Wednesday, July 13, 2005

Losmen

Kalo ngaku ngga pernah tau ato ngga pernah nonton drama seri ini, ampun deh!

Kemana aja tiap hari Rabu jam 9.30 malem?

Hihihihihi … Harap maklum kalo gue sampe agak-agak apal karena gimanapun juga acara ini adalah acara wajib tonton, dimana istilah ‘sinetron’ belum ngetop, dan drama seri lainnya juga ngga sebagus Keluarga Broto ini. Apalagi sejak gue tau bahwa pemeran Sangaji di serial Rumah Masa Depan tuh aslinya ngga sepinter yang di tipi, malah sempet ngga naik kelas segala. Huh! Langsung gue kecewa setelah tau berita ini yang gue baca di majalah Kartini langganan nyak gue.

Anyway, balik lagi ke Losmen, for the sake of yang ngga pernah nonton tipi tadi, drama seri ini berkisah tentang Keluarga Broto yang baru saja pensiun, dan mutusin buat bikin tempat penginepan berbentuk losmen di satu tempat di Jogja. Dan ngga usah bingung kalo Jogja bisa bersih banget, secara drama seri ini dibikinnya di studio TVRI dong bo, lengkap dengan fake taneman dan fake pager! Tapi teteup aja ada yang kekeuh dateng ke Jogja buktiin kalo losmen-nya Pak Broto, si Losmen Srikandi ini, bener-bener ada!

Padahal, yang ngejalanin losmen ini sehari-harinya adalah Bu Broto yang selalu rapi bersanggul dalam setiap saat dan kesempatan, karena emang dia yang keukeuh buat buka bisnis losmen ini. Maklum, saat itu Pak Broto barusan pensiun, jadi kena post-power syndrome, dan di episode-episode pertama emang dikeliatanin kalo Pak Broto ini kerjaannya cuman duduk-duduk di teras losmen sambil megang ukulele, baru deh terakhir-terakhir ikut bantuin si losmen ini.

Dan gue inget banget juga kalo banyak episode awal ini yang ceritanya masih seputar keluarga Broto ini terkaget-kaget ama gaya hidup mereka yang berubah, dulunya biasa nerima gaji pegawai negeri, eh sekarang kudu nyari duit sendiri. Pas awal losmen berdiri, si Tarjo, anak cowok satu-satunya di keluarga ini, pernah disuruh ke terminal nawarin losmen mereka ke turis-turis. Begitu balik ga bawa tamu, bu Broto marah-marah dong, dan makin marah setelah tau kalo Tarjo ternyata malu musti nawarin losmen di keramaian gituh, huhuhuhu … Lengkap dengan jaket lusuh warna coklat yang digulung sampe lengan tentunya!

Selaen Tarjo, dua anak yang laen adalah Mbak Pur si perawan tua, dan Jeng Sri yang paling muda tapi dah married duluan. Kasiannya, si Jeng Sri ini harus cerai dari suaminya dan akhirnya sambil bawa anak laki-lakinya musti balik lagi ke Jogja dan ikut ngurusin losmen ini.

Aduh bo, panjang banget ya ceritanya! Makin seru lagi kalo ngeliatin sapa yang maen, apalagi KKN-nya!

Jadi gini. Tau lah ya, kalo Mieke Wijaya maen jadi Bu Broto (secara waktu itu Mieke Wijaya juga maen di Rumah Masa Depan jadi ibu galak yang istrinya pengusaha batako, gue salut ama pemaen watak satu ini!), Mang Udel yang maen jadi Pak Broto , trus Mathias Muchus jadi Tarjo, Ida Leman jadi Mbak Pur dan Dewi Yull jadi Jeng Sri.
Nah, trus siapa yang maenin anaknya Jeng Sri?
Tak lain dan tak bukan adalah …. jreeenngg … Mario, tak lain tak bukan adalah anak Ida Leman dan almarhum Irwinsyah, sutradara beken pembuat sinetron Sayekti & Hanafi itu!
Si imut Mario ini masih umur 8-9 taun waktu itu bo, sekarang masih ga yah? :D

