Wednesday, January 04, 2006

Kembali ke RETURN TO EDEN

Sedikit banyak terinspirasi ama berita beberapa hari yang lalu yang sempat mendominasi semua media massa, muncullah kenangan tentang serial yang satu ini. Tapi cuma terinspirasi ya... nggak ada kaitannya sama sekali lo! Kalo yang di berita2 itu mengaku sebagai malaikat Jibril, yang satu ini kayaknya punya malaikat pelindung yang hebat soalnya celaka berkali-kali tapi nggak mati2 juga. Kalo yang di berita itu menamakan diri sebagai Komunitas Eden, yang satu ini... apalagi kalo bukan... RETURN TO EDEN!



Jangan ngaku dibesarkan di 80-an kalo nggak ngerti, nggak ngikutin opera sabun asal Australia yang satu ini. Jaman itu stasiun tivi cuma ada TVRI, jadi gak ada alasan untuk nggak nonton serial ini. Apalagi semua orang membicarakannya, pasti mau nggak mau jadi ikutan nonton.

Serial dari Australia ini emang hot banget buat jamannya, nggak ragu menampilkan pemain nya (baik yang cewek maupun yang cowok) dalam balutan baju-baju seksi atau bahkan sekedar ditutupin secarik kain (apapun bentuknya itu). Dengan intriknya yang dibuat seruwet mungkin (meski nggak seajaib sinetron Indonesia sekarang!).

Penggemar serial ini pasti nggak sabar menunggu-nunggu kehadirannya tiap habis dunia dalam berita (hari apa ya? gw udah lupa :D). Dan meskipun saat itu gw belum seharusnya melihat film-film dewasa, tapi rasa keingintahuan dan juga desakan melihat pameran eeerrrrr…'estetika' yang begitu memancing 'rasa kagum' ;) membuat gw membulatkan tekad untuk nggak tidur sebelum nonton serial ini.

Mestinya sih para orangtua nggak sembarangan ngasih ijin anak2nya yang masih kecil nonton serial ini. Tapi gimana lagi, bapak, emak, ama kakak plus pembokat pada antusias nonton, masak anaknya ikutan nyempil dan ikut kecanduan nggak boleh?

Tokoh Utamanya

Stephanie Harper
Tokoh utama, diperankan oleh Rebecca Gilling (hihihi.. kalo saja ni pelem maen di 2000-an pasti "Rebecca Gilling" bakal masuk kamus gaulnya Debby Sahertian... hihihihi.. gilingan bener namanya). Matanya mengingatkan pada Glenn Close di film Fatal Attraction, sementara hidungnya agak sedikit mirip dengan mega model Linda Evangelista.

Stephanie sebagai tokoh protagonis yang banyak dikelabui dan juga selalu terlibat dalam intrik yang tidak menguntungkannya. Kekayaan nya diperebutkan, suaminya mengkhianati bahkan mencelakakannya, kemudian juga trauma-trauma yang menghantuinya kembali (anjrit, bahasanya udah saingan ama sinopsis telenovela banget!). Pokoke tipe tokoh yang akan selalu menarik simpati penonton deh, dengan melupakan betapa dia juga tidur dengan beberapa orang yang bukan suaminya *moralis mode on*

Pas Rebecca Gilling (gw masih pengen ketawa ama namanya :D) datang ke Indonesia buat liburan (lupa tahun berapa), itu yang namanya fans dia udah berjubel di bandara buat foto2 atau sekedar salaman ama dia!!! Bukti kalo Return to Eden emang tontonan semua orang di 80-an.

Dan satu lagi, salah satu merk sabun yang banyak memajang bintang-bintang cantik kayak Ida Iasha (inget ya ini 80-an! Jadi belum Dian Sastro ato Mariana Renata) memajang wajah si Rebecca ini buat jadi modelnya. Wuiiiih!

Jilly Stewart
Tokoh antagonis, diperankan oleh Peta Toppano. Pada miniserinya, Jilly ini diperankan oleh Windy Hughes, tapi memang Peta Toppano lebih cocok memerankannya (mengingat pemeran Jilly sebelumnya rada-rada 'unrep').

Beberapa hal yang patut dicatat dari Jilly ini adalah, sangat manipulatif dan juga sangat gemar tidur dengan lelaki…nyaris siapapun itu. Ada dalam satu episode diceritakan bahwa Jilly dan Dennis yang sama-sama manipulatif menggunakan ranjang sebagai wadah mereka berdua bertransaksi mendapatkan apa yang mereka berdua inginkan (selain yang satu hal itu tentyunya!). Di lain episode, Jilly didatangi oleh tokoh bernama Johno, yang menawarkan informasi mengenai adanya tambang minyak di wilayah Northern Territory, dan diskusi dilakukan (kembali) di tempat tidur. Dengan banyaknya adegan di ranjang yang bikin mata melotot ini, jadi nggak heran RTE ditayangkan setelah acara Dunia Dalam Berita.

