Tuesday, December 27, 2005

Di Dadaku Ada.... VINA!

Tak ada yang tak kenal sama cewe yang satu ini. Penyanyi mungil itu muncul dengan karakter beda dari teman-teman seprofesinya waktu itu yang cenderung seNada dan seIrama (udah kayak judul acara musik di TVRI jaman baheula saja). Dia memang produk aseli 80-an yang kecemerlangannya tidak hanya pada dekade itu namun memanjang sampai sekarang. Dengan kelebihannya tak salah bisa terus eksis melewati masa kepemimpinan 4 presiden, dan memberi inspirasi dan tauladan pada penyanyi-penyanyi cewek tenar berikutnya.

Vina, nama panggilan yang manis dan mudah diingat. Namun lengkapnya VINA DEWI SASTAVIYANA PANDUWINATA, lahir dikota hujan Bogor tanggal 6 Agustus 1959. Ayah berasal dari suku Sunda, sedangkan ibu dari Kawanua-Ambon


Begitu intro James F. Sundah yang membidani (ciee... orok kaleee!) kelahiran album perdana mojang geulis ini......................

Sejak kecil Vina telah menampakkan bakatnya. Dia pernah menjuarai 'Festival Pop Remaja' antar sekolah dan lomba nyanyi Sunda dikota kelahirannya, juga sebagai finalis Festival Pop Remaja se-Jabar. Bakat seni anak ke-8 dari 10 bersaudara ini diwarisi dari ibunya.

Vina mulai bikin album awal dekade 80-an, tak lama setelah dia kembali ke Indonesia. Sampai akhir 1979 dia masih warawiri ngikut orang tuanya yang pindah-pindah di Luar Negeri. Negara seperti India, Belanda dan Jerman Barat pernah jadi tempat tinggalnya. Di negri terakhir itulah, dia sempet ditarik perusahaan rekaman Hamburg dan bikin single berbahasa Inggris berjudul 'JAVA'. Duhh, penasaran pengen denger suaranya waktu masih umur belasan. Baik yang menyanyikan lagu Inggris... apalagi yang lagu SUNDA!!!

Citra Biru

Album perdananya di Indonesia diberi judul 'CITRA BIRU', ciptaan James F. Sundah.

Pada cover album itu Vina tampil anggun (untuk masa itu). Kalau sekarang mungkin agak bikin geli. Hihihi, Pose dan ekspresinya ga keliatan enjoy. Campuran jutek, judes, kikuk dan ga tahu mau ngapain. Foto yang di dalem pun sama ngambangnya. Maunya keliatan ceria, eh keliatan kagook juga. Maaf ya teteh Vin...

Tapi mungkin selaras juga kali dengan cara membawakan pokal, eh vokalnya. Masih kedengeran polos meski membuai. Lagu-lagunya campuran antara sendu-lembut, riang-merayu dan juga folksie yang memadukan Vina dengan suara latar macem Pahama atawa Chaseiro..... harmonis dan kompak, meski suara Vina rada-rada kurang power dikit (kata telinga saya).

Jangan salah. Dengan album perdananya ini, Vina menapakkan diri dan langsung menyabet predikat 'Penyanyi Wanita Terbaik' versi Majalah Gadis. Gelar yang tidak hanya sekali disabetnya. Berarti popularitas dan kualitasnya memang selayaknya tidak diragukan lagi.

Citra Pesona

Album kedua Vina dibikin tahun 1982-1983. Waktu itu harga kasetnya dibanderol 1250 perak. Pake pita BASF. Jadi meski lakunya bisa sampe jutaan kopi, sampai kiamatpun ga bakalan Vina dapet HDX AWARD. Judulnya CITRA PESONA. Lagunya yang nge-hit, apalagi kalau bukan September Ceria.

Dan Vina sudah ga lugu lagi. Gambar di covernya memperlihatkan dia lagi berendem. Kalau yang berpikiran tak senonoh, pasti menduga dia ga pake apa-apa karena memang cuma bahu telanjangnya yang keliatan, sementara bagian bawahnya ketutup air. Dan rambut ikal berponi yang pada album pertama keliatan besar mengembang bray kayak kap lampu, sekarang keliatan kriwil-berbasah-basah. Seksi buanget. Kayaknya baru sekali itu cover kaset lokal memajang foto penyanyinya yang lumayan seronok.

Tapi kata orang, don't judge the record by its cover. Meski keliatan agak-agak melanggar batas susila, bukan berarti isinya kapiran. Ada seuntai kapur sirih yang patut disimak dan memang membuktikan Vina ga cuma pamer fisik, tapi ada kualiteit yang dijual juga di sana. Begini ceritanya... (ehh kok malah jadi kayak Kismis!)

Dia memiliki vokal berciri mandiri di antara sebegitu banyak penyanyi bani Hawa (cailahh Bani Hawa....... Sangat awal 80-an!!!) di negeri ini.
Dalam album ini terangkai sepuluh lagu apik ciptaan komponis-komponis muda yang sudah mahsyur. Ditopang pula peranan dua arranger muda, Addie MS dan Dodo Drakhma (aka Zakaria), musik terasa erat merangkul vokal khas Vina. Saling mengisi yang cermat antara tatanan musik dengan vokal ternyata membuahkan perpaduan yang utuh. Suaranya yang khas kian gempal dan kokoh dalam kemandiriannya.
"Vina merasa lebih mantap dalam album rekaman ini" begitu diakuinya


Pengakuan yang bisa dikatakan standar. Setiap artis yang melemparkan album berikut, pastilah berkomentar demikian kalau ga mau dibilang statis, ga berkembang, ga ngasih yang baru. Hehehe. Tapi dia bener kok. Menurutku pada album inilah Vina mulai memantapkan diri dengan ciri khas yang kemudian menjadi andelannya lahir-batin. Klop pula ditunjang oleh seorang Addie MS yang pegang kendali musik. Hasilnya lebih banyak bunyi-bunyian orkestrasi. Vina dan orkes-trasi, jadi trade-mark untuk album-album selanjutnya.... Makanya dia lantas kepake juga buat membawakan satu lagu dalam Festival Lagu Populer 1983 yang note bene selalu menggunakan aransemen orkes-trasi pada setiap pagelarannya.

Ratu Festival

Dalam ajang musik bergengsi yang mencari wakil Indonesia buat di kirim ke World Song Festival di Jepang itu, Vina membawakan lagu Salamku Untuknya, ciptaan Adjie Soetama/Irianti ErningPraja. Dia menyabet gelar Penyanyi Berpenampilan Terbaik. Dan dipuji para dedengkot musik pop Indonesia. Namun sayang, Juri Asli yang dari Jepun lebih memilih lagu Randu ciptaan Elfa Secioria yang dibawakan 'Mutiara dari Selatan' – Andi Meriem Mattalatta. Jadilah beliau gagal tampil di Budokan Hall!!

Kegagalan itu ditebus tahun berikutnya, dengan lagu Aku Melangkah Lagi ciptaan Susanto Gondowidjojo. (Btw, bapak ini bener-bener Dodolibret, alias sekali muncul langsung ilang sehingga penampakannya sukar lagi dilacak. Ga ketauan karya lainnya!!). Meski ga dapat award, tapi penampilannya yang tampak di televisi menimbulkan kekaguman juga. Cara membawakannya itu lho. Dia benar-benar menguasai lagu dan panggung sekaligus! Tidak salah Majalah Gadis kembali menobatkan dia sebagai 'Penyanyi Pop Wanita Terbaik' tahun 1984 mengalahkan si Mer, Neno Warisman, Iis Sugianto dan Hetty Koes Endang. Sedangkan untuk kategori penyanyi Jazz/Jazzy Vina hanya urutan ketiga, di bawah Ermy Kullit dan Nunung Wardiman, namun masih lebih popular daripada Mergie Seeger dan Rien Djamain ( Yo oloh... itu mah angkatan tahun kapaaaaan... Memang Binu dan Emil S. Praja dari Black Fantasy blom bgetu dikenal ya???)


Waktu bawain Burung Camar itu,
salut buat penata kostumnya ...


Tahun 1985 Vina kembali merajai, eh meratui festival. Ga tanggung-tanggung dua lagu yang dia bawakan dua-duanya unggul dan secara meyakinkan dikirim buat festival di luar negeri. Lagu 'Burung Camar' ciptaan Aryono Huboyo Jati/Iwan Abdulrahman terbang ke Budokan dan menggaet Kawakami Award. Satunya lagi 'Satu Dalam Nada Cinta' ciptaan Bartje Van Houten (Om, namanya kayak coklat!) menjadi peserta dalam festival yang diadakan ABU alias kumpulan-kumpulan broadcasting se-Asia-Pasifik.

Citra Ceria

Album ketiga Vina (1984), CITRA CERIA, juga dapet penghargaan (sebagai album terbaik kedua setelah Reinkarnasi dari Jakarta Rhythm Section) dari sebuah media cetak nasional. Album itu tidak hanya lebih ceria namun juga jauh lebih seksoy coy. Ga kuat....! Sudah lagu andelannya Di Dadaku Ada Kamu (Dodo Zakaria) penuh lirik menggoda dan suara mendesah manja yang cuma Vina punya...., foto depannya pun bergambar doi pake busana senam warna fuschia campur biru muda berbintang-bintang nan ketat dengan posisi (maaf) nonggeng. Sudah gitu Vina pake memonyongkan bibir pula biar sensual (meski ga se-ekstrem monyong KIPLI dalam Kiamat Sudah Dekat.....). Duhhhhh. Tobat tobattt....!

