Wednesday, November 23, 2005

Ilmu Tebak Sifat Berdasarkan Nama

A Tribute to Heidy Diana


Cerita-cerita tentang JeKa memang seru dibahas. Meski cenderung menguasai pasar musik lokal dekade 80-an, toh sebagian orang menganggap sebagai titik nadir dalam dunia musik Indonesia. Bahkan bagi mereka yang dahulu menggemarinya pun, ada yg berusaha untuk menghilangkan catatan sejarahnya itu. PipiMer misalnya. Temanku yang sekarang jadi juragan hotel itu adalah pentolan paling utama dari kleub penggemar JeKa pada usia-usia remajanya. Tapi sekarang? Malah sudah nyaris ga inget apa-apa. Dan cenderung men-denial-kan. Meski sambil ketawa-ketawa. Hehehe.. PipiMer boleh saja membantah. Tapi dari catatan buku kenanganku dan siamKu, yang dia isi ketika kita sudah mau pisah kelas, dia menulis dengan jelas-jelas kesukaannya pada Ria Angelina dkk (tapi minus Endang S.Taurina) dan antipatinya pada oh tidaaak, Vina Dewi Sastavyana Panduwinata.

Tidak seperti PipiMer yang inkonsisten, sampe sekarang perasaanku terhadap JeKa tidak berubah. Dulu saja aku merasa lagu-lagu JeKa so last yeaarrr…… Sekarang dengan penambahan duapuluh tahun serasa jadi so last decade. Or centuries. Or millennia. Or Jurassics. O whatever!

Tapi percaya atau tidak, meski dalam ketidaksukaan itu ternyata aku memiliki sebuah kaset terbitan JeKa, yang aku terima sebagai hadiah ulang tahun yang ke sekian belas. Bukan, bukan PipiMer dan gerombolannya yang ngasih dalam rangka psy-war. Sangat jauh dari pemikiran mereka, lagian juga kita telah mendahuluinya dengan memberikan hadiah teks-teks lagu Vina pada 5 April ketika PipiMer berulang tahun. Kalau kasetnya yang dikasih, sayang banget….! Mending kita simpen sendiri saja.

Waktu aku SMP, dahulu ada yang kos di rumah. Orangnya cantik, supel, banyak teman dan banyak cowo yang suka. Dia kerja dibalai kehutanan. Bosnya saja sampe naksir-naksir, meski si Bos itu dah beranak isteri. Terus adik ipar si Bos juga sering datang dari kampungnya di Jawa Tengah sana dan ... kemudian mereka memang jadian. Sering pacaran di ruang tamu. Hemmm ... aku ga suka. Bukan karena sirik atau apa. Pacarnya itu lho, yang bernama Budi (tapi bukan sodara Wati dan Iwan!), orangnya cemburuan… dan suka main fisik. Kamarku kan deket ruang tamu. Jadi bisa memantau. Waktu Si Budi itu melakukan tindak kekerasan; kayak menelikung lengan, mencekik leher, mencengkeram tangan. Deuhhh. Banci Banget sih ! Beberapa kali aku harus keluar kamar, atau melakukan gerakan atau mengeluarkan suara yang menunjukkan kehadiranku di sana. Biar ga terus-terusan nyiksa.

Aku sampai sampai bilang pada Mbak Kos itu, knapa ga putus saja. Masih banyak yang mau kok. Misalnya, Mas Lukman yang trainer dari Bandung. Kalau dibandingkan secara paras, profil dan attitude, beda banget. Beberapa kali mas itu coba pedekate.

Tapi cinta emang buta

Dan kecintaan si Mbak Kos sama pacarnya itu, sama kuat dengan kecintaan sama Mithun Chakraborthy dan JeKa. Alhasil, waktu ulang tahunku dia emang beneran ngasih kado kaset. Tapi meski aku sudah bersusah payah memberikan pertanda, bahwa kaset Festival Lagu Populer-lah yang pengen aku punya, tetep saja kejutan besar menohok diri ketika aku membuka bungkus kado darinya.

Daeng benar, Heidy Diana alias nyonya Avent Christie yang bintang film eksyen seangkatan Barry Prima, Johan Saimima, Yan Bastian, Eva Arnaz, Tutty Wasiat, Lina Budiarty deelel, memang alirannya jenaka. Lain dari personal JeKa lainnya. Baru buka wadahnya saja, bawaan pengen senyum meski sumir begitu melihat judul album dan judul lagu-lagunya. Tapi Heidy benar-benar memberikan aku pengetahuan baru yang tak akan kulupakan seumur hidup.