Satu lagi tentang Jilly ini, doi selalu tampil dengan topi-topi yang gw rasa bisa bikin Philip Treacy si desainer topi itu ngerasa minder. Entah yang motif polkadot lha, trus ada juga yang mirip cone ice cream diterbalikin (butuh berapa jepitan ya buat bikin topi itu tetap pada tempatnya?). Pokoke ide banget deh topi-topinya itu. Tapi kok kalo gw liat somehow si Jilly ini keliatan kayak Estee Lauder versi bitchy nya gitu.... hihihihihihi



Jake Sanders
Diperankan oleh Daniel Abineri. Pengusaha kaya yang dengan gigih berusaha merebut Harper's Mining dari tangan Stephanie, selain diam2 juga menginginkan Stephanie nya sendiri untuk diperistri. Semua itu entah didasari dendam, entah karena terobsesi ama bekas istri kakaknya sendiri. Yup, Jake Sanders adalah adik dari Greg Marsden, mantan suami Stephanie yang melemparkannya ke rawa penuh buaya itu.

Jake Sanders ini emang cowok flamboyan, ambisius yang 11-12 alias beda-beda tipis ama Jilly dalam hal menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Penampilan Jake Sanders ini cukup membikin heboh dengan celana renangnya, dan juga tampangnya yang emang ngganteng itu.

Dan Marshall
Dokter bedah plastik yang berhasil mengembalikan kecantikan Stephanie dan kemudian menjadi suami dari Stephanie Harper (entah suami ke berapa). Ya seperti tipikal suami baik-baik di soap opera, mudah diperdaya, baik hati, nggak punya tendensi apa-apa selain membahagiakan istri dan keluarga…aaaiiiiiiiiiih!

Cassie Jones
Sebenernya bukan tokoh penting banget di RTE ini, tapi perannya sempat membuat tokoh yang lain kalang kabut. Dan kehadirannya patut diangkat karena, yaolo, sangat 80-an!!! Dengan blazer ber-pundak rugby nya, rambut kriwil yang dikuncir samping, kacamuka dan juga make up. Pokoke if you need something represented from 80s decade, you may find it in a person which is her!

Sheik Ahmal
Seorang ‘kawan’ Stephanie. Nggak tau kenapa tokoh arab ini muncul, apa kaitannya ama tambang minyak, nggak ngerti juga gw. Digambarkan sebagai arab yang moderat (lebih moderat mana ya, sama arab-arab yang di Hotel Sentral hihihihihihihi).

Dennis Harper
Nggak ketahuan ini anak Stephanie darimana. Soalnya nggak diceritain, Stephanie itu janda dari siapa, pokoke janda aja! Digambarkan sebagai anak manja, yang doyan cewek, judi, dan mobil bagus (payah loe Dennis, masa kalah ama si Boy!!!)

Sarah Harper
Sodaranya Dennis. Saingan nya Cassie dalam hal dandanan tahun 80-an, rambut kriwil dan bahu rugby hehehehe. Dapet pacar kok ya diisukan sedarah ama dia, gimana nggak bikin stress. Mana udah mengandung anak dari pacarnya pula, nasib…nasib!



RINGKASAN CERITA

Miniseri, 3 episode

Janda kaya raya pewaris Harper Mining, Stephanie Harper dinikahi oleh seorang pemain tenis profesional juara Wimbledon, Greg Marsden. Mereka tinggal di Eden, rumah mewah milik Stephanie di Northern Teritory Australia. Ketika Greg bertemu Jilly Stewart, yang seharusnya adalah teman baik Stephanie, keduanya jatuh cinta. Begitu dalamnya cinta Greg, hingga memutuskan untuk melenyapkan istrinya. Dalam suatu perburuan buaya, Greg mendorong Stephanie jatuh dari kapal ke sungai yang penuh buaya.



Stephanie ternyata masih mampu bertahan hidup dan ditolong oleh seorang pertapa di suatu rawa2. Selanjutnya Stephanie ditangani oleh seorang dokter bedah plastik Dr. Dan Marshall.

