Saturday, August 13, 2005

Trio Detektif

"Kami Menyelidiki Apa Saja"
? ? ?

Penyelidik Pertama .... Jupiter Jones
Penyelidik Kedua ...... Peter Crenshaw
Data dan Riset ........ Bob Andrews


Masih ingat dengan kartu nama yang bertulis seperti itu? Biasanya kartu itu kemudian diikuti dengan satu kartu lain yang menerakan nama Chief Reynolds yang menyatakan bahwa pemegang kartu itu adalah asisten penyelidik dari kepolisian di kota Rocky Beach, California. Dan biasanya orang yang menerima kartu itu kemudian akan bertanya "Apa maksud tiga tanda tanya ini? apa kalian meragukan kemampuan kalian sendiri?", dan tentunya akan segera dijawab dengan tangkas oleh pemilik kartu. Kalo ngaku pernah mengalami sebagai kawula muda jaman 80-an, tentu masih ingat itu semua.

Yup, novel serial detektif remaja, "Trio Detektif". Atau secara internasionalnya dikenal sebagai "The Three Investigators".

Petualangan Jupe, Pete, dan Bob, pernah menjadi sesuatu yang aku tunggu2 kehadiran episode terbarunya. Tiga detektif remaja yang selalu hadir dengan berbagai macam misteri2 yang selalu berhasil mereka selesaikan dengan ulet dan cerdas.



Misteri Puri Setan Misteri Nuri Gagap Misteri Hantu Hijau Misteri Mata Berapi


Sumber data dan gambar: T3I website



Tulisan lengkap dari artikel ini
sekarang sudah diterbitkan dalam bentuk buku
berjudul "Gaul Jadul" oleh Q Baihaqi,
terbitan Gagas Media, Juni 2009.



Segera aja dapatkan di toko buku langganan kalian yah cing...

81 Comments:

At 15.8.05, Blogger mutiara nauli pohan said...

aku lagi ingat2 aku pernah ga ya baca trio detektif, hmm kayanya pernah deh mas

 
At 16.8.05, Blogger dodY said...

huwaaa..... sumpah! jadi kangen those good ol' days :-)

 
At 20.8.05, Blogger deltakirana said...

[g]ilaaa... lengkap bener... gw jadi inget waktu baca TD misteri gua raungan, aseli bikin gw takut, malem2 baca gituan sendiri, biin merinding,hiiii horror banget tp setelah tamat baca legaaa, ternyata bukan hantuu yg meraung...

salut buat Q... *tepok pramuka,hihihi*

 
At 5.9.05, Anonymous Anonymous said...

gue paling suka trio detektif yang Misteri Nuri Gagap.. keren abies!

 
At 13.9.05, Blogger Mel said...

setuju ama Rommy! Nuri Gagap emang best!

duh Q...rasanya kayak naik Time Machine nih baca entry ini..
kena banget ke hati :(

I miss those good ol days too, and it hurts :(

 
At 3.10.05, Blogger nona cyan said...

hubungan hantu ke hantu masih gue pake sampe sekarang..tapi via e-mail ato sms,lebih murah dari pada telp.

 
At 4.10.05, Blogger Ira said...

waaaah.. bring back old memories bener nih... sayah dulu rada rada crush ama Pete... hehehe

 
At 8.10.05, Anonymous Anonymous said...

Wah, aku baru tahu, kalau Alfred Hitchcock ternyata bukan penulisnya yah!!! Waktu dulu sampe sekarang pun, cuman ingat penulisnya dia, dan bukan yang lain....

Tapi, aku ndak ingat seri favoritnnya, karena dulu, kalo terlihat ada Trio Detektif, langsung aku embat, ndak sampe ngecek judulnya, asal baca saja dan asik :-D

 
At 8.10.05, Blogger snydez said...

dulu tiap baca pasti banyak bingungnya,
yah maklum waktu SMP dulu, kosa kata bahasa indonesia (apalagi hasil terjemahan) banyak yang belum ngerti

kemanain ya ? koleksi buku trio detektif gue :( *snif

 
At 11.10.05, Blogger Mariskova said...

