy 4 (srius) ini wajib tonton waktu gw smp, satu sekolahan nonton bareng dibioskop :P

 
At 6.2.06, Anonymous Anonymous said...

Wahhh top abis deh ulasan filem2 tahun jebot-nya .. Jadi inget waktu desek2an nonton filem warkop di bioskop Pasar Minggu .. Nonton harus bawa kipas soalnya pake keringetan segala ... Wahhh indahnya masa ituuuu ...

 
At 6.2.06, Anonymous riadi said...

Q-- sebagian film FFI yg menang skenario terbaik, posternya ada tuh di buku LAYAR KATA karangan Seno Gumira. Tapi item putih. Duhhwaas pisan, secara tahun 80an saya masih rajin nyebrang nonton gratisan di bioskop depan rumah hampir setiap malam.

 
At 6.2.06, Anonymous riadi said...

Film DRAMA PERCINTAAN judulnya so GUBRAk.. macam BUSANA DALAM MIMPI, KEMILAU KEMUNING SENJA, DETIK-DETIK CINTA MENYENTUH, PERISAI KASIH YANG TERKOYAK, TALI MERAH PERKAWINAN, MAWAR JINGGA, KUTUNGGU JANDAMU, ehh yang terakhir mah tulisan di belakang BAK TRUK.. hehehehe

 
At 6.2.06, Anonymous Anonymous said...

kayaknya KIKI SANDRA AMELIA (yg dari KEluarga PAk IS di TVRI) pernah dapet penghargaan pemain cilik terbaik dlm NAKALNYA ANAK_ANAK, sebuah film anak yg paling kusuka dengan pemain lainnya dina mariana, ria irawan, ryan hidayat, ira maya sopha dan gina adriana yg jadi ibuk pengasuh). Trus Yan Cherry Boediono juga dapet penghargaan dalam film Arie Hanggara.

 
At 6.2.06, Anonymous Anonymous said...

errr kayaknya aktor pembantu terbaik ffi 80 bukan hasan basri, tapi hasan sanusi. Terus dia main di ronggeng dukuh paruk sbg mbahnya srintil (enny beatrice). Inget, soalnya ada artikel masa itu yg menyanngkut penerimaan honornya yg tdk sepadan, meski dia peraih citra

 
At 7.2.06, Blogger Irvan said...

ada yang tahu nggak, dimana bisa dapet film2 festival diatas dalam bentuk vcd/dvd? itu film keren2 semua deh... ;)

 
At 7.2.06, Blogger Fortuna said...

berhubung waktu itu masih piyiek... jadi jarang banget bisa nonton langsung dibioskop.
Paling banter, pinjem video VHS, abang2 yang keliling naik motor dan langsung minta WARKOP.
nonton sampe guling2an...
apalagi pas ada adegan ngerjain bos rese, pake kaca mata item, bawa payung hitam dan jas hujan (padahal terik banget) duduk di perempatan lampu merah yang ramai dan nyanyi... "Majuuu Tak Gentaaarrr!" Hahahaha! Sumpah! Kocak banget!

 
At 12.2.06, Anonymous Yulia said...

Td udah lam kenal di SB ya..:)

Kalo nggak salah oma gw ikut ngeramein film kabut sutra ungu atau di balik kelambu..haduuh kok sampe lupa ya..mao nanya sama beliau tp udah almarhum..:(
Ceritanya beliau jd nyokapnya (yg perempuan pemeran utama yg trus meninggal karena tbc) kalo nggak salah (lagi) di antara kedua film itu..tp cuma jd figuran tuh..ixixixixx..

 
At 14.2.06, Blogger Cho said...

Kyaaaaaaaa! Jadi inget jaman masih dibeliin tiket ama bokap almarhum neh! Warkop lagi! Warkop lagi! Juga waktu Cut Nyak Dhien dan G30S/PKI dijadiin film wajib tonton sekolah-sekolah, waduh!

Nyari poster-poster film jadul atawa gambar piala Citra cari aja di koleksi majalah film bekas yang gambar sampulnya seronok ukurannya segede tabloid (Ria Film atau apa ya gue lupa). Itu dulu jadi referensi oom gue dan berantakan di kamarnya.