Sebelum diprotes FPI (eh, dulu kayaknya belum ada..), untunglah di dalam album ini Vina mengekspresikan 'penyesalannya' dengan membawakan sebuah lagu ciptaan Adjie Soetama/Chandra Darusman yang berjudul 'Mohon Ampun'

Yang Maha Kuasaaaaa... bimbinglah hamba
Kau Maha Pencipta ..... maafkan beta
Berikan se'gra jalan yang lurus sejahtera damai sentosa dalam jiwa raga
Kupasrahkan diri pada Illahi dan kutrima karma
Semua dosaku
Sujud padaMu
Mohon ampunan bagi diri
Kumohon kini hanya ampunanNya
'tuk hambaaa......


Lagu Didadaku.... juga membuat Vina Mewakili Indonesia dalam ASEAN POP SONG FESTIVAL 1985. So tahun 1985 menjadi tahun yang sibuk dan full prestasi buat teteh Vin. Tiga kali dia mewakili Indonesia dalam festival bertaraf internasional. Dan banyak penghargaan disabetnya.

Kelebihan Vina memang pada penampilan keseluruhan (vocal dan aksi panggung) yang berkesan genit. Bukan genit yang dibuat-buat. Suaranya sebenarnya tidak bagus benar, kata seorang pengamat musik 80-an, bahkan ambitiusnya tak lebih dari 2 oktaf. Dimana daya tariknya? Pada kesan genitnya tadi. Vina gampang menafsirkan sebuah lagu dengan lirik becanda dan melodi yang riang. Dia juga jempolan menafsirkan lagu yang digarap dalam tema-tema musik tertentu seperti Dixie.

Dan prestasi nyata tersebut merupakan tantangan bagi Vina untuk berolah vokal lebih baik. Segala kemampuannya kemudian dicurahkan dalam album berikutnya dengan harapan akan lebih memuaskan fans-nya.

Cinta

Sayangnya album keempat yang bertitel Cinta ternyata merupakan kerja sama terakhirnya dengan Jackson Record. Album ini melejitkan apalagi kalau bukan Cinta dan Kumpul Bocah.

Terbit tahun 1985/1986, untuk pertama kalinya Vina menyumbangkan dua lagu ciptaannya pada album ini. Salah satunya berjudul 'Dua Anak Manusia', dan laris manis sebagai lagu cinta ABG pada masa itu. Para pelaku cinta monyet pasti mengandalkan lagu ini sebagai sarana ekspresi diri akibat pengaruh testoteron dan estrogen yang mulai menyeruak. Hehehe...

Lagu cinta yang lebih matang hadir lewat 'Aku Cinta Padamu', yang cuma diiringi piano dan strings. Bikin miris merinding dan pingin 'belah dada ini (sebab), pasti ada kamu', seperti yang tertuang pada lirik lagu yang amat pendek ini. Soal belah-membelah dada, bagi yang curiga lagu ini ciptaan Dodo Zakaria, Anda benar!!!

Cium Pipiku


Setelah album Cinta itu, dua tahunan Vina ga bikin album. Mungkin gara-gara pindah label rekaman. Kabarnya uang transfernya gede juga. Hihihi. Kayak pemain bola saja. Tapi wajarlah. Namanya juga lagi di puncak karir. Dengan berbagai prestasi segudang dan popularitas yang tidak diragukan itu, orang pun tidak ragu untuk menganggap bahwa........

VINA ADALAH TONGGAK

(begitu judul prakata Yudhie NH dalam album CIUM PIPIKU. Btw, who's Yudhie???)

Keperkasaan apa yang dimiliki, kekuatan apa yang dipunyai, sehingga lewat alunan suaranya, Vina Panduwinata sanggup mengubah lagu menjadi pesona
Bisa jadi sentuhan sensual, atau dia sanggup menggerayangi kuping pendengarnya dengan mesra. Memang Vina Panduwinata tidak sekedar menyanyi, tetapi sekaligus memainkan rasa setiap pendengarnya
Lebih dari itu Vina sanggup membawa pendengarnya ke alam mimpi


(Yummy juga komentarnya. Sedikit hiperbolis, meski ada benarnya ...)



Tapi kalau boleh berpendapat, setelah ga di Jackson.. rasanya ada sedikit beda sentuhan. meski doi tetep sama Addie MS yang megang musiknya. Mungkin waktu itu telingaku mengalami perubahan abnormal yang membuat diri tidak bisa menerima kepindahan dia dari Jackson (apa coba?? Hehehe). Yang jelas album Cium Pipiku dari Harpa Record ini menjadi album Vina terakhir yang menjadi koleksiku. Selanjutnya, aku ga rajin lagi koleksi kaset apapun.

***


Masih ada lagi cerita-cerita tentang Vina. Album kelimanya memang tidak semenggelegar album-album sebelumnya. Tapi bukan berarti neng geulis ini sepi proyek. Dia terlibat bikin album keroyokan bareng Trie Utami, Malida dan Atiek CB dalam Rumpies. Dan lumayan beken juga dengan lagu riang gembira berjudul Nurlela. Video klip di TVRI aku ingat, berlokasi di sebuah dermaga dengan beberapa kapal pesiar yang bersandar.

Selain itu dia juga masih tampil di festival lagu popular lagi, meski seringnya berduet. Lagu Bahasa Cinta misalnya, dinyanyikan bersama Broery Marantika, eh Pesolima eh, Abdullah (begitu kawin sama Anita Sarawak), eh balik lagi Marantika (begitu cerai dari Anita Serawak). Lalu bareng Harvey Malaiholo menembangkan Begitulah Cinta. Naga-naganya si Neng mulai meredup. Soalnya untuk festival pun, gantian Bung Harvey yang selalu memborong penampilan terbaik. Sangking seringnya juara, Titiek Puspa pun sampe 'bosen' dan pernah salah menyerahkan tropi yang mestinya buat Harvey, tapi malah dikasihkan ke duet Utha Likumahuwa dan Trie Utami. Skandal! Juri lain sampe harus turun tangan, dan Mbak Titiek pun berdalih dia kesirep penampilan duo itu dan memang dia lebih vote ke mereka. Hihihi, emang ini festival mbahmu Mbak Tiek?

Tapi neng Vina memang ga ada matinya. Jelang pergantian dekade ketika orang mulai tidak menganggapnya di puncak dunia, dan tersiar berita dia mau nikah dengan pereli Boy Haryanto, justru dia menggebrak lagi dengan album baru yang berkolaborasi dengan Fariz RM. Tahu sendiri kan hukum yang berlaku buat artis cewe, begitu nikah biasanya karir gemilangnya langsung redup. Tidak buat Vina. Album-album barunya pun masih tetap terus hadir. Dan masih meninggalkan kesan yang kuat buat dunia musik Indonesia. Tapi itu lain cerita, karena sudah tidak sesuai dengan konteks BLOG ini yang mengagungkan era 80-an. Jadi mohon maaf sampai disini saja dulu .

TABIK!!



Album Solo Vina 80-an

1. Citra Biru (1980/1981)
  • Mawar Merah (jangan ketuker sama lagunya Ummi Hajjah Elvie ya...Sekuntum mawar meraaaahhh, yang kauberikan kepadaku, di malam itu... ku tak tahu apa maksudmu...)

  • Citra Biru (lagu yang kalem dan berkesan inosen)

  • Aku Cinta Kau (lagu jatuh cinta yang riang namun romantis ...inikah isyaratmu, inikah mula, membelitnya sutra indah di antara kita, ataukah hanya bunga khayalku..... Oh so sweeet!)

  • Bahagia

  • Rindu

  • Khusuk

  • Denny (mirip lagu 'Daniel' Elton John yang dinyanyiin lagi sama Wilson Phillips pada pergantian dekade 80-90)

  • Jejaka Sendu (Gubraakkkk...! Judulnya ga kuku. Sangat mewakili sosok bernama Rio. hehehe )

  • Murka (ihhh, syeremmmm...!)

  • Salam Kami Dalam Lagu (aransemen vokal yang asik...!)


2. Citra Pesona (1982/1983)
  • Dunia Yang Kudamba (gue bangettt!)

  • September Ceria ( yang ga tahu, sakit jiwa loo.. :D)

  • Rembulan

  • Maaf (#1 broken-heart song! Salut buat Titiek Hamzah)

  • Resah

  • Bisikku

  • Kasmaran

  • Bunga Cinta

  • Masih Adakah Ceria

  • Nelayan Tua (pernah nyanyiin di kelas, dan ketinggian ambil nada. Akhirnya jadi kisah yang memilukan sekaligus memalukan, ... kolaps dan fales pada penghujung refrain)


3. Citra Ceria (1984)
  • Di Dadaku Ada Kamu (lagu kojo ....)

  • Dia (di-remake sama yang mengidolainya, yaitu Sheila Madjid, lalu di-remake lagi sama yang mengidolai Sheila, yaitu Reza. Tetep yang untung Randi Anwar. Royalti-nya ga putus!)