Tapi itu belum seberapa. Yang lebih nista lagi terjadi di satu episode, dimana bintang tamunya … jreeennggg …. Nia Zulkarnaen! Tentu saja orang langsung ngeh dong kalo dia anaknya Mieke Wijaya in real life. Dengan rambut pendek pipi chubby malu-malu, ceritanya dia nih jadi tamu di losmen Srikandi itu yang kesengsem ama Tarjo. Di salah satu adegannya, gue inget banget ada dialog ini:

Tarjo : “Kamu cantik sekali”
Nia (gue lupa nama perannya) : “Ah, kamu bisa aja”
Tarjo : “Beneran koq. Orang bilang kamu mirip ama mama aku”

Ih sumpah boooo … gue dan sekeluarga berikut anak2 kos tempat kami yang nonton langsung pada ngakak! Padahal kalo diliat sekarang, paling komentar “males deh ihhh!” Hihihi …

Dan tentunya nge-fans nya keluarga gue terhadap serial ini berlanjut sampe dateng ke premier film version nya Losmen yang dikasih judul “Penginapan Bu Broto”, dengan Marissa Haque sebagai pacarnya Tarjo, dan losmennya sumpah jelek banget! Jadi kaya hotel gede dengan hiasan2 Jawa di lobby nya. Ingatlah bahwa gue yang masih kelas 3 SD udah diajak dateng ke premier pelem jam 10 malem, dibela-belain gara2 Mieke Wijaya ama Mang Udel dateng langsung dong! Hohohoho!

Sayang, yang gue denger ga berlanjutnya serial ini gara-gara ada ribut-ribut antara tim nya Tatik Malyati si penulis cerita serial ini ama TVRI, ato ama Mieke Wijaya dkk. yah, gara-gara pelem nya Losmen ini dibikin tanpa ijinnya mereka. Mereka ini siapa ya ngga tau juga gue, secara waktu itu belum ada infotainment, ada juga cuman bagian kritik film di majalah Jakarta-Jakarta, dimana pelem Penginapan Bu Broto ini dikasih 2 lingkaran, yang artinya: Cukup Jelek! Hihihihihi …

(hasil survey dari sms berbunyi “nama losmen di serial losmen apa ya?” ke semua orang yang tercantum sebagai contributor ini menunjukkan bahwa … Agus dan Pram sebagai orang tercepat paling tanggap, sekaligus membuktikan ke-jadul-an mereka! *applause, please!* :D
Rio, kami ragukan kemampuan 80-an mu yah, secara kau ngeh-ngeh aja kalo gue bilang nama losmennya Lestari, hihihihi! Qyu, walopun dirimu jago juga, tapi karena keduluan ama dua pria jamdul itu, jadi elo kebagian narsisnya doang gpp kan? :p)

37 Comments:

At 13.7.05, Blogger Unknown said...

aaaiiiih, salut deh gw ama loe mpal. masih inget aja sampe beberapa detil scene nya, tapi untung gw nggak nonton pilem nya losmen bu broto itu, lantaran apa ya...gw juga lupa.
tapi yang gw inget kenapa drama losmen itu bubar, lantaran mereka ngadain roadshow ke daerah, tapi naskahnya yang bikin bukan tatik malyati, melainkan dicky zulkarnaen, getoh

 
At 13.7.05, Anonymous Anonymous said...

waduuh.. detail banget :P pengumpulan datanya berapa lama nih? :D

Salah satu pelopor sinetron Indonesia. Waktu itu diputernya masih sebulan sekali kan? lama banget untuk nunggu episode selanjutnya. Kerinduan itu yang bikin setiap kali nonton jadi terpesona :D Tapi ceritanya sendiri emang menarik kok, membumi gitu lah. Latarbelakangnya njawani banget. Cuma si Tarjo yang kalo ngomong jawa nggak pas. Kayak temen kuliahku yang asal jakarta, walopun udah menguasai bahasa jawa, tapi tetep logatnya jakarta banget.

Jeng Sri isinya kebanyakan nangis mulu. Terus kalo nyeritain masakan losmen yang katanya enak2 itu, aduh bisa bikin ngiler :D

 
At 13.7.05, Blogger Nauval Yazid said...

Van,
aduh makasih banget info tambahannya! lah, emang apa hubungannya ya alm. dicky zulkarnaen bikin naskah buat roadshow nya losmen? gila, gimana ga kkn makmur jaman gitu, secara sinetron aja diembat! :p

 
At 13.7.05, Blogger Nauval Yazid said...