Duuh, jadi inget masa muda. Trio Detektif gitu loh. Walopun pasti sudah berdebu, tapi masih lengkap koleksi di gudang. Salam kenal!
(mampir ke blog gombal, dapet pencerahan ke sini)

 
At 11.10.05, Anonymous Anonymous said...

waaahhh....bener-bener jadi balik ke jaman dulu. baca tulisannya kayak baca halaman depan TD. ngefans berat sama pete sampe ngebayangin sosoknya kayaknya keren abis (di ilustrasinya begitu sih..). tapi pengkarakterannya memang kuat banget. saking sukanya sama TD, kucingku dikasih nama jupe, karena...dia gempal:) gara-gara ngefans TD, waktu SMP satu buku pernah dirampas guru, karena ketahuan baca TD di kelas lagi jam pelajaran (lagian mendingan baca TD lagi, daripada ngantuk dengerin guru ngomong dgn membosankan :)). tapi TD remaja (atau dewasa ya?!) ngga begitu seru lagi. di situ masing-masing tokoh sudah pada punya pacar. rada aneh aja. biar gitu, tetap suka lah sama TD, apalagi misteri nuri gagap. memang keren!

 
At 17.10.05, Anonymous Anonymous said...

koleksi trio detektip gue lengkap tapi ga termasuk yg versi baru itu pas mereka udah pada gede2x.

dibaca terus, lebih dari sekali. :p

 
At 10.11.05, Anonymous Anonymous said...

Trio Detektif salah satu seri buku yang gue paling sering baca jaman SD. yang satunya lagi Lima Sekawan. Tapi trio detektif tetap yg paling bagus!!

Jupe, Pete, Bob dan anggota gak resminya, sang supir Worthington!

 
At 14.11.05, Blogger JD said...

yess..i miss the old times, dulu gue baca TD punyanya kakak gue.. hhehehe, sekarang koleksi itu entah dimana dia simpan. Pokoknya seru banget deh baca TD, kaga ada bosennya, baca berulang-2... hehe Aduhh kira-2 dimana yah gue bisa beli koleksi TD? anyone can help me? email gue gun_rider2001@yahoo.com thanks...

 
At 15.11.05, Anonymous Anonymous said...

wahh....ini buku paling favorit waktu sd dan smp hampir komplit sampe punya yang edisi waktu trio detektif udah anak sma cuma ceritanya bagusan yang lama misterinya lebih rumit..

 
At 16.11.05, Anonymous Anonymous said...

Hueueue... punya aku msh banyak (gaya nih :p ), borong waktu pesta buku gramed tahun 97-an abisnya waktu itu diobral Rp1500-an siapa yg gak panik?!! Yang dari smp aku baca bolak balik tuh "Misteri Laba-laba Perak" Awwww... itu keren sekali deh :D

 
At 17.11.05, Anonymous Anonymous said...

males ah baca fiksi tebel2 kecil macem kamus bahasa...

mendingan baca komik tipis gede plus gambarnya warna-warni...

kaya serial NINA itu lho...hi hi...cheerleaders abis ngga sih...

 
At 18.11.05, Anonymous Anonymous said...

yah....5 sekawannya mana nich? soalnya dulu baca ini dulu baru trio detektif...hihihi....ditunggu yahhh... :)

 
At 18.11.05, Anonymous Anonymous said...

Tambahin duong:
Deny Manusia Ikan, Si Kuncung, Ananda, Obbie Messakh, Hetty Koes Endang.....Wah apa lagi yah??? :D

 
At 21.11.05, Blogger iway disini said...

kok aku dulu kurang suka ama seri ini yaa, aku lebih suka lima sekawan ato enid blyton gituu, anyway nice post lahh

 
At 21.11.05, Anonymous Anonymous said...

Kalo gak salah, setiap minggu pagi di stadion utama senayan baru mulai rame-ramenya maen skateboard, sepeda BMX (sampe model free-style, Booming Tai-Chi (yang rame setiap minggu pagi di stadion senayan atau monas, yang ikut mulai ibu-ibu arisan sampe anak-anak).
And untuk yang masih SD di-taon 80'an pasti inget tas sekolah yang model kuno ... (kotak keras dan ditenteng...) ada yang merek president, corolla and others....hi...hi...hi...

Blom lagi break dance yang lagi kondang taon-taon itu. Mulai dari gaya donkey sampai headspin yang kabarnya bisa bikin mati orang karena patah tulang lehernya....

 
At 22.11.05, Anonymous Anonymous said...

tobaaaat .... gue ampe ngelindur nyanyiin kokoronotomo, gara2 seharian ngapalin lagu ini ....

-aa-

 
At 22.11.05, Anonymous Anonymous said...

Hmm ingat Trio Detektif .. jadi ingat juga sama Sapta Siaga, STOP, Lima Sekawan, and novel2 lainnya karya Enid Bylton (wuaduh bener gak niy ejaannya?> .. iya sayang ya .. koleksi buku2 tsb juga udah entah kemana .. gone .. gone .. ihix ihix ..

ardanti78.multiply.com

 
At 10.12.05, Blogger risiyanto said...