Good luck ya Q!

 
At 14.2.06, Blogger dodY said...

ampun! itu dapat gambar dari mana aja yah? hehehe

 
At 15.2.06, Blogger masdhiet said...

Kiyu ... kiyu ... kiyu ...

Gwe speachless dah sama karya2 mu .... kok bisaaaaa ya dapet bahan2 itu semua heheheh .... kalo gak gitu bukan Q namanya ... hehehehe

Inget gak q penyiar TV kita dulu yang kalo nyiarin siaran dokumenter kayaknya pas banget ... kalo gak salah namanya Sandy Tyas ya .... en ada lagi Yasir Denhas yang suaranya agak ngebas dulu pembaca Siaran Berita tapi akhirnya jadi pengisi suara Iklan ...

Pilem Catatan Si Boy juga boleh tuh di jadiin posted selanjutnya ...

Masdhiet

 
At 19.2.06, Anonymous Anonymous said...

Hello ...

Klo gwe jd Menteri (apaan yach..?), gwe akan ngasih penghargaan "Lifetime Achievement" dech buat (kamu/bapak/om/mas/ibu/mbak...?)

pokoknya....keren abiz dech

hatur nuhun
(Chev - Bandung)

 
At 23.2.06, Anonymous Anonymous said...

gila ahkirnya gw dapet info jg dari film jadul sumaph keren abieezzz....ria irawan dari kecil dah sering masuk nominasi tapi kalh terus baru menang di selamat tingal jeannete...

 
At 25.2.06, Anonymous Anonymous said...

wah,gw seneng bgt ma ni situs.jadi ngingetin masa2 gw kecil dulu

 
At 1.3.06, Anonymous Lisa said...

Film ter KEREN pada tahun 80-an adalah NAGABONAR !
Peringkat duanya baru Tjoet Nyak Dhien...
Tapi gw baru punya VCD nya Tjoet Nyak Dhien nih, yg Nagabonar dah dicari2 gak nemu2...
Denger2 mo di remake lagi yah dengan Tora Sudiro yg jadi Bang Naga?
Anyway, kalo ada info VCD atawa DVD or even VHS atau Beta, kabar2i yah...

 
At 24.3.06, Blogger djuda said...

wah....manteb...nih blog....
kalau film warkop pasti inget lebaran dijaman itu (di puter sebelum/sesudah lebaran)
Kalau yang nonton diPs.Minggu kalau nggak dapat banku bisa narik banku plastiknya penjaga karcis (karcis recycle)..wa'as euy, ...

 
At 31.3.06, Anonymous Anonymous said...

Thx, ulasan ama risetnya top..

Jadi inget jaman norak..
Gw selalu sok pengen nonton film-film festifal itu. tapi tetap aja ga ngerti jalan ceritanya.. ya..maklum, secara masih abg (lulus SMA 91). Film festival yang gampang dingerti cuman nagabonar ama KKDK. Tetep aja, film favorit gw sampe smp adalah film Barry Prima (yang setting modern: Menumpas Teroris, Preman..etc.. NAJIS)

Aktor festival jagoan gw Ray Sahetapy (liat dia di Opera Jakarta, jago banget). Tapi, dia selalu cuman jadi spesialis nominator.

Trus, berhubung agenda pacaran jaman itu (sekarang juga ya?) adalah nonton, maka terpaksa gw nemenin doi . Alhasil, tertontonlah film Saskia (dessy), Valentine, Rio Sang Juara, Ketika Cinta Telah Berlalu (semuanya Sophia Latjuba, 1989).

Tapi, di jaman itu juga, pacar punya idola: Andy Lau.. Gw sebel anget liat ini orang. Sok jago berantem, padahal kan dia gak kayak jet li yang jago beneran..

Tapi, boleh dong, ada yang bahas film Mandarin 80-an. Itu kan pas lagi jaya-jayanya. Secara Hongkong masih lama diambil Cina..

salam
H

 
At 20.4.06, Blogger writer said...