Dengan wajah barunya Stephanie memasuki dunia model sebagai Tara Welles. Sesuai dengan rencana, Greg jatuh hati kepada Tara. Saat Tara di ajak ke Eden oleh Greg, mereka bertemu Jilly. Rahasiapun dibongkar dan terjadilah perkelahian. Jilly sempat melukai Greg. Malangnya Greg tewas saat mencoba melarikan diri dengan pesawat.

Jilly ditangkap atas tuduhan percobaan pembunuhan. Sementara Stephanie jatuh cinta dengan dokter bedah plastiknya.


Serial, 22 episode

Demi untuk lengkapnya kenangan akan telenovela 80-an ini, sinopsis ini diusahakan menceritakan semua bagian. Karena itu.... perlu diperingatkan sejak dini bahwa sinopsis ini bakalan panjaaaaaaaang...

Diawali oleh cerita kebahagiaan Stephanie yang telah menikah dengan Dan Marshall. Tapi kebahagiaan itu ternyata harus diguncang oleh surat wasiat ayahnya Max Harper yang baru ditemukan. Wasiat itu menyatakan bahwa Jilly Stewart, yang kebetulan baru saja keluar dari penjara setelah di hukum tujuh tahun, diakui sebagai saudara Stephanie (walah segitunya... si om kayaknya udah pernah tidur ama Jilly nih :P). Dan tentunya berhak atas sebagian warisan Harper. Jilly pun tinggal bersama keluarga Harper di Eden dan kembali menjadi biang kerok (kalo nggak ada Jilly sebagai biang kerok, ya nggak bakalan ada opera sabun ini).

Harper Mining, perusahaan milik ayah Stephanie, pada saat yang sama sedang berusaha direbut dengan segala cara oleh seorang pengusaha bernama Jake Sanders (Yang sejak pemunculan pertama sudah digambarkan sedang berada di ranjang dengan Cassie Jones, analis di Harper Mining). Merasa memiliki kepentingan yang sama, Jilly pun mendekati Jake.

Berkomplot dengan Jake, Jilly berusaha mencelakakan Stephanie. Jilly menghubungi Olive, temannya di penjara, untuk menghabisi Steph. Berbagai cara dilakukan Olive, dari menembaknya saat sedang berkuda, memasukkan buaya di kolam renang Eden, meledakkan kapal motor, tapi tidak ada yang berhasil (kali Stephanie ada keturunan kucing nih.. nyawanya sembilan :D).

Jilly memutuskan menikah kembali dengan mantan suaminya Phillip (yang udah tua renta dan jelas nggak "Jilly" banget). Sebagai hadiah pernikahan Steph memberikan sebagian saham Harper Mining untuk Jilly (aduuuh.. baik hati sekali kakak ini ya? nggak inget pernah hampir dibunuh?). Jilly pun menerimanya dengan gembira dan segera menyatukannya dengan saham yang dimiliki Jake. Dan Jake akhirnya memiliki jumlah saham yang cukup untuk duduk di kursi direksi Harper Mining (Stephanie emang giling kok.. :P).

Dan Marshall merasa dinomer-duakan oleh Stephanie daripada perusahaan (ngambek juga akhirnya). Dia pergi ke pulau dimana mereka berdua bertemu pertama kali. Sempat bimbang antara menyelamatkan perusahaan atau pernikahannya, Steph akhirnya menyusul Dan ke pulau. Pada saat itulah Jake Sanders berhasil secara sepihak mengambil alih pimpinan perusahaan Harper Mining. Sementara Steph dan Dan malah mengalami kecelakaan di boat.

*ambil nafas dulu... *

Philip, suami Jilly, mengetahui persekongkolan dan perselingkuhan antara Jake dan Jilly. Dia sempat merekam pembicaraan Jake dan Jilly. Sebelum bunuh diri karena malu, Philip sempat mengirim kaset itu kepada Steph dan Jessica, keponakannya. Kaset untuk Steph berhasil diambil Jilly, tapi Jessica muncul dan mencoba memeras Jilly (cucian kali....)

Bill Mc Master, teman ayah Stephanie yang masih ikut memimpin Harper, memiliki anak bernama Tom yang juga dipercaya bekerja di Harper. Tom menjalin hubungan dengan Sarah, anak perempuan Stephanie. Tapi Bill dan istrinya berusaha menghalangi berlanjutnya hubungan itu, karena Tom menurut mereka adalah anak dari Stephanie yang dilahirkan saat Steph berusia 18 tahun.

Jilly yang atas bantuan Olive berhasil mengetahui rahasia tentang anak Bill, mencoba memeras Bill dengan meminta agar rumah mode Tara mejadi miliknya. Tapi Jilly didahului oleh Casey yang mengancam Jake akan membocorkan asal sahamnya jika tidak mendapatkan Tara (Gw baru ngeh... kenapa kok serial kayak gini dikasi nama opera sabun. Ternyata karena memang banyak yang harus dicuci lalu diperas..:D).