  • Duniaku Tersenyum (on the contrary... ini lagu patahhatiku!)

  • Apakabar

  • Selamat Tinggal Kenangan (ciptaan Ricky Basuki, pentolan Niagara... Kemana kabar dia?)

  • Mohon Ampun

  • Segenggam Harapan

  • Diantara Kita

  • Rintangan (nama penulis liriknya P4 bangget Pancasilawan)

  • Bernyanyilah


4. Cinta (1985/1986)
  • Kumpul Bocah

  • Cinta

  • Kawan (ciptaan Ria Radius Prawiro, yang tak lain sepupunya dan pernah dikabarkan 'deket' sama Harvey Malaiholo. Salah satu gosip selebriti yang lumayan 'muncul' di medio 80-an)

  • Kau Dambaku

  • Dua Anak Manusia (lama-lama jadi lagu jijay 80-an..hehehe)

  • Agar kau Mengerti (Lagu patah hati berikutnya... Kejadian di bis, sepulang belajar-piknik dari Jogja.)

  • Suasana Saat Itu Indah (yang aku tahu, suasana saat itu indah...)

  • Aku Cinta Kepadamu (aku juga, Vin...)

  • Malam Kedua (ciptaan Bagoes A.A. Duhh, bapak ini kemana ya. Awalnya adalah K3S alias Kelompok 3 Suara bersama Dian PP dan Deddy Dhukun. Setelah menjadi 2D, piye kabare mas bagoes ...???)

  • Kasih


5. Cium Pipi (1988)
  • Surat Cinta (hari ini kugembira.... Pak pos melayang di udara....! Itu kata Lupus)

  • Cium Pipiku

  • Biru (lagunya 2D)

  • Jangan ragu

  • Si Bogel (judul ini tidak mencirikan bahwa lagu ini adalah lagu cinta...)

  • Logika (pantesnya jadi lagu cinta anak jurusan A1 dan A2)

  • Jati Diri (Waktu itu masih bingung apa tuh Jati Diri?Apakah kau punya?)

  • Sepercik Damai

  • Cinta Ada DiSini

  • Selamat Malam




Oleh Rudi, Anggota Kehormatan FBV (Fans Berat Vina... saingannya FBR :D)

82 Comments:

At 28.12.05, Anonymous Anonymous said...

Bagus nih mas Riadi,...bisa2 ikut dicasting buat lanjutan 'Vina Bilang Cinta' gantiin Delon...

Salut deh Mas...

itu cover Citra Ceria kayanya dijiplak Madonna buat covernya 'hung up', abis nungging2 gitu seh...ha ha

& My Goodness: Emil S Praja!!! terakhir ngeliat doi nyanyi di Plaza Indo tiap weekend akhir 90an(bareng rio richard silaen...)

BLACK FANTASY???? ini baru fave gw, lead vocalnya Kemala Ayu - album pertamanya nge-hits lagu 'Kencana' 'Nurani' sama 'Buat Kamu', wow luli widarmadi,...aaaah tidaaaak,waas pisan urang mah....jaman2nya 'Shanti Faraquela - Eramono'

Meuni aya Rien Djamain/Nunung Wardiman seaala,...sekarang mah - syaharani kali ye

dari album 'Citra Pesona' - lagu Nelayan sama Maaf- enak banget - Maafkan daku karena dendamku,..sehhh...

dari Cium Pipiku - Sepercik Damai lagu ke 2 side B oke juga' terus lagu terakhir 'selamat malam' enak juga walopun ngga sebeken versinya Evie Tamala (lho!!!)

siip deh Mas Riadi,
Ayo bahas pula Andy Mariem Donk!!! (70aaaan kaleee???); lagunya doi enak2 juga lho semacam: Rela, Pasrah, Bahtera asmara, Lembah Biru, terus ada yg ciptaan Dadang S Manaf duet bareng Bob Tutupoli,...

 
At 28.12.05, Anonymous dQ said...

wakakak... keren banget, ampe sekarang gw masih termehek2 ma suaranya tanteu Vina ini, lagu jadulnya genit2 banget, gw pikir penampakan vina tuh tinggi, langsing, muka bulet, rambut bob jatoh kebawah & gayanya pecicilan gituuu... eehhh setelah nonton TVRI baru tau kalo penampakannya jauuuh spt fantasy gw, hihi...
lagu2 yg dulu keren, yang baru (stelah gw SMA) "aku makin cinta" itu deuuuw... seddep banget, trus setelah itu ada yg vidio klipnya rada bersalju gitu & modelnya Krisna Mukti, gw lupa judulnya, tp lagunya menyentuuuuhhh banget...ada yg tau judulnya?

reviewnya thanx banget ya kang Riadi... ck ck ck... saluuuttt...

 
At 28.12.05, Blogger siberia said...

wooow...*takjub* lengkap beneeer..

setiap masuk bulan september, sampai sekarang aku selalu ingat lagu September Ceria..:D pas banget soalnya :P

aku paling suka gaya panggung Vina pas nyanyi lagu Burung Camar.., plus lagunya emang bagus..

 
At 28.12.05, Anonymous Q said...

Sambil ngedit2 posting ini tadi, baru nyadar kalo judul albumnya teh Vina ini berawalan "Ci-" semua... sunda banget ya :D
Kok nggak ada album Cimol ato Cilok ya?
Eh, kalo album 90-an nya judul apa aja ya? masih pake "Ci" juga?

Album "Cium Pipiku" emang beda banget ama album sebelumnya. Musik ama liriknya lebih ringan dan riang gembira, jadinya ciri khas sebelumnya agak hilang.

Nggak tahu, aku dulu suka Vina emang beneran suka ato ikut2an kakakku. Yg jelas sih emang dia beda banget dari penyanyi lain, apalagi dibandingin yang didikan JK :D (gak kebayang kalo Vina masuk JK :D)

 
At 28.12.05, Anonymous Anonymous said...

kayak gini nih posting yang bener2 80-an
pasti yang nulis Riadi deh hehehe
soul 80-an kental bangettttt

bowo

 
At 28.12.05, Blogger nana said...

Aku err..kakakku lengkap koleksi Vina-nya, baik Vina kriwil menggelora, Vina lepek, Vina nungging ala Jane Fonda sampe ke Vina yg pake sweater item puti ato gambar piano whatever ituh hihihi.. Jadi sepertinya kadar nge-fansku ke Vina patut dipertanyakan sih karena inflitrasi pihak luar yang begitu kuat ityu.

Mber.. yang gak tau September Ceria sakit jiwa dah! :P

 
At 28.12.05, Blogger guario said...

Haha... lo emang najong tralala yaaaaa... Tapi buat gue Vina emang udah paling top se-Indonesia deh! Nggak ada penyanyi yang kekhasannya bisa ngalahin teteh ini.

Lagu2nya udah deh, gak ada matinya. Khusus buat lagu Aku Cinta Padamu, dari dulu gue suka banget sama ini lagu, tapi waktu dengar dia nyanyi live di I Like Monday Hard Rock waktu masih di Sarinah beberapa tahun lalu, efeknya bener2 dahsyat dan gue yang seumur2 nggak pernah berkaca2 nonton konser pop *ngapain coba?:D*, tapi malem itu suara dan penghayatan teteh ini bikin dada gue ikut berasa dibelah dan berdarah.

"kau belahlah dada ini, pasti ada kamu."

Liriknya emang kejagung-jagungan *corny*, tapi sumpah mati, lo mesti denger dulu dia nyanyi 'hidup' baru lo sadar, orang yang lagi jatuh cinta emang sangat gemar makan jagung, hehehe...

Vina, muah.

 
At 29.12.05, Anonymous icha said...

mba Vina skrng makin genit aja deh, suka merhatiin ngga, suka pake baju seky berdada rendah... makin tua makin jadi deh.. hehehe

 
At 29.12.05, Blogger unai said...

Hahah foto Vina jadul, keknya akuw baru lihat ini deh. Secara dulu masih imyut jadi kenalnya cuma ma Meysi penyanyi cilik hehe, lagunya never ending asia deh ups salah maksudku gak ada matinya deh...sampe sekarang sukaaa banget...tapi asli baru tau lho foto jadulnya Via..rambutnya ituw bo!! emang nemu di mana siy foto jadul kek gini :P, salam kenal ya mas...salutttt

 
At 30.12.05, Blogger dian mercury said...

mas pun ya cd vina yg lagu lama, gak ?

 
At 30.12.05, Blogger dian mercury said...

pls kalo punya copy-in aku donk....pls ? aku suka lagunya yg selamat tinggal kenangan

 
At 31.12.05, Anonymous Anonymous said...

Buat SIBERIA

DUNIAKU TERSENYUM (Bagoes AA)

Lingkaran ayu rembulan nampak tersenyum
disaat tiup bayu makin dalam
sengaja kutelah hadir di malam ini
membawa nun janji dan basa basi
Kau sambut dalam dekapan, penuh kehangatan
Sirnalah impi kini, secerah asa yang kunanti

Misteri yang kau taburkan selama ini
ternyata hanya penutup pribadi
penuh rahasia di hati, tiada ungkapp diri
Anggun nan tiada henti
tlah membawa simpati

reff.
Sejuta kasih, sejuta selimut diri
di singgasana s'mara abadi
kini tiada kan tertunda
hari-hari ceria yang kunanti
Juwita hati.....
Dan tiada mungkin akan terjadi kembali
resah gelisah menggoda diri
kau berikan nur cahaya
penerang kalbu penyejuk jiwa

Ketika kicau burung tiada lagi ada
terdengar di sela heningmu malam
kau buka tabir hidupmu, sesederhanamu
dan penuh liku haru, kusimpan dalam kalbu

(reff........)

semasa nun nestapa, hadir mewarnai cita
oh bahagia.... bahagia...