Waktu itu aku hanya tahu ilmu pengetahuan itu ya semacam biologi, geologi, planologi, ekologi, virulogi dan logi-logi lainnya. Ternyata Heidy membuka mataku bahwa ada sebuah ilmu yang bernama ACROPONOLOGY, yaitu ilmu tentang ‘apa arti nama-mu…’ Yup.. itulah judul Album yang menjadi hadiah ulang tahunku. Tapi di daftar isi lagu, judulnya berubah menjadi lebih formal; ARTI NAMA ANDA. Seumur hidup Cuma sekali itu aku tahu ada judul lagu begitu sopan sampe harus pake kata ANDA.

Judul-judul lainnya juga sangat jauh dari kesan cengeng. Ada Teka-Teki (yang isinya memang bener teka teki, tapi basi… yaitu yang jawabannya nenek-nenek naik taxi. Tebak apa teka-tekinya? Sangat 80an bangget!), Biro Jodoh (jangan2 jadi anthem-nya YASCO), Puber Kedua Ni Yee ... (yikes, ini gara-gara he-tikus-endang nyanyi Demi Cinta Ni Yee … latah-isasi Ni Yee di semua bidang kehidupan.), Cinta Senen-Kamis (nulisnya SENEN. Dah kayak puasa sunnah saja), dan beberapa lagi. Hihihi .…

Dan seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kaset ini juga membagikan 100 mini headphone radio am/fm sebagai hadiah bagi mereka yang beruntung. Dan sayangnya aku tidak termasuk di antara yang seratus itu. Mungkin karena belum menguasai ilmu ikhlas, yaitu ikhlas menerima kado itu :D)



Berikut sebagai kenangan sama Mbak Kos yang sekarang entah dimana dan kekaguman pada Heidy Diana yang berhasil lepas dari sisi melankolis yang jadi ciri khas JeKa, inilah daftar album kaset Heidy Diana dan teks lagu ilmu baru-nya :
1. Hatiku Masih Milikmu (ciptaan Pantje Pondaag, berarti waktu itu doi masih bersendu-riu)
2. Mimpikan Diriku (masih ciptaan Pantje)
3. Istilah Cinta ( Obbie Messakh ini yang membuat Heidy brobah aliran, dengan lagu ciptaan cowok warga Margahayu Bandung ini yang mengandung kata SUSUKI = Sungguh Sungguh LakiLaki)
4. Model Cinta (sumpah yang ini aku banyak ga ingetnya)
5. Bintangku Bintangmu (syalalala ini bintangku, syalalala mana bintangmu, boleh percaya tidakpun boleh, bintang meramal Tuhan menentukan… tapi sama SiamKu suka diplesedkan liriknya menjadi, ‘kalaulah ada sumur di ladang, bolehlah kita menumpang mandi’. Iseng banget sih, bikin sumur di ladang!)
6. Apa Arti Namamu (Acroponology)

Bagi yang ingin tahu gimana menyanyikan lagu di bawah ini…., tanya Rio dehh !! hehehehehehe….

Arti Nama Anda

Cipt. Nosita (jangan2 plesedan Nobita)
Idee: Judhi Kristianto
(goshhh … perannya sama dengan Rakhee Punjabi,
sbg Pimpinan Kreatif di semua produk Multivision
)

Lalala..lalala…
Mari bermain acroponology
Kau sebut huruf depan namamu
Kutebak sifat dan watakmu
Lalala..lalala…
Mari bermain acroponology
Boleh percaya Boleh tidak ini hanya permainan

A=tanggung jawab,keras kepala
B=materialistis juga kikir
C=kreatip dan jujur
D=bimbang sifatnya
E=sederhana senang dimanja
F=bersahabat dan ulet
G=pendiam namun rajin
H=hemat dan serius

Lalala..lalala…
Mari bermain acroponology
Kau sebut huruf depan namamu
Kutebak sifat dan watakmu
Lalala..lalala…
Mari bermain acroponology
Boleh percaya Boleh tidak ini hanya permainan

I= suka memberi dan menyendiri
J= selektip berpendirian
K=bijaksana senang dipuji
L=lincah dan mudah frustasi
M=selalu sibuk dan dihormati
N=giat bekerja, banyak berpikir
O=mudah emosi tak mau dibantah
P=penyabar cinta dama

Lalala..lalala…
Mari bermain acroponology
Kau sebut huruf depan namamu
Kutebak sifat dan watakmu
Lalala..lalala…
Mari bermain acroponology
Boleh percaya Boleh tidak ini hanya permainan

Q=optimis sulit dipahami
R=mandiri penuh kreasi (Itu SAYA!!)
S=sosial keras hati
T=romantis mudah tersinggung
U=pendiam menutup diri
V=sensitip dan gigih
W=pemalu senang humor
X=telaten dan tekun
Y=perayu mau menang sendiri
Z=kadang kreatip, kadang malas

Lalala..lalala…
Mari bermain acroponology
Kau sebut huruf depan namamu
Kutebak sifat dan watakmu
Lalala..lalala…
Mari bermain acroponology
Boleh percaya Boleh tidak ini hanya permainan


Catatan: semua huruf f yang berubah jadi p aseli dari sononya lho. Ga ada ejaan yang diubah. Semuanya sama précis dengan yang tertulis di kasetnya.