Q,
nah itu dia, gue agak-agak malu mengakui bahwa ... ga perlu research, secara tulisan ini baru gue buat ketika gue ngirim sms tadi, dan langsung jadi! hihihihi ... ketauan banci sinetron nya gue, tapi sinetron jaman dulu doang lho ya :p

dan sekarang gue jadi meragu, apa bener sebulan sekali, koq lama bener ... seminggu sekali deh perasaan .. ato 2 minggu sekali? tapi ngga sampe sebulan sekali koq, kasian bener kayanya yang maen ama yang nonton kalo sebulan sekali, sama-sama rugi :D

ya harap dimaklumi lah kalo tarjo nya agak aneh, secara mathias muchus bukan orang jawa juga kan? ;)

 
At 13.7.05, Blogger dina susilo said...

Lengkap banget :).
Selain pemainnya, aku cuma ingat setting losmen yang ada panggung rendah tempat gamelan di samping pintu masuk.

 
At 13.7.05, Blogger Nauval Yazid said...

mbak Eni,
ooohhhh! iya! bener banget tuh, makasih ya! diem2 apal juga ternyata :d
iya, disitu tempatnya pak Broto kalo lagi leyeh2 sambil kipas2 ato maen ukulele nya itu, emang jadinya si panggung rendah itu dibikin kaya pendopo.
eh bener kan yah, pendopo?!

 
At 13.7.05, Anonymous Anonymous said...

Seingatku memang sebulan sekali kok Val... Aku inget kalo minggu kesekian acara yang paling aku tunggu2 adalah Losmen, minggu kesekian Selekta Pop, minggu kesekian lagi Apresiasi Film Indonesia.. :D hahaha..
Aku lupa apa setelah itu berubah jadi dua minggu sekali.

Sinetron mingguan yang pertama kali dibuat itu kan "Lingkaran" yang bertema detektif itu. Tapi sama sekali nggak membekas, ceritanya nggak jelas. Aku inget sempat terheran2 dengan munculnya sinetron mingguan, waaah syutingnya harus tiap hari dong ya, kerja keras banget ya...

Baru kemudian ada sinetron ACI, ama Rumah Masa Depan, yang juga mingguan.

 
At 13.7.05, Blogger Nauval Yazid said...

aduh, jangan2 gue mix-up ama drama seri "Pondokan" itu kali yah mas Q! hihihihi ...

 
At 14.7.05, Blogger dina susilo said...

iya...iya...kurasa itu memang dimaksudkan sbg pendopo Val :)

 
At 14.7.05, Blogger guario said...

plis deh, gue kan emang nggak bukan pakar 80an:p. apalagi dari dulu gue jarang nonton losmen:P. malem itu biasanya gue udah masuk kamar, terus baca buku:D. gue asli nggak inget banyak soal serial ini.

 
At 18.7.05, Blogger dodY said...

sampe inget jam tayang-nya segala! heuehuehe :)

gilingan padi.... ini riset komprehensif pake ngumpulin data brp lama yaakkzz :)

 
At 23.7.05, Anonymous Anonymous said...

Wah.. mbak Pur itu tokoh yg gue demen banget, pokoknya gak bakal lewat deh... jam tayang losmen bisa mengalahkan semua janji termasuk acara diapelin... ha ha ha.....

 
At 29.10.05, Anonymous Anonymous said...

Share sedikit ya,
Seri "Pondokan" sudah masuk list kalian belum ya?
Gara-gara "Pondokan" lagunya Dolly Parton yang berjudul "You" sempat popular banget, padahal lagu "You" termasuk lagu Jadul.
Pemainnya Nani Wijaya, Bu Hebring (sampe lupa nama aslinya), Teti Lies Indriati, Nani Sugianto dll.

Salam,
Ekawan

 
At 31.10.05, Blogger Unknown said...

kalau nggak salah ada satu karakter lain yang cukup kuat lho..

Pembantunya bu broto yang laki-laki, wah...lupa aku namanya.

Salah satu episodenya ada yang nyeritain kalau dia itu menghamili seseorang...

wah..lupaaaaaaaa...