 
At 1.1.06, Anonymous riadi said...

SELAMAT TAHUN BARU semuanya....

mbak DIAN.. saya belum nemuin cd bajakan lagu lama vina, jadi blom bisa bantu nih
UNAI .... Meissy pdhl diandelin buat gantiin Vina, tp apa mau dikata. Hehehe... salam kenal balik ya
RIO... menurutku lo lebih najong lagi hehehe. APakah masih suka Sendu (lol)... dan btw, lagu AKU MAKIN CINTA memang sengaja disinggung buat memancing lo menampilkan pengalaman termehek2 di HardRock itu.. :P
BOWO.. terima kasih terimakasih... kentara banget jadulnya ya
Q... memang ga bisa dibayangkan kalau Vina join JK. Jangan2 jadi kasus kayak IGA MAWARNI. Hahaha.. thn 80an Cimol belom muncul deh. Kalau Cilok, dulu adalah jajanan SD yg mirip baso tapi dari tapioka gitu. Cilok=aci dicolok!
DWI ... Delon ntar minder. jangan gitu deh hehehe. Mas Dwi ternyata kentel juga ttg musik 80annya. Banyak bantuan info dr beliau. Dan juga kesukaannya sama blekfantasi membuatku tdk sendiri. Apa coba..hehehe

terima kash semuanya

 
At 1.1.06, Anonymous Anonymous said...

Met Tahun Baru juga smuanya,

O ya, Kasmaran nya Iga mawarni kan ciptaan JK (Judi Kristianto) yak? bosas2 type ermie kulit gini mah bisasanya ciptaan Richard/Ryan Kyoto...

 
At 1.1.06, Blogger bebe said...

Vina sekaliii...
cuman ampe sekarang emang lagu2nya vina tuh masih enak buat didengerin
jadi inget...*wink...pertama kali dapet surat cinta...huaheaue

niwei..Met Tahun Baru yaaaaa

 
At 3.1.06, Anonymous eefa said...

Ya olohh.. itu pose nungging gituh.. eh iyaa dulu waktu TK aku sempet pentas nari2 gitu pake lagunya vina yg kumpul bocah..

 
At 3.1.06, Blogger Irvan said...

gw gemar banget ama vina, dan beberapa lagunya: maaf, si bogel dan agar kau mengerti itu nggak bosen-bosen nya gw denger.
tapi kok lagu melati suci nya guruh yang pernah dibawain ama vina juga, nggak dibahas ya disini :P
salut buat postingan nya!!!

 
At 3.1.06, Anonymous riadi said...

IRVAN: thx buat inputnya.... maunya ngeles tp sungguh melati suci dan cinta indonesia dr pagelaran SM Guruh itu luput dari ingetan......
'Agar Kau Mengerti' itu juga gue bangget.. masa2 broken-heart di era puber. Hehehe..

 
At 4.1.06, Blogger Tukang Kebun said...

ada yang tau gak, lagunya Vina yang duet ama iwan Fals, yang tentang surga surga gitu?
judulnya apa aya?

 
At 5.1.06, Anonymous Q said...

Pada tahu lagu Vina yang paling anyar? Lagi sering diputer di tivi loh. Lagunya gini:

Ternyata...
Aku makin cinta..
Cinta KRIM EKONOMI...


errrrggh... hancur deh lagu itu dikomersialkan gitu :(

 
At 19.2.06, Anonymous Anonymous said...

Punten sadayana ... Ngiringan nimbrung nech ...

Walo bkn angkatan 80-an, tp aku suka banget ama Mama Ina ini. Kebetulan aku suka ama lagu2 80an. Tadi malam aku nonton konser tunggal nya "Viva Vina" di SCTV. Keren banget, dech...!!! Dari semua lagu yang beliau bawain (23 lagu), semuanya aku bisa ikutan nyanyi, at least bersenandung. Kecuali lagu "Apa Kabar", aku gak tau lagu itu.

Aku kenal lagu2 Mama Ina sewaktu masih SD getooo, kebetulan nyokap/bokap suka jualan kaset juga di warungnya. Zaman nya lagu2 cengeng itu loh...Meriem Bellina, Dian Pisesa, Ratih Purwasih, Endang S Taurina, Pance F Pondaag dan sebangsanya dech...

Mungkin lagu yang pertama aku kenal, "Cium Pipiku" dan "Surat Cinta" ... Dulu suka manco di radio sambil dengerin Saur Sepuh kaleee...Sekarang aku dapet Hits CD Audio bajakan (lengkap dech) dari Vina...(Ooooppss..jangan bilang siapa2 yach...entar aku di demo FPI dech...)

Hatur nuhun.
(Chev - Bandung)

 
At 23.2.06, Anonymous riadi said...

chev... di bandung nya

pinjem dong hits cd bajakannya :D

ada lagu apa saja?

jangan2 dapet dari kota kembang ya

 
At 31.3.06, Anonymous LIZA said...

Kayanya foto albumnya Vina
kurang satu deh nih..
Yang dia pake stoking Pink
itu loo, dengan posisi duduk
"andalan" yang mirip di cover
album CINTA..*soalnya perasaan
dulu gue punya album Vina yg cover-nya kaya gitu*

oh iya..
btw, menurut saya, alangkah
baiknya apabila saudara-saudara tidak membeli album BAJAKAN dari artis negeri sendiri..apabila album tsb tidak di-publish lagi, better minta izin ybs untuk meng-copy-nya, apalagi untuk kepentingan komersil alias diperbanyak untuk dijual2 lagi..

kasian dong, masa artis indo,
apalagi yg legendaris kaya tante Ina ini aja harus dibajak albumnya!
tega bgt sii..


LIZA FBVB
(Fans Berat Vina BANGET!)

 
At 6.4.06, Anonymous Anonymous said...

mmm.... itu cover dalam CITRA CERIA kok

 
At 13.4.06, Blogger Coret-coretan said...

Gara-gara acara SJM jadi mampir ke blog ini, ´n seneng tuh baca cerita2nya, apalagi ttg Vina... aku juga seneng, dan krn september itu bulan kelahiran ... jadi dulu tuh ikutan merasa dikasih hadiah ama Vina... jadi lagu kebangsaan deh. Tapi beneran deh, lagu-lagu lainnya juga oke. Thx 2 pemilik blog, krn jadi bisa bernostalgila ..nostalgia- maksudnya.Dy

 
At 10.7.06, Anonymous Ikhsan said...

Vina Emang paling OK!!! tapi gw mo nanya dong, kalo yang nyanyi lagu "Bohon" dan "masih ada" itu K3S atau 2D?

 
At 13.7.06, Blogger krupuk said...

Hidup Vina!! Waktu itu nonton Viva Vina di JCC dong ya?

 
At 9.8.06, Blogger andRee said...

percaya gak percaya, kaset pertama dalam hidup gw yang gw beli adalah kaset vina Panduwinata yang cerita cinta itu. waktu itu pas lulus TK. dibeli dari duit tabungan tk itu. harganya 1250. u/ 2 album selanjutnya kado ultah dari nyokap, krn doski tau gue suka bgt sm vina, sampai sekarang. u/ yang lainnya sih paling koleksinya dari yang best of. tapi pengen juga sih klo ada yg original gitu..
u/ moderator bahas juga donk Lydia & Imaniar, K3S, January Kristi en Nourma Yunita, thxs...

 
At 7.10.06, Anonymous Anonymous said...

Tahun Festival tahun 1984, Vina ga cuma nyanyi lagu Aku Melangkah Lagi yang jawara itu, tapi juga "Tuhan Ternyata Kau Ada' ciptaan Anton Issoedibyo, duet bersama MASNAIT VG. Bahas MAsnait dong... goyangnya Panggayo banget gitu...Asik.

 
At 10.10.06, Anonymous Anonymous said...

Aduh jadi ingat waktu jaman mbah Titiek salah ngasih hadia yang mestinya ke Harvey, waktu itu si Mbak Pitch Control udah jingrak2 saking senengnya...eh trus kamera diarahkan ke juri lain trus dinyatakan salah deh...kasian ekspresi mbak iie saat itu mokal abis cing...adn then mbah titik minta maap sambil bikin konprensi pers...heheh

 
At 9.11.06, Anonymous Anonymous said...

80-an selain vina juga ada fariz yg ngetopnya spt dani dewa sekarang. ada juga chrisye-jockie yg kerja sama mereka sampe beberapa album gitu.