Sarah dan Tom yang terlanjur mengumumkan pertunangan akhirnya harus membatalkannya ketika Bill membuka rahasia. Steph bersama temannya Seikh Ahmal, yang ia minta bantuan untuk menyelamatkan Harper, akhirnya mengakui kalau Tom adalah anak mereka. Tapi Tom tidak percaya, dan berusaha menemukan bukti.

Atas bantuan Ahmal, Steph berhasil kembali menguasai saham Harper. Tapi aset perusahaan telah dialihkan oleh Jake ke perusahaannya sendiri pada saat2 akhir. Stephanie pun bangkrut. Dan Marshall berhasil dijebak oleh Jilly untuk tidur seranjang, agar dipergoki Steph.
Semakin frustasi, Stephanie nekat menceburkan diri ke laut dan hilang. Semua orang di Eden menganggapnya telah mati (kenapa sih harus bikin skenario yang mirip2 ama miniserinya? Nggak ada ide lain apa? ... errrrr.. asal jangan ide amnesia aja ya .. hehehe emangnya sinetron indo :D).

*ambil nafas lagi...*

Tom berhasil menemukan bukti bahwa dia bukan anak Steph. Tapi saat hendak mengumumkan hal itu, Tom mengalami kecelakaan hebat dan koma (opera sabun gitu loh! :P). Sarah yang ternyata hamil akhirnya memutuskan untuk menikah dengan Angelo. Sementara Dan Marshall mulai dekat Jessica setelah menyerah terhadap hubungannya dengan Stephanie (ini yang diluar pakem opera sabun. Biasanya tokoh utama pasti akan kembali bersatu dengan pasangan hidupnya, tapi yang ini ternyata enggak)

Olive yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh Jilly, mencoba mengganggu Jilly. Akhirnya Olive mati oleh ular berbisa yang dibawanya sendiri. Jake dan Jilly membuang mayat Olive di dekat rumah mode Tara. Cassie memergoki mereka dari jendela dan memotret kejadian itu. Foto2 itu pun dijadikan alat oleh Cassie untuk memiliki Tara sepenuhnya (see?... emang banyak cuciannya, pada bantuin gih! :P).



Stephanie selamat, dan ditemukan oleh Johno, yang ternyata adalah ayah kandung dari Tom. Steph tidak ingin kembali ke Eden dan tinggal di perkemahan Dave Wells, orang yang pernah menyelamatkannya saat digigit buaya pertama kali. Atas dorongan dan sedikit modal dari Dave, akhirnya Steph merencanakan kembali ke Eden. Kembali ia menghubungi Ahmal. Steph kembali ke Sydney sebagai Putri Talitha, adik dari Ahmal. Fashion Show yang diadakan rumah mode Tara, dijadikan momen oleh Steph untuk muncul kembali di depan hidung Jake dan Jilly.



Jilly memaksa Jake segera menikahinya, padahal Jake sedang terpesona kembali pada Stephanie. Merasa terganggu oleh ulah Jilly, Jake menyuruh Anton melenyapkan Jilly. Tapi saat tahu Jilly sedang hamil anaknya, Jake menyelamatkan Jilly yang sempat ditenggelamkan di kolam renang (sooo... sweeeet..). Merekapun menikah.

Pacuan kuda Melbourne Cup menjadi klimaks segala intrik (emang.. maksa banget nih endingnya). Kuda milik Jake dan Jilly "Revenge" akan bertarung satu arena dengan kuda "Tara's Pride" milik Stephanie. Steph mengajukan tawaran taruhan kepada Jake, siapa yang menang akan mendapatkan semuanya. Jake menerima, kontrak dibuat secara resmi untuk taruhan tersebut (errr... harus bilang apa ya buat kebodohan ini?). Dan pemenangnya... ya udah pasti kudanya Stephanie lah...

Steph mengadakan pesta di Eden untuk merayakan kemenangan, yang dihadiri juga oleh Jake dan Jilly (demi harga diri... dan siasat licik terakhir). Saat Jilly diantar ke kamar oleh Steph karena pura2 sakit (kok ya baik bener mbak Stephanie ini :P), Jilly menodong Steph dengan pistol dan membuka rahasia bahwa Jake adalah saudara Greg Marsden. Jake masuk dan berusaha merebut pistol Jilly, tapi malah tertembak dan rubuh. Steph berhasil merebut pistol Jilly. Jake jatuh terguling di tangga. Steph memandanginya dari ujung tangga dengan pistol di tangan. Jilly keluar kamar dan berteriak di depan pengunjung pesta, "She did it. I saw her. She shot him in cold blood!"