Huwaaaahhh...gw demen banget deh ama Suzzana. ulas soal film2 die dong, apa lagi Malam 1 suro. sensasional banget. BTW, jama gw kuliah dl gw pnya Suzzana Fans Club, yg terdiri dr 2 org. kita ampe rela cabut cuma buat nonton film nya dia di TV. "Bakpao nya sepuluh ya bang, buat anak saya..."

 
At 2.5.06, Anonymous eayf said...

whoalaahh,, baru tau kalo lagu pas acara apresiasi film-nya TVRI itu lagu bimbo toh.. :)

tahun 80an jg jamannya film ttg kekejaman ibu tiri deh, pokonya yg mengumbar tangis lah..

anyway, I still love indonesian movie more that anything in the world, walaupun pernah satu dekade hilang dgn film2 'membara'. terutama film indonesia yg dimainin sama deddy mizwar,slamet rahardjo,ikranegara,ray sahetapy,alex komang.

 
At 24.6.06, Anonymous Imod said...

hai... keren banget ulasannya, lumayan rapi juga !!!

 
At 19.7.06, Blogger Lili said...

thaun jebot dulu...banyak banget cerita2 anak tiri-anak tirian..
dari ryan hidayat, ira maya, sampe rano karno pernah meranin anak tiri..terus ada juga kisah nyata Arie Hanggara, inget gak?

 
At 23.9.06, Anonymous Anonymous said...

film tergila yg pernah ada cuma nagabonar doang, belom ada sejarahnya turun pangkat dari mayor ke sersan mayor.dasar copetttttttt....hahahahahaha, eh minta info cara ngedapetin film nagabonar dong....penting banget neeeh...kabarin yaaa

 
At 9.12.06, Anonymous Leo said...

Kenapa warkop nggak pernah msk george rudy,eva arnaz,warkop.barry prima n advent bangun ga pernah msk nominasi ya??Apa krn mrk main film "nista" ya jadi kagak pernah masuk nominasi???Bukannya mrk artis mahal wkt itu???Paling2 itu pun mrk dpt piala antemas doang...

 
At 13.12.06, Anonymous imam nur said...

need to know...
1. ira maya sopha masuk nominasi FFI kembali setelah 25 tahun kemudian!(tahun 1981 dapat nominasi untuk film Ira maya anak pincang dan tahun 2006 untuk film berbagi suami).
2. Christine Hakim (Cinta Pertama,1974)dan Joice Erna(Suci sang primadona,1977)begitu pertama kali main film, langsung sekaligus memenangkan piala citra untuk actrees terbaik.
3.Christine Sukandar (best supporting actrees untuk rembulan matahari th 1983)pertama kali menerima piala citra yang dibantu dipapah menuju panggung karena sakit, setelah itu tidak pernah main film lagi
4.nia daniati yang lebih dikenal sebagai penyanyi, pernah mendapat nominator sebagai aktris pembantu terbaik pada tahun 1980 dalam film antara aku dan dia.
5.lanjut nanti...(kalo dah ada temuan lagi yg aneh2)

 
At 17.12.06, Anonymous Anonymous said...

jadi inget si temon dalam serangan fajar, apa beliau sekarang udah pensiun ya?, trus inget dipaksapaksa sekolah nonton film g30spki. eh kalo film darna yang dibintangi sama lidya kandouw diulas donk. jadi inget gak bisa tidur waktu habis nonton film ini, terutama saat si gondoruwo muncul

 
At 18.5.07, Anonymous Anonymous said...

wah...
ternyata ada jg yang ngebahas film 80-an..sayangnya akhir taun 80an saya bari lahir..jadi ngga bisa ngerasain..
saya baru aja nonton Ibunda, filmnya alm. Teguh..dan saya ngga nyangka, ternyata film nya BAGUS banget..!! jadi pengen nyari lagi film2 taun segituan..

 
At 22.6.07, Anonymous alvintardy said...

Ada yang punya info tentang vcd/dvd/rekaman "Gadis Penakluk"?