Wah saya gak pernah beli bukunya,
baca sekilas di toko buku "sari agung" (sekarang sudah digusur), kemudian nunggu "terbit" di persewaan gang sebelah hehehe.

Selain trio detektif, saya juga baca lima sekawan. Ada lagi beberapa buku karangan enyd bliton (bener yah begitu tulisannya), yang lupa deh judulnya apa.

yak bagus blognya :-D

 
At 14.12.05, Blogger Lili said...

my fave after Lima Sekawan....siip deh

 
At 17.12.05, Anonymous Anonymous said...

wak fave gw juga... sama satu lagi PASUKAN MAU TAHU hahaha... bravo deeeh !

 
At 26.12.05, Anonymous Anonymous said...

Hai, buku ini adalah salah satu buku favorit saya. Yang saya punya no 1,3,5,7,9,11,13,14,15,16,17,19,21,22,23,24,25,26,29,31,33,42. Kalo ada yang punya selain itu, silakan email ke saya di denny_prayoga@yahoo.com. Trus buku yang gak pernah saya liat sebelumnya adalah no 12. Misteri Bayangan Tertawa. Aku pernah coba cari ke senen tapi gak ada. Jadi menurutku ini adalah buku Trio Detektif paling langka. Oh ya, kalo ada yang punya kopiin atau scan dong biar aku bisa baca.

 
At 29.12.05, Blogger dian said...

wah....
TD tuh favoritku banget. paling kusuka adalah bisikan mumi, labah2 perak dan jeritan jam.
skarang diproduksi ulang gak yah?
dah banyak yang ilang nih :(

 
At 30.12.05, Anonymous Anonymous said...

TD? it's a legend.. gw beli dari jaman 2500 ampe 4000 perak (skr 20K kalo ga salah), trus mereka keluarin seri baru lagi (tapi masih asik yang seri pertama). Seri 1 - 10 masih ada gambarnya dan susah banget nyari seri-seri pertama itu even itu jaman dulu juga dan yang paling keren menurut gw adalah Misteri Puri Setan dan Misteri teka-teki aneh.. wow.. perfect!! dimana ya bisa dapetin seri 1 - 15, pls japri to reza@indorama.com ya..:D
Selain itu masih ada STOP selain lima sekawan si Blyton atau petualangan si Amy dan Hawkeye yang kalo baca jawabannya kudu pake kaca hahaha... ;p

 
At 2.1.06, Anonymous Anonymous said...

Kurang lebih seminggu yang lalu gue ke Gramedia en coba nanyain apakah buku Trio Detektif dicetak ulang meski dengan kemasan yang baru. Tapi ternyata gak ada sama sekali. Ada juga buku Lima Sekawan yang cetakan terbarunya jauh lebih tipis dari buku-buku jadulnya, jadinya gue agak males beli karena gue yakin isinya pasti udah gak seorisinil dulu. Ada yang tahu gak kemana nyarinya buku-buku TD, kalo ada sih gue pengen punya koleksi lengkapnya.

 
At 15.1.06, Anonymous Anonymous said...

kalau ada yg jual TD second hand tapi masih bagus kondisinya (tidak di coret-coret) atau ada lipatan atau ada bekas isolasi..gue mau deh beli..email gue ke chelinx@yahoo.com

 
At 8.2.06, Blogger rimred said...

gw suka 'kaca-kaca remuk' dan 'nuri gagap'.
ternyata banyak juga penggemar trio detektif, jadi pengen ngelengkapin koleksi nya nih.
... tp dimana yah gw taro tuh kardusnya... trio detektif, pasukan mau tahu, STOP..... jd kepikiran nih... dimana yah ....?

 
At 14.2.06, Blogger Cho said...

Nuri Gagap emang the best, akuuuuurrrr! Kepikiran nyelipin 'to be or not to be'-nya Shakespeare di buku detektif anak-anak (kalo gak salah geto deh).

Hardy Boys dong!

 
At 22.2.06, Blogger Bunda RaRa said...

G punya lengkap dulu,..scr g addicted banget,..ampe buku pertamanya dulu g cari, abis kepengen tau permulaannya gmn..tapi ujungnya gak enak tuh, klo gak salah ada yg meninggal ya? trus abis itu gak enak lagi dibacanya

 
At 23.2.06, Anonymous Anonymous said...

Wiro Sableng donk!

 
At 22.3.06, Anonymous Anonymous said...

dulu sampe pernah ikutan bikin trio n bikin kartu nama ala TD hua ha ha. berusaha menebak misterinya n bangga banget kalo berhasil meski cuma nyerempet-nyerempet jawabannya dikit :D. buku disampul plastik n kalo baca gak boleh ada bekas lipetan blas. serial misteri favorit nih.