 
At 9.11.06, Anonymous Anonymous said...

aku dulu punya kaset vina yg 'salamku untuknya' festival pertama dimana vina menang. lagu festival dia yg lain ada juga spt ' bisikan malam' ( suaranya masih plain)..'sentuhan asa' ( teknik vokalnya udah bagus), belum lagi yg dari prambors 'suara hati yg damai'. tapi sayang kaset kaset itu udah ga layak dan akhirnya kebuang sekarang mau denger 'salamku untuknya' atau 'sentuhan asa' ga tahu mau nyari dimana. kalo 'burung camar' atau 'aku melangkah lagi' sih udah bosen banget

 
At 9.11.06, Anonymous Anonymous said...

suara vina mungkin ga sebagus harvey atau ruth sahanaya tapi dia punya cara bernyanyi yg enak banget..tipe tipe stevie wonder dan dione warwick. gaya nyanyinya emang spt itu. sayang..sejak 90-an suara vina spt agak gak keurus ..agak serak dan spt ga dapet suplai lagu yg cocok buat dia. belakangan album dia juga kurang meledak. dia agak bingung mau ikut tren sekarang atau tetep ke style dia yg dulu. mau ikut tren sekarang nyanyi lagunya melly, dll..belum tentu cocok ama suara dia. untungnya lagu lagu dia tetep aja 'layak dengar' sampe sekarang..malah lagu lagu sekarang bisa dibilang belum tentu sebagus lagu 80-an

 
At 18.11.06, Anonymous Anonymous said...

o iya..awal karir vina tuh emang di jackson record album citra biru. menurut pak jackson arief si produses album citra biru kurang meledak..tertutup sama lagu lagu iis sugianto. meskipun demikian pak jackson tetep yakin vina bakal 'jadi'. sementara menunggu waktu yg tepat..vina disimpan dulu. vina kemudian banyak muncul di acara chandra kirana. disana diah iskandar banyak ngasih lagu yg menonjolkan desahan vina. bahkan diah iskandar pernah bilang kalo dia yg ngajarin vina teknik 'suara desahan' meskipun vina ngakunya belajar dari jerman. setelah lama disimpan..terbukti album citra pesona lumayan meledak dgn hitsnya 'September Ceria'. tapi sayang..kerja sama vina-jackson arief harus berakhir. mungkin vina minta naik harga..tapi pak jackson ga punya uang.

 
At 18.11.06, Anonymous Anonymous said...

betul banget kalo dibilang vina jadi salah satu tonggak musik indonesia. dia emang cuma penyanyi dan karya lagunya juga ga produktif. tapi dia berhasil utk membuat sebuah konsep album pop dengan aransemen serius yg kemudian banyak diiikuti artis artis lain. artis dari Pro Sound yg muncul sesudah vina..spt January christy, lidya imaniar..konsep albumnya mengikuti konsep album vina. pilihan lagu pop yg tidak terlalu rumit tapi diaransemen dgn serius. pencipta lagu yg pernah bekerja sama dgn vina..akhirnya juga ikut keangkat dan mencipta lagu buat penyanyi penyanyi sesudah era vina. sejak kemunculan vina..perlahan tapi pasti..era pop Rinto Harahap , obie messakh..mati secara perlahan.

 
At 9.12.06, Anonymous Leo said...

Mama Ina emang top abis...kagak ada matinye.....Suka lucu kalo ngeliat Vina di V-klip Wow,Kumpul Bocah N Nurleila....Jadul abis tampangnya
Wow kumelihat cinta di bola matanya
Pamahmya menuju tepat ke arahku...

Ayo bahas Anita Sarawak,Malyda,Trie Utami n Atiek CB plus Sheila Madjid dong...

 
At 25.1.07, Anonymous Anonymous said...

aduuuh Vina yah...
aku lagi cari teks nya Dua Anak Manusia, eh ketemu deh blog ini...ternyata banyak juga ya yang suka sama Vina..hehehe
aku nge fans banget, walaupun dulu aku masih SD waktu Vina lagi ngetop2nya dengan si Burung Camar. Saking negfans nya, sampe-sampe lagu "Dua Anak Manusia" itu dinyanyiin dikawinanku, akhirnya waktu ada konser Vina, aku ajak suami nonton, dan akhirnya kita berdua jadi sama2 tergila2 vina, beli dan ngumpulin lagi Cd-Cd lamanya..dan sekarang lagu Dua Anak Manusia jadi lagu kebangsaan kami berdua deh..

kapan lagi yah Vina buat konser??ada yang tau gak?

 
At 19.2.07, Anonymous Mr. Joe said...

Buat yang cari CD-nya Vina, rasanya ada di toko CD, cukup murah sekitar 25 rb dibanding CD musik indo lainnya. Sayangnya cuma seleksi dari beberapa lagu hits-nya. Jadi yang mau koleksi lengkap rasanya susah juga. Nggak tau kenapa produser rekaman indo nggak mau transfer beberapa kaset hits mereka dulu ke CD. Saya rasa sih banyak yang mau karena kaset sudah susah dimainkan apalagi kaset dulu, udah jamuran dan melendut kali.

 
At 23.3.07, Anonymous Anonymous said...

Bung, saya dan keluarga penggemar berat Vina (dan Chrisye), meskipun bapak dan ibu kami sih lebih suka Rinto Harahap n The Gank, mungkin karena kita lima bersaudara memang angkatan '80. Ternyata kita ga salah pilih, karena ternyata Vina dan Chrisye sekarang jadi legenda. Ada satu hal yang menurut saya kurang benar, yaitu soal keikutsertaan Teh Vina di Festival tahun 1984. Waktu itu dia jadi jawara lho, malah 2 lagu sekaligus, yaitu lagu "Aku Melangkah Lagi" Juara I dan "Tuhan Ternyata Ada" jadi Juara II, belum lagi menyabet Penampilan Terbaik lewat lagu "Aku Melangkah Lagi", dan hal ini terulang lagi pada festival tahun 1985. Ada lagi yang belum disebutin di sini, yaitu lagu2 duet Vina dengan Harry Sabar di albumnya Harry Sabar. Inget ga? waw suara Teh Vina masih murni banget, sensual, n ga terlalu banyak serak. Kalo sekarang sih menurut saya suara Teh Vina agak payah kalo harus menyanyi nada tinggi..Waktu Konser Viva Vina tahun lalu, meskipun secara keseluruhan suaranya masih ok tapi kadang ada yg ga sampe atau terlalu serak. Btw, saya punya DVD asli Konser Viva Vina yang saya dapat langsung dari Manajemen Vina Panduwinata. Sayangnya DVD itu ga boleh diperbanyak. Mudah2an janji Teh Vina dan Kang Addie M.S. untuk membuat album Vina Timeless bakal terwujud segera. Viva Vina Forever..... yudi semarang.

 
At 27.3.07, Anonymous udaisal said...

Aduh duuuuh lengkap buangeeet makasiii mass

Mas bisa posting lagu2 nya Vina gak? aku nyariin ke 3 album perdananya dari jl Surabaya, lapangan bola Oerip, Citarip Bandung gak ketemu...2 cari dimana lagi yaa?

Kalo diantara temen2 ada yg punya ke 3 album pertama (citra biru, ceria & pesona) aku mau dong nge down load

nggak kayak disini ya (amrik maksudnya), ada perusahaan namanya Time Life Magazine yg suka ngepublish lagu2 n album2 tua

Tolong dong anyone yeh...

 
At 30.3.07, Anonymous riadi said...

Yud--thank for sharing.
Iya memang suka keselip, kalau vina sekedar bintang tamu, atau terjun di album yang keroyokan, kayak Suara Persaudaraan. Tentang 'Tuhan Ternyata Ada', udah ditambahin dalam ruang komen ini di atas. Waktu itu dia duet sama masnait vg.
Buat udaisal-- kaset2 lama Vina banyak tuh di pasar loak jatinegara. Kalo mudik bisa mampir aja. Hunting di sana bikin betah lho. Meski imbasnya keringetan. Hehehe.

 
At 14.4.07, Anonymous Anonymous said...

Bung Riady apa ada lagu2 Vina mp3 yang komplet, dari album pertama sampai terakhir plus lagu2 festival, single, duet ataupun keroyokan? Kalau ada mohon infonya ya..Thx for sharing..... Yudi Semarang.

 
At 5.5.07, Anonymous Rudy Mulyadi said...

Vina is the Best! Sampe sekarang gue masih punya album2 Vina meski sebagian hilang, yang masih gue simpen Citra Biru, Citra Pesona, Citra Ceria, Cinta, Wow, Bawa Daku n yang terbaru itu Vina 1981 - 2006. Sampe sekarang ga pernah bosen denger suara Vina, Gue pengen banget dia ngerilis n aransment ulang lagunya jadi lebih Jazzy... Ya Vina Going Jazzy gitu d... kira2 mimpi gue bakal kesampean ga ya? N satu lagi... kl Vina rekaman lagu2 band seperti Dewa, Padi, Slank dll. trus diaransement ulang dengan gaya-nya Vina Keren kali yee... Rudy 0812-8597501

 
At 28.11.07, Blogger Rieski said...

I miss 80's so much! Kayaknya 80's itu endaaaaaang banget.

 
At 4.12.07, Anonymous purpleviolet said...

jawaban buat Ikhsan:

"Bohong" itu punyanya K3S
"Masih Ada" punyanya 2D

Bapak saya dulu komplit tuh koleksi albumnya teh vina...
sayang seribu sayang...
para peminjam tidak bertanggung jawab..
jadi beberapa kasetnya tidak kembali padaku... huhuhuhu...

buat Riadi... saya juga pencinta Black Fantasy...
kalo dah dengerin "Buat Kamu" ... klepek-klepek deh...

saya juga lagi nyari albumnya Elfa's Singers nih...
ada yg punya gak???

salam kenal buat semuanya...