 
At 15.11.05, Blogger iway disini said...

pengen sharing kenistaan diriku di era-80 an hehehhehe
ada satu tokoh yang disebutin di artikel itu, Pak Atmo (Sutopo H.S), beliau adalah pelayan setia keluarga broto yang akhirnya jadi juga pelayan losmen, waktu pak broto baru pensiun, pak broto kena post power syndrom, so pak broto ini masih gemar pake baju safari kemana-mana, yang jadi korban ya pak atmo ini, nyucinya berat boo ;P
Jeng sri punya suami namanya Mas Jarot (kalo ga salah diperankan oleh Eeng Saptahadi), Mas Jarot ini pelukis idealis gimana gitu, suatu waktu dia pameran n gagal total, jadinya Mas Jarot depresi berat alias stresss, mungkin itu yang membuat mereka jadi cerai, setau gw dulu penulis skenarionya tatik maliyati W.S dan sutradaranya adalah suaminya sendiri Wahyu Sihombing (smoga bener)
duh, nista banget sih gw hehehe

 
At 24.11.05, Anonymous Anonymous said...

Penulis hebat euy!
Seingatku ada karakter yang kuat tapi lupa diliput, itu lho Didi Petet yang bermain sebagai wartawan, nama karakternya Mas parto atau sapa ya .. lupa hi hi..

 
At 7.1.06, Anonymous Anonymous said...

iya saya jadi ingat ini sinetron,kalo nonton rame2 di tetangga sebelah gara2 aku gak punya tipi......khas jawa banget,cuman kalo boleh tahu selain serial losmen dulu kan juga ada serial sejenis yang main nani sugianto ama gladis suwandi,aku masih ingat bener si nani sugianto nyanyi pake gitar mother how are you to day....heheheh,tapi aku lupa apa judul sinetron itu.

 
At 11.1.06, Anonymous Anonymous said...

Gile .. salut .. Serial Losmen emang Full pemaen watak .. walaupun sederhana dan jadul namun karakter tokohnya suangat kuat .. suanget berbeda dengan sinetron jaman skrg .. mana ada lagi tokoh yang mengakar?
Ada Didi Petet yang berperan sebagai Mas Partono yang dari Travel Agent mensuplai turis untuk nginep di losmen srikandi.
Trus yang berbekas lagi tuh ternyata Pak Atmo (Sutopo HS) tuh dikisahkan memiliki masa lalu yang kelam .. bahkan pernah 'membunuh?? (lupa..) dan nama aslinya kalo ngga salah bukan Atmo .. tapi Pak Jayeng ..

 
At 12.1.06, Blogger Nita Sellya said...

si mario sekarang udah jadi anggota Band Sajama Cut, masih imut tentunya :D

 
At 2.4.06, Anonymous Anonymous said...

Ada tokoh lain yang gua ingat, diperankan oleh aktris berbobot (maksudnya berat badannya ), Tarida Gloria. Berperan sebagai temannya Bu Broto kalau nggak salah.

 
At 2.4.06, Anonymous Anonymous said...

Ada tokoh lain yang gua ingat, diperankan oleh aktris berbobot (maksudnya berat badannya ), Tarida Gloria. Berperan sebagai temannya Bu Broto kalau nggak salah.

 
At 18.4.06, Anonymous Anonymous said...

MARIO!!!wah skrng dah punya cewe blom??hehe..you're so damn cute honestly!!!!selain ngejamm lg sibuk ngapain lg??kuliah dmana sich?!umur brp?!

full of thanks,

ur secret admirer..

 
At 19.4.06, Blogger Prelude, Interlude, Coda said...

aduhhh.. jadi inget... bela belain tidur malem gara2 nungguin Losmen!!!

eekekekkekeek...

adegan yg paling diinged waktu ada tamu hotel gy nemuin bangke cicekz di sup-nya..iyyyyyhhh.. terus ngadu ke bu broto... trus makanannya diganti...**ga taunya persaingan bisnis** :D :D

besoknya gw kalo mo makan .. harus waspada.. supaya ga nemu bangek cicekz... ekekeeke

 
At 21.4.06, Anonymous Anonymous said...

buat kalian semua, thx banget ya. berkat tulisan losmen ini gw bisa nemu pengantar yang tepat untuk tulisan wawancara dg matias muchus. kemarn gw wawancara dia untuk media gw. karena gak ada sangkutan topik yang aktual, ya gw cari2 aja, nemu deh, entry pointnya dari dedikasinya sebagai aktor lebih dari 20th. dimulaid ari losmen sampe sekarang...hehehe gw pake scene yang dia dimarahin bu broto untuk pembuka tulisan...sekali lagi thx teman2...btw, gw juga maniak 80-an kok..90-an apalagi, karena gw lebih cuneng ama 90-an, maklum udah remaja...