 
At 31.3.06, Anonymous Anonymous said...

Gimana ya cara mendesak Gramedia supaya nerbitin ulang TD... Soalnya koleksi gw udah pada jelek n ilang gitu... Kalau dicetak lagi, gw janji akan beli semua judulnya!!!

 
At 1.4.06, Blogger Die-chan said...

Huks.. iya nih.. koleksi gue soal TD carut marut gitu...

Tapi kaya'nya pas si Alfred Hitchcock dah ga ada.. jadi rada garing. Paling sebel kalo TD dah di'bawa' keluar Rocky Beach -_- ... ga seru!!

But I LOVE PETER CRENSHAW ^_^)v..

Oh iya, kalo gue ga salah buku ketujuh yg The Fiery Eye itu ga diterbitin Garmedia deh.. kenapa ya? -dan gue harus beli versi bulenya yg cukup menguras kantyoong~-

 
At 17.4.06, Anonymous Anonymous said...

Kalo gue sih yang paling membekas adalah : Misteri Labah-labah Perak .. Waktu itu kayaknya keren banget .. Dulu gue suka minjem dari Om gue dan dia tuh punya koleksinya lengkap .. kalo gak salah harganya dulu 3000an ....Ada yang tinggal di belanda dan punya koleksi trio detektif gak ya ?

 
At 27.4.06, Blogger Ronn said...

WAAAAHH....
Bacaan wajib gw pas SD!!!!!!
Koleksi gw (warisan dr abang) jg udah pada ngilang entah kemana... hiks!

Jd pengen hunting lagi.... ngumpulin TD.

Favorit gw... Misteri Gua Raungan

Hmm.... Pasukan Mau Tahu dan Sapta Siaga dibahas juga dong!!!!

 
At 22.5.06, Blogger Astrid said...

gilaaaaa....gue ngefans abis sama TD!! Masih ngelengkapin koleksinya sampe sekarang karna ada beberapa yg belum punya...Beberapa yg serem banget tuh yg misteri anjing siluman (ada hantu pastor beneran) ama misteri penculikan kolektor serakah...

Sayang ada yg bikin TD seri remaja...basi banget menurut gue karna karakternya dah pada berubah gitu..Nggak seru!

 
At 24.5.06, Blogger Blue said...

waaah, jadi inget masa2 kecil dulu :)...btw, serial Lupus masuk 80-an juga gak?

 
At 7.8.06, Anonymous Anonymous said...

Wah, dulu sempet punya lengkap neh koleksinya tapi sekarang udah ngga jelas dimana.
Dimana ya bisa dapetin koleksi2 Trio Detektif ini? bekas ngga apa2 asal masih bagus.
Nuhun.

 
At 15.8.06, Anonymous Anonymous said...

Trio detektif yg paling gw inget ya si Alfred Hithcock bener gak sih nulisnya yg slalu jadi kameo, ada yg jelasin kenapa begitu.
tapi jujur gw baca ini dari tumpukan buku2nya kakak sepupu gw disebuah sore pada tahun 2000, jadi dah lewat 2 dekade dari era 80-an heheheheh....

deduksinya gak kalah sama komik detektif conan, bahkan kalo gw bilang ada beberapa bagian dari serial komik itu yg terinspirasi (bahasa teramat halus pengganti kata nyontek) dari trio detektif itu....

eh bahas deni manusia ikan dunk....blup blup klup plb

 
At 15.8.06, Anonymous Anonymous said...

Trio detektif yg paling gw inget ya si Alfred Hithcock bener gak sih nulisnya yg slalu jadi kameo, ada yg jelasin kenapa begitu.
tapi jujur gw baca ini dari tumpukan buku2nya kakak sepupu gw disebuah sore pada tahun 2000, jadi dah lewat 2 dekade dari era 80-an heheheheh....

deduksinya gak kalah sama komik detektif conan, bahkan kalo gw bilang ada beberapa bagian dari serial komik itu yg terinspirasi (bahasa teramat halus pengganti kata nyontek) dari trio detektif itu....

eh bahas deni manusia ikan dunk....blup blup klup plb

 
At 8.10.06, Anonymous Anonymous said...