(Huh...!! penonton udah dibikin berbunga2 melayang ke udara... eh, akhirnya dibanting lagi dengan ending yang menyesakkan. Maunya menangis bahagia di episode terakhir, ternyata harus kembali mencaci maki si Jilly !!... dasar opera sabun!! .. *banting2 cucian* :P)


SPESIAL: Episode Tambahan!!

Sampai disitu akhir dari season 1 dari serial ini. Rencananya sih mau dibikin season 2. Tapi nggak tau kenapa akhirnya nggak jadi dibikin. Untuk menutup serial ini dibuatlah episode tambahan yang mengakhiri semua konflik. Dan sayangnya nggak pernah disiarkan TVRI. Ini dia bocoran ceritanya:

Dennis yang pada episode terakhir diperlihatkan diserang oleh seseorang di jalan sesaat sebelum pesta, berada dalam tawanan seorang laki2 misterius. Laki2 itu berniat hendak meminta tebusan kepada Steph untuk pengganti jiwa Dennis. Ia mengaku bernama Chris, dia adalah anak Stephanie yang dibuang sejak bayi. Dennis meyakinkan Chris bahwa dia bisa mendapat lebih kalo mengaku di depan Steph dan Ahmal.

Jilly mengunjungi Stephanie di penjara. Beberapa saat kemudian Dennis dan Chris muncul. Dennis menceritakan bahwa Chris adalah anak Steph, dan saat Jake terbunuh Chris berada di balkon dan memotret kejadian tersebut. Jilly kembali diringkus polisi.




Gitu deh... akhirnya happy ending juga.
Eh, kalo nggak salah setelah hebohnya serial ini ada satu film Indonesia yang plot ceritanya mengekor serial ini. Dibintangin Marissa Haque ama Ray Sahetapy, judulnya "Pesona Natalia" (Thanks to Rudi Riadi yang masih inget, lo bener2 membuktikan sebagai penguasa 80-an... top deh :D). Orang indonesia emang nggak bisa liat ide bagus sukses sendirian tanpa dicontek :P




Diolah oleh Irvan, dilengkapi oleh Q,
Keduanya mengaku bukan pengikut Komunitas Eden :P
Sumber: Unofficial Website for Return to Eden.

49 Comments:

At 4.1.06, Blogger Tukang Kebun said...

membawaku kembali ke masa lalu, trus hari minggunya setelah kejayaan RTE ada juga telenovela Latin, yang Jaman PErbudakan, apalah judulnya kalo gak salah ucap "Little Missy" bahas dong.... tokohnya selain Missy ada juga yg selalu pake tudung dan ada juga yang pernikahan antar Ras.

 
At 5.1.06, Anonymous Isyana said...

Um...ngga gitu inget Return to Eden since I guess it was aired in the mid 1980s? Gue waktu itu either belum sekolah or TK nol kecil, tapi nyokap gue ngikutin dong, and gue paling inget I went hysterical screaming, "Stephanie dimakan buaya! Stephanie dimakan buaya!" Hohohoho...Anyway recently Return to Eden sempet ada reruns-nya kan di...kalo ngga salah di Metro TV deh, and sempet nonton 1 episodenya, tapi ngga ngerti..

 
At 5.1.06, Anonymous riadi said...

RETURN TO EDUN... itu karena surprisingly TV corong pemerintah memuter film yg 'agak2 di luar norma' Hehehehe... Kayaknya ada beberapa tokoh kelewat, yg pemerannya angelo d'angelo, dia jadi petinju dan cinta Sarah (bukan Azhari). terus tangan kanannya stephanie di Harpers Mining, bapak yg sedikit aki2 dengan anaknya yg ganteng yg juga cinta sama si Sarah (bukan Azhari)

 
At 5.1.06, Anonymous riadi said...

Bukan JuLIANA, tapi PESONA NATALIA
Mmang daya catut film2 populer sudah mendarah daging buat pekerja film/sinetron kita

 
At 5.1.06, Blogger Irvan said...

tukangkebun (bukan profesi kan? hehehehe), yang kamu maksud itu kayaknya Escrava Isaura deh, dedengkotnya telenovela yang pertama kali diputar di Indonesia (pemeran utamanya juga main di little missy). gw inget banget waktu itu sulih suara belum se-OK sekarang. dan beberapa tokoh di-dubbing oleh satu orang, walhasil...intonasinya sama semua hehehehe

 
At 5.1.06, Anonymous luthfie said...

yup...dan protagonis dalam escrava isaura adalah Lionel....kalo nggak salah ;)

 
At 5.1.06, Anonymous luthfie said...

eh...salah...antagonis maksudnya ;)

 
At 5.1.06, Anonymous Q said...