Jadi sekarang silakan mencocok-cocokan sifat masing-masing ya…

Penulis yang ngaku mandiri dan KREATIP: Rudy !

22 Comments:

At 23.11.05, Anonymous Haucuen a.k.a Moi said...

Wakakakakakakaka!!!

Uda RIO, gimana cara nyanyiinya?
Mas Rudi, akoe salut padamoe, dengar-dengar kamoe itu dedengkot 80's kan? Akoe salut, sekali lagi salut!! *sambil menjura dengan dua tangan*

Keep up the Good work guys!!

 
At 23.11.05, Anonymous Q said...

Hehehe... Heidy Diana apa kabarnya ya sekarang? Penyanyi yang ini beda ama artis JK lain yang terkenal dengan lagu2 mellow uwo uwo. Lagunya yang ngetop yang riang2 kayak lagu ini.

Akhir 80-an Heidy Diana malah nyanyi ndangdut, ciptaan Obbie juga kalo nggak salah. Cukup ngetop juga waktu itu, judulnya lupa tapi lirinya kayak gini:

"Sudah menjadi.. suratan,
hidupku hanya... untukmu" :D


Eh, itu kok "Q" optimis sulit dipahami? :P

Sempet nggak yakin kalo emang bener ada ilmu yang namanya Acrop(h)onology. Setelah di-googling ternyata beneran ada loh! Klik aja disini kalo mau tahu lebih dalam tentang "Arti Nama Anda" :D

 
At 23.11.05, Blogger guario said...

Pertama2 gue ingin meluruskan bahwa Rudy asal njeplak karena mana mungkin gue hafal lagu2 JK Records secara gue adalah Jackson Record Mania sejati. Huh!

Awas, ntar gue bikin tulisan tandingan tentang Vina hihihi.... Ah biar aja deh ini bagian Rudy lagi:D.

 
At 23.11.05, Blogger nana said...

ai ai... cucok cucok... akyu GIAT BEKERJA, BANYAK BERPIKIR huihihihi...

Gimana nyanyinya Yo??? *towel2 Riyoh minta ajarin* :D

 
At 23.11.05, Anonymous Anonymous said...

hahahaha aduh kalo mas rudi yang nulis lapan puluhan-nya kerasa banget, gue ampe ketawa2 hahaha

bowo

 
At 23.11.05, Anonymous chunk said...

itu foto kelipet-lipet, nyimpennya di dompet ya? hehehe..

luv this site ..

chunk.

 
At 24.11.05, Anonymous riadi said...

CHUNK: kelipet-lipet memang dari sononya. Bentuknya lebih mirip bujur sangkar sih, tren 80-an juga. kaset Vina yang judulnya CINTA juga lipetannya kayak bgeto. Selain bentuk kertas, warna bungkus plastik kaset yg BIRULANGIT juga sempet trendy.

 
At 24.11.05, Anonymous Anonymous said...

lucu juga nih, salam kenal...

ngomong2 BIRULANGIT, selain warna bungkus kaset, ini juga nama group musik (duo) taun 80an akhir kan? - lagu bekennya: LUKA...

ayo donk bahas Vina,...dua anak manusia, rembulan, citra biru, dll, lagu2nya yg ngga super beken tapi sebetulnya enak banget...

 
At 24.11.05, Blogger unai said...

hihihi, lutuna...nemu di mana sampulnya yang dah lecek itu?...sayang aku gak ada yang hapal lagunya...*nyanyiin dunk!

 
At 25.11.05, Anonymous Anonymous said...

BIRULANGIT-nuris iskandar- tahun 80an. Gayanya folk-country gitu kan. Dari Bogor apa Sukabumi ya???

 
At 25.11.05, Anonymous Anonymous said...

iya birulangit Nooris Iskandar,
(..nooris...nooris,...chuck Nooris kali ye?)
kayanya dari bogor...

lagunya luka yg reff-nya:
ketika sang amor melepaskan panah asmara...terlukakah dikau karena kekasihmu pergi.....
(rada2 kaya lagu Bimbo sih...)

eh...eh...kalo Lenong Rumpi-nya Harry DeFretes tuh 80an apa awal 90an ya?; kayanya akhir 80an udah ada....ayo donk bahas,...

jadi inget lenong rumpi, gara2 abis nongton Harry Potter - yang mana salah satu gurunya -
Professor Severus Snape alias
Allan Rickman:
http://www.imdb.com/gallery/ss/0241527/Ss/0241527/Kit-208.jpg?path=pgallery&path_key=Rickman,%20Alan

mirip banget ama.....
..
..
..TATA DADO*!!!!

iya ngga sih,..