 
At 6.5.08, Anonymous Anonymous said...

Hii.... mas Rudi(Riadi)
Thanks banget utk semua...
Hehehe aku tampangnya dulu culun banget ya. aku sendiri suka ketawa kalau liat foto2 ku dulu.
apalagi liat rambut kribo cambang cepak, yg wkt itu banyak diikutin...
Aku akan konser lg tgl 17 may. Dan aku akn nyanyikn lagu2 yg jarang n ga pernah aku nyanyikn.
Aku mau kasih hadiah khusus utk mas Rudi. tolong hub Managerku Ine ( 08121102390) yaa...
Luv @ Vina Panduwinata

 
At 7.5.08, Blogger arifbagusbanget said...

gw fans vina dari klas 1 sd; heheh secara ga ada lagu bocah waktu itu; jadi gw keduluan mateng critanye...juga lagu2 cinta kiki mari..; kebyg dong.../rinduku...

tapi album vina d best ya citra ceria juga proyek mas guruh cinta indionesia; vokalnya asli luar biasa; juga wkt dia muncul di telerama bawain lagu temen2 nya/ hasrat nya kiki etc; pokonya asik pisan...
antara kita; dunia tersenyum; slamat tggl kenangan; mohon ampun; cinta bgt deh gw...

malah sengaja pas smp buku tulis gw gambar covernya vina yg rambutnya jabrik...yuhuy....

yg album surat cinta juga keren; musiknya top..; jati diri ama si bogel..yuhuy lah....

berhububg kaset 2 lama vina gw dah pada ilang; pas nemu kasetnya di loakan gw convert aja ke mp3; rada ribet sih; pake audacity; tapi drpda ga ada...mayan tuh buuat kangen....
btw gw juga convert lagu2 nya kiki maria; rinduku ama kasih tiada berpadu...falsetto bgt...yukss..

jadi gw masi bisa tuy sayag2 ama teh vina..; tante gw..hehehe...


teh vina dulu bnyk terlibat proyek2 sempalan brg musisi2 lain; gw ampe pada ga inget nama2nya; tapi kaya nya biru langit; bimbo; yoki; gloya gladis; bnyk bgt lah..
kalo itu dikumpulin trus di rilis ulang kan ga sia2 ketauan perjalanan karirinya yg emas itu...
teh; didokemntasiin dong semua2 nya..sayg tuy...


dan semoga diantara kita terbentang kasihnya..


yg akan memberi rasa damai sejahtera......wah lupa terusannya...

teh vina; rumahnya dimana nih..; aku pgn kontakan nih; fans for life ceritanya......; gw rela volunteer buat dokumentasiin etc..; juga rekaman2 nya di tvri; telerama; candrakirana; aneka safari etc..

 
At 7.5.08, Anonymous Anonymous said...

Hi mas Bagus...
hub managerku Ine deh ya.
nanti dia kasih tau bgmn bs kontak aku.
Buat temen2 thanks buat komentr2 nya. hehehe seru juga bacanya
@ VP

 
At 9.5.08, Anonymous rudi(riadi) said...

aduh teteh ina--- hampir gubraks n kolaps sangking senangnya ada komentar langsung dari Vina Panduwinata....

hatur nuhun pisan....

*speechless ...*

 
At 9.5.08, Anonymous Anonymous said...

Vina..

Kapan konser ke Surabaya ? Mengapa hanya di jakarta..mengapa..mengapa....?
Musthail nggaka da penggemar di surabaya, mustahil....
Aku masih nyimpan kaset kamu yang album kedua, walau tuh akset udah pecah, tapi tetep aku setel..aku bersihkan , aku setel..lagi..
Aku gak ada lagu bajakan Vina, lebih baik beli kaset yang penting asli, itu yang penting

Aku seneng Vina mulai nyanyi lagi, suaranya tiada duanya,

konser di Surabaya aku tunggu ya..
love,
Irna

 
At 10.5.08, Anonymous Anonymous said...

Mas Rudi....
Sdh tele managerku yaa...
Jd hadiahku diambil donk nanti di Jakarta. Smp ketemu tgl 17 ya.

Dear Irna.. mau banget show di Surabaya., doakan ya mdh2an bs terwujud, abis sponsor susah bangeeet. Mereka maunya sponsorin yg muda2 euy, kalau pun yg sdh tuwir harus dr luar nagari..
Kasiaaan deh penyanyi Indo..
Aku bangga bgt punya seorang Irna, yg ga mau beli bajakan.

Luv@ VP

 
At 10.5.08, Anonymous riadi said...

Sudah kontak teh Vin--- nanti katanya dikabarkan lagi ihwal pengambilannya

Kemaren liat teh Vina di indosiar-- sebelumnya di negri empat mata bersama tukul

Kapan ya bisa ktemu langsung..heheheh

Besok acara di Zona 80 metro tv kan?? Tementemen milis 80an banyak yg akan hadir-- tp saya ga bisa ke jkt ... :(


Sukses terus yak...!

*ps.kayaknya konser di bandung juga kendalanya sama dg di sby ya???

 
At 10.5.08, Anonymous Anonymous said...

Mas Rudi...
Mdh2an bs ktemu langsung tgl 17 ya.
Hehe di Metro nanti kyknya ada Atiek cb ( dia br smp Jkt kemarin ), smntr aku ga bs ikutan ada jdwl latihn.
Salam buat tmn2 di Bandung ya..

Luv@ VP

 
At 10.5.08, Anonymous Anonymous said...

Dear Arif yg baguuus bangeuuut.
Managment file semua. emang rada ribeut ya, soalnya dr kaset. tp sebgn dr master.
aku mau donk buku tulis gmbrku yg jabrig...hehehe
aku ga punya, abis dulu sebel bgt bnyk di buku tulis tnp aku tau, jd fotonya bnyk yg ga karuan.
thanks alot buat perhatiannya.

luv@ VP

 
At 11.5.08, Blogger Yayi said...

wah ada teh Vina...
*amazed sendiri...*

kang riadi, keren reviewnya. Thx ua jd nostalgia lg... Syukur bgt daku punya sebagian besar koleksi lagu2nya...

Nda sabar nunggu tgl 17...
tiket dah dibeliin sama si om.. hihi

 
At 12.5.08, Anonymous riadi said...

Pokonya lagu2 teteh vina menguasai hajat hidup di masa 80an deh... hehehe

jadi ingat dulu jaman smp, tiada hari tanpa nyanyi-nyanyi itu. Bahkan lagi jadwalpiket, sambil nyapu mulut bersenandung dengan suara yg mulai pecah belah karena perubahan hormonal. Bersama 4 orang teman sejati, kelompok kami adalah musuh bebuyutan kelompok mayoritas yang berafiliasi pada JK records.

Namun meski minoritas, bukan berarti tertindas. Waktu piknik bersama ke jogja, malah sepanjang perjalanan sukses memutar kaset2 Vina di dalam bis. Tak tercegah banyak yg terinfiltrasi-- dan ikut suka juga. Huehehehe

Untuk diperjelas aja, perseteruan dua aliran musik yg diwakili JK dan Jackson Records itu ga diiringi dengan aksi aneh2 seperti di sinetron2 sekarang loh. Untuk lebih jelasnya bisa diintip dikit di http://riadi.blogdrive.com/archive/cm-5_cy-2008_m-5_d-9_y-2008_o-36.html
*promosi ekspresi dot co id* :D

 
At 14.5.08, Anonymous antontjeuw.multiply.com said...

salam dari anton melbourne..semoga sukses show 17 may....

apa mama ina bawain lagu TERLALU - chandra kirana?
dan senyum utk Tuhan dari Kariza?
hehehehe

byk banget yg aku inget dari chandra kirana...tapi sayang rekaman videonya meleot dan dibuang ortu...

salam dari melbourne
antonsetiady@gmail.com

 
At 17.5.08, Anonymous Anonymous said...

Hi Yayi..... seneng bgt km nanti nonton aku. See u nanti malam yaaa...

Hi Anton di Melbourne...
Sayang skali km ga bisa kesini yaaa, nanti malam aku akan nyanyikan lagu Senyum utk Tuhan lho..
Sayang videonya dah pd rusak ya. pdhl kl msh ada aku mau pinjam ..
Thank u buat doanya yaaa..

Luv @ VP

 
At 18.5.08, Blogger anton said...

mama inaaa....aku sampae puter2in lagu senyum utk Tuhan berkali2
dan setiap denger selalu aja tetep merinding disco hihiihi
aku punya kok lagu senyum utk Tuhan dan Terlalu dalam bentuk mp3 format..
kalo mau nanti aku kirimin dehh

hmmm konsernya tayang gak mama vina?
tayang dimana kasih tau dong?
kasihanni saya dong yg fans berat tapi gak bisa nonton?
dulu viva vina dvdnya gak edar..skrg malah yg kedua juga kagak ada?

nangis2 bombay...

loave
anton
antonsetiady@gmail.com

 
At 19.5.08, Anonymous Anonymous said...

mas Riadi...
Kemarin kok ga ke ruangan aku setelah slsai? Kan bs tele Ine kl mau masuk. Kirain mau foto2 sm kita The Rumpies, spy mas Erwin siriik... bs foto sm Malyda ya.
Puas lagu maaf dinyanyiin...?
Jd td mlm brapa orang yg nonton?
ok dey.. Thanks a lot

luv @ VP

 
At 21.5.08, Anonymous riadi said...