Hehehe... Riadi emang gak ada matinya kalo soal ilmu 80-an. Thx Rud, kok ya masih inget ama "Pesona Natalia", gw cuma inget "Na" nya doang :D

Bill Mc Master ama Tom nggak dimasukin ke tokoh utama ya? hehe, iya kelewat, tapi di sinopsisnya masuk kok. Angelo juga.

Eh, baru tahu kalo Issaura ama Little Missy itu beda. hehehe... nggak ngikutin sih :P

 
At 5.1.06, Anonymous silverlines said...

Waaah, gue inget banget kayaknya tiap jadwalnya acara ini berdua nyokap sudah duduk manis di depan tv. (I didn't know why she let me watch this movie at that age hahaha). Dengan TV hitam putih ku yang kalo gambarnya hilang harus dipukul dulu. My Dad even made a stick covered by big rubber ban just to function as pemukul tivi itu hahahaa. Return to Eden rocked !!!

 
At 5.1.06, Blogger guario said...

No komen, secara ini udah lebih dari yang mampu gue inget, hehe... Ya Kembali ke Surga ini emang luar biasa pengaruhnya zaman dulu.

Dan gue inget Pesona Natalia itu yang maen Marissa Haque yang jadi Natalia alias contekannya Stephanie Harper. Lawannya Meriam Bellina bukan sih, Rud? Lupa nih gue.

 
At 5.1.06, Blogger iway said...

kayaknya sebentar lagi ada yang mbahas "Dynasti" nih, the bold n the beautiful tuh di tvri ato dah di rcti yaa ??

 
At 5.1.06, Blogger Fortuna said...

kebetulan ortu memang aliran conservative berat... Mana boleh gue dulu nonton yang kayak beginian. Terpaksa ngintip2. Heeee... pas bisa ngintip, adegan nya lagi dimakan buaya... Males lah haaiii...

Btw, dulu juga ada tuh Bold and Beautiful... dan gue juga.. lagi2 harus masuk kamar. Nggak asik!

 
At 6.1.06, Anonymous Anonymous said...

the bold & the beautiful, TVRI kek nya _ starchie _

 
At 6.1.06, Blogger Nauval! said...

RIO: "Pesona Natalia" dulu kayanya bukan Meriam Bellina deh lawan maennya, kalo ngga salah Lia Waroka (walopun ga yakin juga sih, seperti biasa kalo urusan verifikasi, menunggu petunjuk bapak Riadi :D).

Dan kesukaan keluarga gue sama "Return to Eden" membuat nyokap gue rela untuk begadang ... ngerekamin serial ini lewat video Beta, supaya gue bisa nonton besoknya sepulang sekolah! Hohoho!

 
At 6.1.06, Blogger agus set said...

Wah, ini dulu film yang paling ditunggu-tunggu untuk ditonton setelah Dunia Dalam Berita selesai, sambil berdoa: "mudah-mudahan tidak ada acara Dari Desa ke Desa" :))

 
At 7.1.06, Anonymous riadi said...

Ummmm... Escrava Isaura dan Little Missy sama kok. Cuma judulnya yg satu versi inggris. Lionel memang tokoh antagonis, meski sebenarnya dia bapak ISaura yg menghamili buidaknya. Tokoh yg bikin terkesan adalah Tobias (pacar Isaura yang mati dibakar di dalam gudang/kandang kuda .. pilih sendiri deh) lalu bibi emban yang super tambun bernama VIRGINIA atau akrab dipanggil BA... Dulu dubbingnya bukan bikinan indonesia.. lebih keliatan Melayu Bangget !!!!

 
At 7.1.06, Anonymous riadi said...

RIO--> Nauval benar, bukan meriem bellina kok
NAUVAL --> meski bukan meriem bellina, tp sungguh saya ga inget apakah lia warokka main di sana
Q--> ingatan mendalem ttg hal eteh-emeh kadang bisa jadi 'kutukan'. kebetulan kalau stimulans tepat, apa yg sengaja di'kubur' muncul lagi dengan merepet cepet..

so Guys.. plis saye tdk SeNAJONG yg ada di bayangan otak2 kalian.. hehehe

ps. Q, tentang tiga orang dr RTE Itu, harusnya kan masuk peran penting sebab ketiganya ada di credit title pas film mo main. Si angelo yg lagi lari2 di pantai lalu berhenti dan nyengir nakal liat dua cewe berbikini, si tom yg lagi di lantai bursa ngeliatin display sambil tersenyunm elegan..dan eh yg aki2 mah di kantor doang kayaknya!