(*bukan Tata istrinya Tommy lho)

 
At 25.11.05, Anonymous icha said...

iya lagu tebak2an garing kriuk2 bow, tapi Ik dulu juga punya tuh albumnya, huehuehue

 
At 26.11.05, Anonymous riadi said...

lenong rumpi lebih condong 90an
kalo lenong Bokir-Nasir 80an..
eh, inget Bokir inget pasangan tandemnya, Dorman Borisman.
Selalu tampil duet di setiap film SUzzANA... sebagai pasangan konyol

baik sebagai pembokat atau hansip atau dukun palsu!!!!!

 
At 30.1.06, Anonymous grE said...

sumpe deee... gw dulu punya kaset ini.. (bokap yang beli, hihihi..)
malah gw sempet hafal lagu no. 3...

kalau kaga salah liriknya begini:

Romantika bercinta, sungguh aneh ada-ada saja.
Remaja-remaja kini pandai beraksi..
Di dalam kamus bercinta,
sungguh aneh memakai istilah
yang bukan didapat dari guru di sekolah...

Benci.. BENar-benar CInta
Sebel... SEnang BEtuL
Marah... MAlu-malu tapi ogAH(dimana akronim R nya ya?)
Malvinas... MAlu-malu taPI gaNAS..
(tapi di bacanya taVI...huahhaah >;-D gw jadi geli sendiri)

 
At 1.2.06, Anonymous millnzee said...

Bossss..
Mau tanya ni...bole gak promosi program?
Kalo mao tau kabar orang top jaman dulu..nonton aja ceriwis hari jumat...julius sitanggang udah pernah ama keluarganya, tante heidy juga pernah...
Nah....kalo punya contact personnya GITTI SRINITA gua mao dong...tapi dia katanya di Bali ya...?

 
At 13.2.06, Anonymous Anonymous said...

Gue baru aja dapat lagu Bintangku Bintangmu Heidi Diana.... kalo mau, download aja...
http://images.metalmickey.multiply.com/song/1/4/full/UmFuZG9tSVYKDkgK4M,NnffsrbQjz5yc36qRfyqew0,Xei4JjjS3c4HeQ.2MrNT9/bintangku%20bintangmu.mp3

 
At 25.10.06, Anonymous anjar said...

Saya punya bbrp kaset Heidy Diana, tapi sayang vol 1 & 2 blm ada. Yang pop dangdut judulnya "Di Mana Ada Kamu Di Situ Ada Aku" ciptaan Benny Azhar.
Saya fans beratnya lho

 
At 23.1.07, Anonymous iwan ko said...

Hi! Tak kasi bonus lirik lagu Bintangmu Bintangku biar ndak hafal 100% :) he..he..

Bintangmu Bintangku

Syalalalala mana bintangmu
Syalalalala ini bintangku
Marilah kita coba menebak pribadimu pribadiku

Boleh percaya tidak pun boleh
Bintang meramal Tuhan menentukan
Kalaulah ada kata yang salah
Jangan simpan di hati

Bintang Virgo....
Bintang ...
Bintang Libra timbang sana timbang sini
Bintang Sagitarius ....

Syalalalala mana bintangmu
Syalalalala ini bintangku
Marilah kita coba menebak pribadimu pribadiku

Boleh percaya tidak pun boleh
Bintang meramal Tuhan menentukan
Kalaulah ada kata yang salah
Jangan simpan di hati

Bintang Taurus pesolek juga romantis
Bintang Leo berwibawa senang dipuji
Bintang Gemini bimbang sana bimbang sini
Bintang Capricornus sederhana tapi pendendam

Syalalalala mana bintangmu
Syalalalala ini bintangku
Marilah kita coba menebak pribadimu pribadiku

Boleh percaya tidak pun boleh
Bintang meramal Tuhan menentukan
Kalaulah ada kata yang salah
Jangan simpan di hati

Bintang Pisces perayu mudah tersinggung
Bintang Aries keras hati sudah diatur
Bintang ...
Bintang Aquarius dermawan yang sangat simpatik

Syalalalala...

 
At 23.1.07, Anonymous iwan ko said...

susah diatur

 
At 31.10.09, Anonymous Anonymous said...

Salam Kenal...

Indonesia Page - All About Indonesia
The Adsense Site - Guide to Online Adsense Earning

 
At 11.12.09, Anonymous Astaga.com Lifestyle on the net said...

Lagu ya kaya layanan sms ramalan he..he..
Astaga.com lifestyle on the net

 
At 12.10.10, Blogger khani said...

I like this your blog, also visit hotel in bandung... god luck!!

 

Post a Comment

<< Home