 
At 5.11.07, Anonymous Anonymous said...

ada hal yg aneh terjadi pada waktu denger lagu opening atau closingnya acara apresiasi film indonesia, kalau dengar lagunya gue ketakutan banget, gue gak tau kenapa. kalau dengar gue selalu tutup kuping dan gak liat gambarnya (layar terbuka atau tertutup). mungkin karena keliatan nya sunyi dan lagu nya berirama mencekam kali ye...

 
At 19.12.07, Anonymous wuekero said...

Dulu tiap minggu pas habis unyil kita kelompok anak singkong pada nonton di bioskop daerah Kebayoran Lama ( Melati, Mahkota atau Cahaya) filmnya kebanyakan film2 Ninja bahasa Mandarin. Keren punya apalagi kalau ada adegan perang tenaga dalam... ada cahaya2 biru, kuning, merah.

Kalau film Indonesia yang gue ingat sampai sekarang... bener2 kampret.. baru umur 10thn diajak nonton Akibat Pergaulan Bebas (pemainnya ada adegan gulingan2 di taman, Yati Octavia ma Robby Sugara) juga film Sangkuriang yang dibintangi suzzana, adegan bercinta di dalam lautnya itu bikin heboh heee.

Yang enak dulu dalam bioskop ada pedagang asongannya, terus di tengah film ada istirahatnya heeee

 
At 5.2.08, Anonymous henshin75 said...

Wusheeeettt ampe yang ginian juga dibahas hahahaha. Jadi inget waktu nonton film2 Suzzana dulu. Waktu itu aku masih SD, kalo liat film2 Suzana nonton sambil nutup mata, tapi penasaran juga jadinya jari2nya sambil dibuka hahaha, terus aja sampe pelem selesai. Trus masih inget kalo dulu bioskop tuh duduknya rada2 gak bisa diem soalnya tempat duduknya ada kutu busuknya segala hahahaha.

 
At 30.6.08, Blogger [wE_kNoW] said...

kalo poster film² perjuangan jaman dulu punya ga bro?? janur kuning, serangan fajar, lebak membara, komando samber nyawa, soerabaya'45, sama Naga Bonar, Tjoet Nya’ Dhien,
Gema Kampus 66, Perawan di Sektor Selatan... lagi butuh nih.. makasih ya sebelum nya

 
At 9.7.08, OpenID apakatajapra said...

Huwaa.... artikelnya bikin panik pengen nonton film2 di jaman itu, yang menang2 FFI itu. Tapi gak tau bisa nonton dimana. heu... ada yang tahu yang jual DVD originalnya?

 
At 18.7.08, Anonymous Anonymous said...

klo Garin Nugroho seingatku pernah menang sebagai penulis skenario terbaik bersama Dimas Haring di Film Cinta Dalam Sepotong Roti

 
At 19.8.08, Blogger vai2001 said...

halow..halow
lam kenal semuanya
saya pengin dapet gambar ato foto2nya tokoh sandiwara radio tahun 80-an,dong...kaya' ferry fadli, elly ermawati, hana pertiwi, edy dhosa, dll.
thank banget ya...kirim aja ke irfai2001@yahoo.com

 
At 17.5.11, Blogger khani said...

Mampir nich...
menarik sekali blog anda, dan saya sangat suka..
Salam....
oh ya ada sedikit info nich tentang bibit jabon dan kayu jabon semoga bermanfaat...

 
At 26.10.12, Anonymous Anonymous said...

hehe..ada juga yg takut dg lagu opening n closing apresiasi film indonesia..sama dounk..yg bikin takut karena tayangnya tengah malem (aku versi waktu indonesia tengah)dan suasana udah sepi, yg nyanyi jga pake style kombinasi aneh antar seriosa campur keroncong...naratornya (namanya apa sandi/sani gitu, baca narasi film2 baru lokal kayk lagi baca berita ditambah lagi musik ilustrasi musik yg mirip keadaan lagi genting

 
At 27.9.13, Anonymous Anonymous said...

Film Arie Hanggara ...sediiiih banget sampe berurai air mata,.. tahun 85an dech kalo g salah,... sampe kebawa mimpi

 

Post a Comment

<< Home