To to to be or not to be , that's the question ....
Baker Street 222 B !

aku masih inget ketika si Jupe berhasil mendecrypt pesan salah satu nuri yang gagap itu (nuri tapi tahunya beo yahhh ??? )

And that's lead a pipe cinch !
Pipa timah panjang isi lukisan antik yang mahal

Gitu kan ? Cihuyy, aku masih pake seragam putih merah waktu pinjem itu novel "Misteri Nuri Gagap" dari teman sekelas :D

 
At 2.11.06, Anonymous Anonymous said...

wuahahahaaa...TD pnyaku msh lengkap komplit plit plit...dulu msh kcil klo beli smbunyi2 soalnya klo ketahuan kena semprot mami...dulu tiap abs beli kyk ngrasa bdosa gtuuu...tp skrag wauuahhhh buangga 1/2 mati....trnyt aku salah satu otak pelaku masa 80-an hahahaa...TD ptama yg ku baca msteri jeritan jam,ak msh kls 5 sd,bku itu dpt d kost blakang rmhku..udh usang tp msh lngkap...mulai itu saat jth cnt ma trio dtektif...'..mnurutmu bgmn satu...' hehehe msh inget kan....klo pter pnggil jupe yng agak tambun..nostalgila abis...

 
At 20.11.06, Anonymous Anonymous said...

Hello Mr/Miss. Q
yg "one lily, kill my friend Eli" itu di "misteri jeritan jam" bukan di "misteri hantu hijau". barusan baca versi inggrisnya. :)

 
At 22.1.07, Blogger Niken said...

Ohohohoh.....

Aku cintaaaaaa sekali Trio Detektif. Setiap kali ditanya orang buku apa yang paling menginspirasi hidupmu, selalu dijawab dengan TRIO DETEKTIF!

Ternyata gw ga sendirian ya. Ayo kita bikin Klab Pecinta Jupiter Jones, yuk. Hehehe...!

 
At 25.1.07, Anonymous Anonymous said...

pas udah digantiin Hector Sebastian (bukan Alfred Hitckok) udah ga seru lagi ceritanya

 
At 12.2.07, Blogger Unknown said...

This comment has been removed by the author.

 
At 12.2.07, Blogger Unknown said...

Selain STOP, Lima Sekawan, Sapta Siaga ada juga serial Serial Detektif Cilik pada inget gak ?

Yang Hawke sama Amy nama tokoh2nya.

Setiap bab pasti ada kisah misteri dan jawaban misteri itu ada di bagian belakang bukunya DENGAN TULISAN KEBALIK (bacanya musti pake kaca) asli dah bikin puyeng,

trus format Buku Pasukan Mau Tahu yang paling seru itu yg Buku gede dan di bagian belakangnya ada gambar2 tokoh yang dicurigai bersalah dan bisa dibuka tutup gambarnya untuk tahu apa dugaan kita benar,

kalau tebakan kita benar pasti ada tulisan:

BENAR, PAK CROCH MENYATAKAN BAHWA DIA....

btw, pada inget smurf, agen polisi 515, steven something (yg kaya superman) sama komik Lucky Luke ga sih ? *masih inget dalton bersaudara*

alahhhhhhhh tua banget ya gua :D

 
At 19.2.07, Blogger Sunaryo Sun said...

wah, pada inget asterix ga :D

btw, trio detektip bacaan yg bikin aku ga bisa kemana2 selama minimal 4 jam. soalnya kl udah baca ga mau brenti baca sampe selese.

aku mungkin udah baca ampir 40an serinya :)

sekarang udah susah cari tuh... dulu punyaku banyak yg aku loakin. sayang yaa

 
At 21.2.07, Anonymous Anonymous said...

hehehe,.. gileee bennnerr,..
serasa terlempar kembali ke masa SD saya dulu.. era 1987-1993...
TD pertama yang saya baca adalah "Misteri Kucing Bengkok"... setelah itu jadi ketagihan deh...
bahkan sampe terobsesi bikin club detektif gaya TD gitu deh...
kebetulan saya punya 2 sohib yang selalu bareng pulang. Dan keduanya mirip2 lah karakternya dengan Pete dan Bob.. jadilah gue Jupe nya... hahahaha... pulang sekolah gak langsung pulang,... kita coba-coba menylidik ke rumah kosong yang sering kita lewati... mengamati hal2 aneh sampe terobsesi bikin markas di loteng! hahhhaha..

ancuuuur dah....