Duh mama ina... bener-bener pengen banget ktemu dan poto-poto. Mungkin blom rezeki kali... hiks..
boleh dibilang saya masih terlongonglongong bisa liat live show mama ina-- Aseli-- semua lagu saya ikut nyanyi *kecuali yg lagu senyum untuk Tuhan, dan lagunya Dodo Zakaria yg mama ina dedikasikan buat Vanya itu* ...Yang lainnya berhubung banyak 80annya... ya ikutan nyanyi.

Sedihnya-- yang sekeliling (kiri kanan depan belakang) pada diem mingkem-- nyaris tak berekspresi. Apa karena kurang familier dengan lagu2 mama ina 80an ya?? Hiks--untung berani malu nih!!! jadi kebayang--pasti asik kalo bisa nonton di depan panggung--- Bisa sapa-sapaan..teriakteriakan.. atau malah naik panggung gantiin mulia.. hehehehe

Eniwei, terima kasih banget loh udah diberi kesempatan menikmati lagu MAAF (Titiek Hamzah) dengan orkestra. Bikin meleleh.. Semalaman itu yg dibahas, begitu bubar acara --sebagai puncak penampilan mama Ina malam itu.

Waktu intro lagu Rintangan, udah bisik bisik aja sama yg di sebelah, ini yang nyiptain Tito Soemarsono, dana penulis liriknya P4 bangget... Pancasilawan. Mas Panca kemana ya... :D

kalo ada dvd-nya ... boleh dong diinfokan :)

Mama Ina-- coba minta pak Indra
buat konser di Bandung dong.., biar bisa ktemu lagi-- dan dapet foto bersama :D *ngarep*

Pokoknya excited deh sama konser kemaren--- besoknya langsung tenggorokan peret kebanyakan ikutan nyanyi :))

Salam dari Bandung.......

 
At 21.5.08, Anonymous anton said...

OH hening malam bawaku pada mimpi dengan iringan para malaikat surgawi...

dan tanya mereka membuat aku takut..
akan segala lupaku padaNya

ohhh semua didunia yg pernah IA berikan..
apa yg pernah kupersembahkan bagiNYA yg cinta aku?

yg ada senyumku utk Tuhan....

*lagu ini vina banget!!!
Vanya itu anaknya dodo dan dian mayasari khan?
ps : mama ina kalo ada dvdnya dong..pls

 
At 21.5.08, Anonymous riadi said...

Waaaa--- Mama Ina....
Sekarang jadi trasa nyesel deh--- knapa ga telepon mbak ine ya biar bisa ktemu Mama Ina.
Hiks-- itulah kalo terlalu pemalu--- Padahal kapan lagi bisa ktemu langsung.... Apalagi ada rumpies juga.

Baca beritanya di Kompas MInggu seru tuh denger cerita-cerita Rumpies. Tapi di liputan Konser, ada yg ga akurat tentang judul lagu Mama Ina. Kayak Wow masuk album Cium Pipi, padahal itu kan pada album berikutnya. Wow... Sedangkan lagu kelima dr album Cium Pipi yang muncul di konser adalah Biru, tp bukan mama Ina yg nyanyi melainkan Afgan.

Duetnya asik loh. Juga yang sama alm. Chrisye. Sayang lagu duet yang sama Iwan Fals ga muncul, juga yang sama Masnait VG di Festival Lagu Populer 1984 ...:)

Oya, dari Citra Biru juga ga ada ya... Itu temenku nungguin terus 'Mawar Merah', ga kesampaian.. :D

Untung Duniaku Tersenyum dinyanyikan... Itu lagu spesial yang kalau kita usung tanpa musik mungkin kedengeran aneh dan ga pruguh. Tapi dengan orkestra dr kak Addie MS--- jadi tiba2 inget masa2 perih patah hati jaman purba... hihihihi

....... kayaknya mesti posting blog tentang acara konser kemaren deh :D


*riadi*
riadiripuh@gmail.com

 
At 25.5.08, Anonymous Anonymous said...

Mas Riadi....
Mau nya sih bikin di bandung juga, tapi hehehe spnsor yg susah.. Mdh2an bisa terjadi.
Yaa kl Tuhan izinkan sih ada aja jalannya.
iya tuh ditungguin ga muncul2,hehehe makanya jgn malu2 atuuh.
eh kalo aku nyanyiin semua lagu yg diminta, nanti shownya 6 jam dueeh.. pake tiket terusan donk kyk dufan.
ok, kpn2 kl ke jakarta tele Ine ya..
Luv @ VP

 
At 25.5.08, Anonymous Anonymous said...

Dear Anton..
betul skali..Vanya anaknya DodoZ. dgn Dian Mayasari.
Lagu Senyum utk Tuhan memang Master piece di konser kmrn. Krn aku ingin mengingatkn kt semua tentang kekurangn kt dlm hidup.
Oh ya ,, Acara itu ditayangkan di RCTI tgl 25.mei 08 sktr jam 10 mlm.
tp ga bisa komp;it, krn durasi sgt terbatas...
Ok dey.. kl ada dvdnya aku ksh kbr kalian yaa...
Luv @VP

 
At 28.5.08, Blogger anton said...

Hello mbak vina..
apakabar? bernyanyilah hai teman dalam riang bahagia kan datang padamuuuuu ...

duhhh senangnya dibalas ama penyanyi idolaku
sayang banget aku ketelatan tau acara konser di RCTI 25 mei 08

please please banget kalo ada dvd konser...konser viva vina or konser yg kedua juga mau aku beli..kotaknya juga gak papa? hehehe

ehhh mbak vina dulu aku pernah dapet thuu kaset souvenir kaset pernikahan dng lagu mbak vina..masih ada gak yach? kangen pengen dengerin lagi..

sukses selalu dehh..semoga liburan nanti di jakarta bisa ketemuan yach? biar gak kalah ama mas riadi..
buat mas riadi bandung dan temen2 milis 80 sukses selalu juga..

hidup lagu2 80s jadul !!!
salam dari melbourne
anton

 
At 4.6.08, Anonymous zacky said...

bang riadi........

boleh neh kite karaokean bareng lagu lagunya vina... biarpun aku anak kemaren sore... bisa deh .... tapi tentunya gak sebagus bang riadi lah.....

 
At 6.6.08, Anonymous Edia Permata said...

Mama Ina is the Best !!!

Halo…Namaku Edia Permata. Thn 80’an aku masih kecil sekali, jadi dulu ngga terlalu tau ttg Mama Ina & lagu-lagunya. Pertama kali liat Mama Ina nyanyi (di sctv pd saat konser vina vina) aku langsung tertegun & terhanyut dlm lagu-lagu yg dinyanyikannya. Mama Ina membuat lagu-lagu jadi sangat ceria, fresh, centil, fun, & full of love, sehingga mendengar Mama Ina menyanyi membuatku happy, ceria, full of love, & ingin bernyanyi & menari. Wow !! She is amazing !! The way she sing…..the way she talk to the concert audience….is so amazing !! She is the Best !! I admire her so much.

Sejak saat itulah aku jadi fans berat Mama Ina. Besoknya aku langsung cari CD nya Mama Ina ke toko CD&kaset. Aku keliling ke semua toko CD&kaset di seluruh jakarta utk cari CD Mama Ina, tapi ngga dapat, sedih banget waktu itu. Untunglah akhirnya Mama Ina mengeluarkan album Vina terbaik 1981-2006 (CD & VCD karaoke), pd saat aku liat CD & VCD tsb di toko CD&kaset langsung deh aku beli CD & VCD Vina terbaik 1981-2006 tsb, senang sekali hatiku…..

Pd saat nemu tulisan Mas Rudi Riadi ttg Mama Ina yg sangat lengkap ini, wah aku senang sekali….coz….from that article I can know Mama Ina better….& itu membuatku jadi makin kagum dgn Mama Ina.

Thank you ya Mas Rudi Riadi atas tulisannya ttg Mama Ina yg lengkap ini.

Love,
Edia Permata (Fans Berat Mama Ina)

 
At 8.6.08, Anonymous rudiriadi said...

hello Edia Permata,

Terimakasih atas apresiasinya. Sebenarnya saya nulis ini murni karena merekam kenangan indah bersama vina dan lagu-lagunya pada dekade 80an.

Tentunya nonton juga dong, Konser Vina tanggal 17 Mei kemaren. Dan ditayangkan pula di RCTI. Tapi kalau tidak sempat melihat, silakan disimak laporan pandangan mata konsernya tersebut. Ada disini juga :)

Salam dari Bandung,
/rr

 
At 9.6.08, Anonymous Edia Permata said...

Iya Mas, aku juga nonton konser Vina 17 Mei di JCC. Ternyata nonton konser Vina secara live langsung di JCC asik banget ya, apalagi mama Ina sangat komunikatif dgn penonton, adegan Mulia cium pipi & meluk Mama Ina juga lucu, hihihi. Waktu mike mati Mama Ina jg bisa dgn tenang mengatasinya. Wah Mama Ina TOP banget deh !