 
At 7.1.06, Blogger Sunny said said...

Kayaknya gue lebih inget sama Santa Barbara deh dibanding Return to Eden. Di Santa Barbara kan rambut panjangnya siapa itu leading actress yang mirip2 Robin Wright bininya Sean Penn yang panjang pirang dan amat sangat lurus yang bikin ngiler cewek2 Indonesia itu. Hehehe.

 
At 7.1.06, Anonymous Budi said...

Kalau ngga salah kartunis DwiKoen/Panji Koming pernah menyinggung kepopuleran serial ini dengan memunculkan tokoh Ni Dyah Gilingan. Ada yang ingat konteksnya?

 
At 8.1.06, Anonymous Anonymous said...

inget artikel di tabloid MONITOR dulu yang menyatakan bahwa emaknya Dennis Harper ngebrojolin dia pada usia 4 (EMPAT) tahun. Yup secara usia rebek-ka Gilling cuma lebih tua 4 taon ....
Gosh.. knapa gue masih inget yaaa.. sedangkan MOnitor sendiri sdh jadi fosil.. :(

 
At 9.1.06, Blogger anak_desa said...

untuk informasi ni ,yang main pesona natalia si marisa haque,dia perannya persis tuh ama si cerita di return to eden,cuman di film itu dia kisahnya kejegur jurang trus selamat -operasi plastik, and balik nyamar jadi model

 
At 10.1.06, Anonymous dee said...

yg maen di santa barbara memang robin wright, walu belum ditambahin Penn :)

 
At 13.1.06, Anonymous Anonymous said...

Ada juga sinetron legendaris jaman itu: Jendela Rumah Kita yang ngelambungin nama Dessy Ratnasari en Dede Yusuf! Kayaknya sebelum Sengsara Membawa Nikmat ato Siti Nurbaya yah?

 
At 18.1.06, Blogger nana said...

Inget banget scene Stephanie pegang pistol di atas tangga dg tololnya, padahal gw dah teriak2 di depan tipi biar dia taro aja di lantai. Dasar Stephanie bego! :P
Btw gw punya trauma ma air. Dan gara2 ngeliat Stephanie diserang buaya gw makin ciut kalo disuruh les berenang hehehe..

 
At 20.1.06, Anonymous Anonymous said...

Aih...ini canggih bgt! Bisa lengkap gini sampe ke sinopis episode-nya? Dapet dimana juga pics-nya? Kerennn....

 
At 20.1.06, Anonymous bowwie said...

Twin Peaks juga dong... :D:D

 
At 21.1.06, Anonymous Anonymous said...

ADUH TWIN PEAKS

sukaaaa... tapi kayaknya dah deket dekade 90an

 
At 22.1.06, Anonymous 80'sLava said...

Man..tau ga si jilly ini adalah cewe pertama yg bikin gw ereksi.gw masih SD..truz dia pula yang berdosa,yang bikin gw jadi Oediphus Complex

 
At 24.1.06, Anonymous Yenny said...

Tau ga saking ngefans nya ama film Return to Eden aku sampai tulis surat ke Producernya dan dapet photo & tanda tangan semua pemain utama dari fillm seri ini. >> Yenny 24/1/06

 
At 26.1.06, Blogger b3a said...

top banget deh blognya..cerita2 80's nya emang lengkapppp banget dari RTE sampe oshin..lengkapp...kapp...kapp..sampe bikin inget lagi sambil ketawa2 geli...

 
At 29.1.06, Blogger Irwin Day said...

Return to Eden? gw ingat satu kata:"Indeed"

 
At 3.2.06, Anonymous vanill4 said...

bikin dynasty dong...joan collins emang kagak ada matinya,alexis colby masih jadi panutan gue sampe sekarang...

 
At 1.3.06, Blogger la-fitra said...

Waaakkkksss, pelem ini sontak membuat gw sediih banget, gw langsung inget Alm. Tante gw yang dengan setia gue temenin ntn pelem ini, udah gitu gw inget banget dia ke salon bela2in potong rambut kaya si Jilly....ahhh this movie remind me of her.....

 
At 27.4.06, Blogger Ronn said...

Eh... film ini kan dijiplak ama salah satu sinetron Indonesia...lupa judulnya. klo ga salah tayang di RCT tahun 90 awal deh....