 
At 20.3.07, Anonymous Anonymous said...

wah...ulasannya bikin gue terbawa suasana kemasa dulu...walaupun gue ngga mampu beli seri si TD ini..tapi gue bisa baca semua ceritanye...kebetulan "perpus" disekolah gue dulu punya serial ini lumayan komplit...ada LIMA SEKAWAN juga...dengan RAHASIA PULAU KIRIN-nya...kalo ngga salah LS jg pernah difilm-min yah...nah yg TD ini gue masih hapal cerita yg harta karunnya BAJAK LAUT yg legendaris itu loh...udah gitu jalan "rahasia" kemarkasnya yg bikin asyik...eh, gue mau anak2 uge baca serial ini...bisa gue dapetin dimana ya buku2nye..yg bekas2 juga boleh deh...soalnya isinya petualangan...biar anak2 gue punya imaji yg seru2...
yg tau japri ke gue ya..nenis@sunrise-textiles.com
hatur nuhun...
oya..penulis lokal yg bikin buku serial yg ada gambar gayung-nye BUNG SMASH...seru juga loh..beliau tinggal deket rumah...trus gue dulu pernah maen kerumahnya...mau kenalan...tapi ngga jadi...karena pas liat wajahnya yg brewokan..jadi nyeremin...hehehe

 
At 11.6.07, Anonymous Anonymous said...

HOIII... PADA NGOMONG APAAN TUH..? GUE KENAL ABIS NEH AMA NYANG NAMANYA SI PAK ROBERT ARTHUR. GUE SIH GA PUNYA KOLEKSINYA "TD", TAPI GUE DAH BACA SEMUA SERINYA GA ADA YG KETINGGAL TERMASUK YG DITULIS AME OOM MARC ZAHN. YG PALING OKE CERITANYA TUH 'MISTERI KEMELUT KEMBAR'. TAPI SUMPEH LHO... GUE BARU TAU KALO PAK ALFRED HITCHCOCK TUH BUKAN PENULISNYA, MELAINKAN PAK YG SATUNYA TADI. HEHE HEE.. KALO ADA YG NGE-LEGO KOLEKSI "TD"NYA (DGN SYARAT MSH OKE & LENGKAP), KONTAK GUE KE c4ryback@yahoo.com YEE....

 
At 14.6.07, Anonymous Anonymous said...

Ada yang pernah baca MISTERI TEKA TEKI ANEH ga yah? Kalo aku paling terkesan ma yang itu

Rima di puisi adalah penunjuk jalan ke tempat harta karun

tapi ternyata ujung2nya, dari larik pertama, bisa ke langsung larik terakhir

Kuereeeeen

 
At 3.8.07, Blogger hessti said...

trio detektif ternyata memang mampu membangkitkan imajinasi anak pada masanya. apa karena pada waktu itu, TV belum serame sekarang ya? jadi pada rajin baca.
abis baca artikel ini, langsung g bongkar koleksi TD g. ternyata tinggal 4.
sedih dan merasa nysel banget. karena dulu temen2 klu minjem pada lupa balikin dan sebelnya (kenpa) g males nagih ya?

the best TD menurut g, Misteri Puri setan. g punya yang udah lama banget, kertasnya dah coklat, tapi justru berkesan.

Blog 80...
KAMU HARUS TANGGUNG JAWAB KARENA SKR G LAGI GIAT LAGI KOLEKSI TD YANG EDISI LAMA!!
:))

hiks.. hiks.. hiks...

 
At 28.8.07, Anonymous Anonymous said...

jadi inget dulu jaman smp....bela2in pulang sekolah jalan kaki dan gak jajan di sekolah...ngirit 500 rp per hari...3 hari dapat satu buku...trio detektif, lima sekawan, pasukan mau tahu, sapta siaga, seri petualangan...

 
At 17.9.07, Anonymous Anonymous said...

mmm... Nostalgia... dari SMP sampai SMA udah kebaca semuanya. Yang masih berkesan Misteri Nuri Gagap, Misteri Naga Batuk, Misteri Teka-Teki Aneh.

Kalau ada yang mau ng'jual buku TD dg judul apapun (kondisi bagus), japri ke yoni_cpp@yahoo.com.

 
At 1.11.07, Anonymous Anonymous said...

wah, ternyata banyak ya yang pengen nyari buku2nya TD. kalo buku2 TD-ku sih biar ditawar berapapun gak bakal kulepas, abisnya selain lengkap (dari #1 sampe 43, termasuk yang versi dewasanya) juga sekitar 80% in good condition *bangga mode: on* ehhehe...

awalnya dulu justru karena Ibuku bosen ngeliat anaknya cuma baca komik doang. akhirnya sejak umur 6-7 taun beliau selalu menjejali otakku dengan novel2 bermutu, minimal satu novel per bulan.

tapi gara2 baca TD sejak SD, kepribadianku jadi terpengaruh ama Jupe nih. termasuk juga dengan bentuk tubuh...*tersipu malu*

 
At 22.11.07, Anonymous Anonymous said...

TD yg paling serem itu Misteri Puri Setan, asli dulu sampe ngga berani tinggal di rumah sendirian gara2 baca ini

 
At 12.12.07, Blogger Unknown said...