Tapi aku tetap nyesel banget sih krn thn 2006 ngga nonton di JCC, soalnya banyak yg bilang konser Vina thn 2006 lebih bagus drpd yg thn ini, so....kalo tahun ini aja udah asik pastinya thn 2006 tsb jauh lebih asik ya? hiks...hiks... nyesel deh...

Semoga Mama Ina ngadain konser lagi ya. Kalo nanti mama Ina ngadain konser lagi, tolong kasih tau aku ya Mas, aku pingin nonton lagi konser-konser Mama Ina selanjutnya :)

salam,
Edia

 
At 11.6.08, Anonymous rudiriadi said...

Halo edia,
komentar mengenai konser 2006 lebih bagus dari yang kemaren, mungkin relatif ya. Yang saya tahu, konser yang pertama memang lebih menampilkan lagu-lagu mama Ina yang sangat populer, sementara yang terakhir lagu-lagunya lebih 80an.
Yang jelas dua-duanya TOP.... Vina emang ngga ada matinya. Saya juga nunggu-nunggu mama Ina konser di Bandung nih ....

salam,
/rr

 
At 16.6.08, Anonymous Edia Permata said...

wah kalo mama Ina konser di Bandung, tolong kasih tau aku ya Mas, supaya aku bisa cuti utk balik ke bandung utk nonton konser mama Ina tsb, hehehe pokoknya berapa kalipun mama Ina konser, aku pasti ingin nonton terus :)

salam
Edia

 
At 30.6.08, Anonymous TJ said...

klo jaman 80an, setau gw banyak album2 yang judul albumnya sama judul lagunya sama aja. klo yg kya vina gini, emang beda. udah gitu paling2 dalam satu album hanya satu lagu yg keluar, tapi di vina, beda juga.
klo yg lain kan banyak yg covernya yang noraaaaaaaaaakk abis dengan tulisan dimana2, gede2, nama penciptanya, ditambah tulisan2 kya: 'suara indah dari', atau apalah gitu, yg kyanya pantesnya diiklan, tapi dicantumin di cover album. hahahahaha...
well, vina emang beda ya. dan dia emang sangat pantes kalo sekarang disebut DIVA. biangnya DIVA!!!

 
At 7.9.08, Blogger Lukman said...

sy mo komen soal permen pindy twist. ada yg tau gak pemenang undian permen tsb diumumkan di koran ato majalah apa ? soalnya sy penasaran banget karena pernah waktu tahun (wah lupa persisinya) '87 - '89 rumah sy didatangi mobil box perusahaan gitu dan kebetulan sy lagi maen di teras rumah dengan tman2 (sy masih kelas 2 SD kalo gak salah) dan mereka tannya nama dan alamt rumah sy, karena sy pikir mereka akan culik sy sy bilang aja gak tau. Dan belakangn sy baru nyadar kalo sy itu menang undian pindy twist. Nah, sekarang sy penasaran banget sebenarnya sy menang hadiah apa dan jadi pemenang keberapa? Karena itu merupakan undian pertama yg saya menangkan makanya sy ingnin tau banget. Mungkin ada rekan2 pembaca yg bisa bantu sy, silakan kirim email ke muh_lukman_t@yahoo.com

 
At 13.10.08, Anonymous Anonymous said...

MAMA INA I LUV U,

NYANYI IN LAGU "SELAMAT TINGGAL KENANGAN" DONG KALO KONSER TUNGGAL..
KASET SAYA CITRA CERIA SUDAH LENGKET,CARI CDNYA SUSAH (ADA GA YA?)MAKLUM TINGGAL DI NDESO
MAU MBAJAK GA TEGA MAMA...
KEEP SINGING YA...

THX

didit71

 
At 14.10.08, Blogger anton said...

buat didit71 lagu selamat tinggal kenangan cipt ricky basuki emang mantep banget...ricky basuki juga bawain lagu itu di album IMPIAN...kalo didit mau email aja ke antonsetiady@gmail.com

 
At 21.10.08, Blogger rudi said...

semalam denger di radio- sang penyiar bikin kumelangkah di udara. Katanya vina mo konser lagi tahun depan, bulan februari, konser tunggal, tanpa bintang tamu, tetap dengan iringan addie ms. Tapi ga jelas dimana dan kapannya...
Waktu kontak mencari konfirmasi-- ternyata berita itu sualah. Yang tadinya melangkah di udara, jadinya terjerembab. Tp akhirnya dapat bocoran--- malam taon baru ntar Vina kemungkinan show di hotel sheraton media...

 
At 16.7.09, Anonymous chandra kirana said...

lagu vina yg susah dicari :

lagu lagu di awal karir dia

- duet ama ikang fawzi di STAFF band ama adie ms.

- 'bisikan malam' duet sama ricky basuki utk festival lagu populer

- 'alam asa' utk festival lagu asean. di lagu ini vokal vina sudah kebentuk cirinya.

- 'lukisan kayu' atau apa gitu lagunya nuansa country. vina jadi jadi featuring salah satu grup. maklum lagi naik daun jadi diajak duet dimana2 biar kaset laku ( contoh lain chrisye, jockie, guruh semua ngajak vina nyanyi).

- lagu2 vina di album bimbo. sekali lagi vina diajak jadi bintang tamu di album bimbo. gw rasa juga supaya albumnya lebih laku.

- klo yg di tv..vina sering tampil di chandra kirana. acaranya diah iskandar. disini vina suka di kasi lagu2 yg menonjolkan suara desah nya. kata diah iskandar..suara desahan vina karena didikannya. tapi vina pernah ngaku kalo dia belajar suara desah dari jerman.

 
At 20.7.09, Anonymous Anonymous said...

citra biru : vina masih polos

citra pesona : bener2 lompatan jauh dari segi vokal dan penghayatan. lagu2nya banyak pake piano klasik yg susah banget dicari saat ini. lagu2 spt maaf,resah, kasmaran bener bener komposisi unik dan ga ada lagi di lagu2 jaman sekarang.

citra ceria : secara produksi emang paling perfect dari segi tema, lagu, aransemen meskipun gw tetep lebih suka citra pesona.

cinta : album seadanya..keliatan dari covernya..yg sebenernya bukan cover khusus utk album vina.krn sebelumnya foto itu pernah di muat di suatu majalah dan gw sempet kaget pas liat vina pake cover itu. salah satu lagunya juga udah keluar duluan di pake buat iklan. tapi ada satu lagu cipt. vina yg gw suka banget yaitu lagu 'agar kau mengerti'. gw paling seneng denger lagu itu. setelah itu vina keluar dari jackson

cium pipiku : great comeback. biasanya setelah album ke-4 tertatih tatih penyanyi bakal tenggelam. ternyata oddie agam membantu vina bangkit lagi dgn surat cintaku dan logika. yg gw suka tetep lagu slow yg menonjolkan keindahan suara vina spt si bogel, cinta ada disini dan jati diri

kring2 wow : really drop. albumnya drop ..lagu2nya spt ga cocok sama tren saat itu. dan suara vina kedengeran menurun. dodo zakaria juga komen kalo di album itu vina spt kehilangan ciri nya. mencoba menyanyikan lagu2 yg ga cocok dgn suaranya. dan dodo juga kasi nasihat supaya vina rajin latihan supaya suaranya terjaga.

setelah album itu vina muncul di album2 featuring tapi album vina tdk pernah bisa muncak lagi spt citra ceria.

comeback yg cukup bagus pas nyanyi 'mutiara yang hilang'..woww banget. 'aku makin cinta' juga lumayan mencuri pehatian.

th 2000 vina bilang bakal ada album baru. gw tungguin dan langsung ke toko kaset..ternyata ..ya olo..covernya ga banget. dan ternyata emang bener ..vina marah banget sama album itu..bener bener kecelakaan fatal krn album itu kemudian di release ulang dgn kemasan baru. albumnya sih biasa aja..ga ada yg hits besar..dan ga ada yg baru. tapi ada satu lagu yg gw suka banget di album itu dan sayangnya lagu itu ga banyak kedengeran di publik. apakah lagu itu..ya itu lagunya nugie..judulnya gw lupa..tapi lagu itu cocok banget buat vina..dan sayang banget lagu itu ga ke angkat. kapan2 mau gw convert ah ke mp3.

vina kemudian ngeluarin album lagi bareng ria prawiro dan dodo zakaria..sptnya utk menebus kegagalan album vina-2000. album bawa daku lumayan meskipun juga ga meledak..dan tetep sptnya vina susah utk jadi trend setter lagi. gw pribadi ga terlalu suka album ini.

sampe sekarang vina ga kedengeran lagi. kabarnya dia males ngeluarin album lagi krn banyak pembajakan. penyanyi seangkatannya juga udah pada pensiun ..paling yg masih bisa eksis cuma iwan fals..itupun iwan harus nyanyi lagu2 cinta dan banyak fans nya yg protes.

 
At 6.6.10, Anonymous faza said...

jadi pingin lihat dadanya...........

 
At 11.11.10, Anonymous hotel in bandung said...

I like this blog, good luck ..! also visit hotel in bandung or nikon digital camera cases

 
At 12.5.11, Blogger Nina'sBlog said...

aku sukaaaaaa sekali blog ini.
^_^

 

Post a Comment

<< Home