 
At 23.5.06, Blogger Pinot, Dita, Arwen & Leia said...

Kalo mo nonton video opening-nya, nih film seri terfavorit tahun 80-an, termasuk Return to Eden.

http://pinot-videoroom.blogspot.com/2006/05/remington-steele-return-to-eden-dreams.html

Selamat bernostalgiya :D

 
At 30.5.06, Anonymous Ewi said...

Aku sebel tp senang dipanggil Jilly oleh teman2 sekelas gara 2 rambut ku yg persis modelnya. Owya model rambut 80 an di trap disamping lalu di sisir kearah belakang trus diguyur hairsprai biar gak brobah. krn rambut ku dulu spt itu ya tetap awut-awutan jg heh heh. Sebelnya karna si jilly tuh doyan cowo sedang aku gak punya cowo, tp waktu itu aku lagi naksir berat kakak kelas yg mirip steven yg homo itu (dinasty?)

 
At 27.7.06, Blogger meyrinda said...

pilem charlie angels sama yg pemaennya eric estrada (chips bukan?) mannaaa?

 
At 2.11.06, Anonymous anjar said...

gw paling suka klo Jilly ketemu Jake trus `asyik2an` hehehehe.... hot banget utk ukuran waktu itu

 
At 20.11.06, Anonymous Anonymous said...

Q.. begitu baca ulasan RTEmu.. g jadi inget mbah putri-ku yg sudah tiada...
beliau cinta banget sama jake sanders.. jadi pas kalo dia muncul di tv, qta ga boleh ngomong... cuma krn beliau djawa buanget, manggilnya bukan jake sanders, tapi.... JOKO SANDORO.... oh. grandma.. i miss u !!!!

mina

 
At 25.1.07, Anonymous Anonymous said...

Uhm ... kalo Dallas keitung 80s ga ya ... bahas donk bahas.. JR Ewings? :D

 
At 25.4.07, Blogger Yudi Hariyanto said...

wah ini serial jadul banget. saya masih kelas 6 sd an waktu film ini meledak. saya pikir ada hubungannya ama komunitas eden yg pada ditangkepin. he...he...he...

 
At 8.1.08, Anonymous rin-rin said...

film seri ini pernah diputer ulang RCTI lo hari Rabu jam 10.00, kyknya tahun 95an. gw nonton RTE ini waktu SMP sih

 
At 18.6.08, Anonymous Tiara Elscott said...

waduh jadi inget masa2 muda, terimah kasih yaa udah mengupas habis cerita ini kembali..( mangga kali---yaa dikupas)

 
At 31.10.09, Anonymous Anonymous said...

Salam Kenal...

Indonesia Page - All About Indonesia
The Adsense Site - Guide to Online Adsense Earning

 
At 8.11.11, Anonymous ekopd said...

ini waktu smp, bela-belain nungguin nonton. Abis itu besok paginya rame deh di kelas pada ceritain . Pokoknya asik deh waktu itu

 
At 15.1.13, Blogger CAH SARWADADI said...

jangan lupa tuh bos taon 80an ada pelem coboy trus di hari minggu trus pelm yang main presiden amerika ronald dan lain2 lo tlong di kupas trims

 
At 15.9.13, Anonymous Anonymous said...

Wow..mantap Gan. Jd inget jaman sd dulu, sbg 'pemirsa prematur' soap opera ini, wkwkwkw...Habis gimana lg gak ada saluran and hiburan lain + bokap nyokap fans setia film ini. Geli kalau inget suka nyempil nonton di tengah2 bokap nyokap (favorit ortu yg lain itu tuh soap opera Dynasty, nah..boleh tu Bro dibahas juga. Seru :))Trus, cerewet nanya2 ke bokap nyokap sambil nonton termasuk kalau pas adegannya berbau 'adult' sampai bokap nyokap bingung mau jwb apa. :D Then they could do nothing other than sending me to my bedroom to put me to sleep, hahahaha.....Ah, secuil childhood memory yg manis bersama org tua yg kini sudah tenang di 'sana'. :) Thanks a lot for sharing this sweet piece of the past, Bro. :)

 
At 11.9.14, Anonymous Anonymous said...

ala ala Debby Sahertian! wkwkwk.. aiihhh booookkk!! yolooohhh yey giling emberan! akikah syukak ini pelem!

 
At 9.5.15, OpenID cdpusat said...

Bagi yang sedang mencari dan ingin membeli film jadul, bisa cek di:
http://www.cdpusat.wordpress.com
FB: cdpusat@yahoo.com
PIN BB: 536CB559
SMS: 089668276259

 

Post a Comment

<< Home