Selain Misteri Warisan Hitchcock dan Misteri Cakar Perunggu, ada lagi ga yang diterbitin di internet? Secara gw cuma sempet baca waktu istirahat kantor, lumayan banget dari pada ngerumpi... Kasih2 kabar ke gw ya Guys....

 
At 8.1.08, Anonymous Anonymous said...

teka teki
take one lily
and kill my friend Eli,hapus huruf e pada "One dan Li di Lily
jadinya kan "Only", teka teki ini adanya di seri Misteri Jeritan Jam, Bukannya misteri Nuri Gagap.Memang keduanya mbahas pencurian lukisan,tapi klo yang nuri tuh pake takhnik melapisi lukisan asli dg lukisan murahan dan kuncinya ada di kata - kata nuri tadi. Aku inget bgt cause koleksiku lengkap, sampe skrg masi ada.

 
At 16.1.08, Anonymous Anonymous said...

Wah, baru sekarang saya baca artikel berbahasa populer tapi bisa mengharu biru perasaan. Saya mulai baca TD di perpus SMP, dikenalkan oleh seorang teman sekelas. Dan saya ketagihan. Karena waktu peminjaman harus 3 hari (tidak boleh kurang ataupun lebih), saya sering bertukar judul dengan teman itu. Artinya, saya an teman saya itu hanya membacanya sehari semalam (saking asyiknya). Akhirnya, sebelum menginjak kelas 2, saya sudah mengkhatamkan semua judul TD saat itu (belum termasuk ketika Hitchcock diceritakan sudah meninggal). Yang paling seram adalah Misteri Anjing Siluman karena ada hantu benerannya, tapi yang paling asyik adalah Misteri Teka-Teki Aneh.

 
At 25.3.08, Anonymous Anonymous said...

hi all, gue waktu sd-smp koleksi trio detektif, hampir lengkap sampai no 42, tapi sudah hilang waktu pindahan rumah. Hari minggu kemarin gue jalan2 ke kwitang n nemu buku trio detektif dari no 1-43 kurang no 3,4 dan 31. Jadi gue beli semuanya, cuma 4000/buku dan kondisi lumayan. I'm very lucky hehehe

 
At 10.4.08, Anonymous Anonymous said...

Wah ini dia favorit aku selain Lima Sekawan semasa SD-SMA tahun 80an. Aku demen banget dengan metode penelitian Trio Detektif, cara berpikir and analisa mereka yang kalo buat aku yang waktu itu remaja ABG jenius banget deh! Aku jadi inget judul2 favoritku antara lain Misteri Nuri Gagap (yang di perkampungan Latin dan nurinya ketuker itu kan -- kalo gak salah), Misteri Laba-laba Perak (yang settingnya di Chinatown San Francisco) dan Misteri Bisikan Mumi. Sebenernya semua ok punya sih, seneng bacanya karena ikut melibatkan otak kita bekerja dan auranya misterius! Wah, buku2 aku ditinggal di rumah ortu -- sekarang nyari di Gramedia udah gak ada (atau ada x ya di kota lain soalnya saya sekarang tinggal di Bali dan udah aku ubek2 semua Gramedia di Bali tapi gak nemu...)
Salut buat yang punya ide ngebahas Trio Detektif.
Bravo Trio Detektif dan Era 80an!

 
At 24.5.08, Anonymous Anonymous said...

akhirnya aku menemukan lagi tentang trio detektif.. asyik...

skrg masih ada engga ya...
maklum haya mampu rental

 
At 6.6.08, Anonymous Anonymous said...

wahhhhhh,,,senangnya ketemu trio detektif lagi, ini dia niy buku yang menginspirasiku untuk jadi detektif,,,sayangnya gak ada sekolahan untuk jadi detektif, karena sewaktu sma guru BP tanya ke aku mau jadi apa nanti, aku bilang jadi detektif, terus sekolah dimana, ya,,tidak tahu,, seandainya bisa punya kemampuan dan markas rahasia seperti TD,,,pasti seru buanget,,,;p

 
At 14.6.08, Anonymous Anonymous said...

yg kurang blm dibahas, rivalnya si Jupe yg anak org kaya & udah pny SIM itu.. Skinny sapa gitu..
Trs, 2 org asisten Pamannya Jupe yg org jerman, kdg2 suka bantuin jd bodyguard dadakan..

 
At 28.7.08, Anonymous Anonymous said...

Yup gw paling suka TD dibanding Lima Sekawan (LS), karena kl LS biasanya liburan dl baru ketemu misteri tp kl TD Bab 1 langsung ktm misteri wuiiihhh. tp gw tetep baca kok serial LS ;)
Satu lg gw mo ngeralat komentar penulis blog soal Misteri Hantu Hijau, disitu dia nulis kata2 yg dia inget itu adalah :one lily and kill my friend eli" , harusnya "take one lily, and kill my friend eli". Lgan itu bukan dari Misteri Hantu Hijau tp dari Misteri Jeritan Jam. Tp. tetep kerennnn dehhhh.

 
At 28.7.08, Anonymous Anonymous said...

Gw mo kasih comment soal :
Skinny Norris punya nama asli E. Skinner Norris (setau gw belum pernah ditulis "E" itu panjangan dari apa), dia adalah musuh bebuyutan TD terutama Jupe, karena dia selalu merasa gak mau kalah maka dia benci bgt ma TD.
Skinny kemana2 selalu naik mobil sport warna merah, dia punya Sim karena selama musim panas dia tinggal di negara bagian lain yg punya peraturan batas umur lebih rendah soal kepemilikan SIM.
tnx.
angga_arieP@yahoo.co.id

 
At 5.10.08, Blogger elsa said...

waaaahhhh....asli aku suka banget baca nove2 nya trio detectiv. Soalnya ceritanya tuh keren2 banget. Penuh dengan kejutan dan hal2 yang gak tarfikirkan sebelumnya, n menurutku penulisnya tuh kreatif bangeeeet. Jadi penasaran umurnya berapa??. Tapi sayang,,,,terakhir aku baca novel ini
waktu di SMP, cuma pinjem aja di perpus gitu, maklum di kubar gak ada yang jual2 novel trio detectiv. Makanya sekarang tuh rasanya kangeeen banget pengen baca lagi novelnya, tapi belinya dimana ya????....mumpung aku sekarang lagi di jakarta, tapi kalo harganya gak mahal2 amt zi...email ke alamatku yacchhh???

 
At 6.11.08, Blogger Narcs said...

Emang trio detektif keren abizzz

 
At 24.5.10, Blogger Megaspace said...

aku kenal ma trio detektif waktu kls 1 SMA dan skrg aku udah kuliah smt 8. aku suka bgt ma cerita2 trio dtektif. cuman aku kesulitan gi2 bwt dpt bukunya. so aku bcx lwt internet doank. tapi syukur deh. btw trio dtektiv itu ada film jg ya?

 
At 1.7.11, Anonymous Jazzy said...

Misteri Naga Batuk (14) - yang pertama aku baca.
Misteri Cermin Berhantu (21) - yang pertama aku beli.
Misteri Anjing Siluman (23) - yang ini setannya ga terungkap, alias hantu beneran. Hiiii....

 
At 18.2.13, Anonymous pericles said...

Buku2 TD yg berkesan,
Misteri Boneka Beringas, ngga nyangka penjahatnya banyak bener...
Misteri Jeritan Jam, Misteri Teka Teki Aneh, Misteri Pulau Siluman, Misteri Kuda Tanpa Kepala. Teka tekinya keren2.
Misteri Pengemis Buta Bermuka Rusak, sedih banget, Alfred Hitchcock tempat mereka biasa memberikan laporan, diceritakan telah meninggal, dan posisinya digantikan oleh Mr. Sebastian.
Kalo di Mr Sebastian, asiknya itu pas nerka2 kokinya si Huang Van Donn menghidangkan mereka dengan masakan yg berbeda2 tiap bukunya.
Let's remember the good old times

 
At 1.2.14, Anonymous Anonymous said...

Boleh beli buku Trio detctivenya gakk?

 
At 14.3.14, Blogger Unknown said...

aq bukn anak thn 80an karna aq lahir thn 90an tp aq suka bgt cerita TD apalg yg judul x Warisan Hitchcock. ada yg pux ebook TD misteri bayangan tertawa versi pdf? aq mau koleksi versi pdf neh. aq dah pux dr seri 1 mpe yg misteri tengkorak berbicara

 
At 2.3.17, Blogger Unknown said...

Kenal novel ini wktu gw jaman smp dlu, itupun dri perpus skolah, udh gtu serinya ngg lengkap. Skrg gw mulai baca lgi dri awal, itupun gw cari2 di internet. Pngen jg ngoleksi yg bntuk novelnya. Brang kali ada yg minat jual atw tau gmna cara dpetinnya, ya walopun gw ngg yakin tuh novel msih ada di tko buku ampe skrg ��

 
At 2.3.17, Blogger Unknown said...

Msih bnyak seri lainnya stlah seri itu, sma gwpun cm bisa bca lewat ebook

 

Post a Comment

<< Home