 
At 22.11.06, Anonymous Anonymous said...

"adegan yg paling diinged waktu ada tamu hotel gy nemuin bangke cicekz di sup-nya..iyyyyyhhh.. terus ngadu ke bu broto... trus makanannya diganti...**ga taunya persaingan bisnis** :D :D"

hehe, gw juga inget banget tuh episode yg itu. sampe sekarang masih sering kebayang2 gimana kalo beneran nemu cicak di makanan...

kalo gak salah nama tamunya itu Pak Jayus, orangnya agak2 botak gitu ya?

 
At 27.11.06, Anonymous Anonymous said...

yg gue paling inget, di salah satu episode ada scene yg si tarjo main gitar dan bawain lagu IF nya BRED...

besoknya pada sibuk nyari teks lagu itu.....

 
At 11.12.06, Anonymous Anonymous said...

ngomongin losmen, jadi inget setting dapurnya yg bener2 "minimalis" hehehe trus mbak Pur yg masak dg porsi dikiiit bgt mang cukup buat penghuni losmen yg banyak itu kekkeke..nama losmennya Srikandi ya...

 
At 19.1.07, Anonymous Anonymous said...

Yup ini drama seri wajib tonton sehabis acara favorit juga "Dunia Dalam Berita" heheeh

 
At 12.2.07, Blogger Unknown said...

pondokan bukannya ada yayuk suseno juga yak?

 
At 9.11.07, Anonymous Anonymous said...

Losmen...selalu aku tungggu penayangannya. Padahal wakt itu aku masih kecil, sekitar sd - smp.
mau koreksi dikit nih, Mario nggak main jadi anaknya Jeng Sri, tapi jadi anaknya tamu yg dititipkan sama mbak pur.TQ

 
At 5.12.07, Anonymous Anonymous said...

waaahhhh... dulu gw selalu always nungguin drama seri Losmen tuh...
Dan... hehehe... sempet kesengsem sama tokoh Tarjo... abis ganteng pisan sih si mas Mathias Muchus ini... sampe sekarang masih menggemari dia...
Ehhh... kok ya ndilalah adekku sekarang banyak bantuin istrinya (Mira Lesmana) =p lho... apa hubungannya??? hehehe..
satu lagi... Ida Iasha juga pernah tuh jadi pemain tamu di Losmen, tapi lupa perannya apa...

ralat mengenai lagunya si Dolly Parton di drama seri Pondokan, judulnya "You Are" bukan "You"..
gw juga suka tuh drama Pondokan.
Yg jadi Bu Hebring itu Connie Sutedja... kalo dah nyerocos... gaaakkk bisa brenti apalagi kalo dah gosipin orang... =p

senangnya bisa bernostalgia ttg masa2 itu....

halah...

 
At 7.12.07, Anonymous Anonymous said...

Halo, gw baru niih, langsung aja dah, gua sampe sekarang tetap mengagumi mas tarjo, sampe sempet ikut-ikutan motor gunung bareng beliau...Kalo gw yang selalu inget kalo tamu2 di losmen lagi pada makan, kayanya nikmoaat bener makannya, jadi laper...

 
At 7.2.08, Anonymous Anonymous said...

nama gadis Bu Broto = Deborah

 
At 26.3.08, Anonymous Anonymous said...

Masakan yang paling sering dihidangkan itu SATE TAHU. Saya bayangkan sate tahu itu gemanaa getoo. Nyam...nyam

 
At 23.7.08, Anonymous Anonymous said...

hehe baru dapat 1 episode lagi nih
rekaman TVRI jadul video betamax
heheh kenangan manis deh :)

 
At 5.2.09, Blogger sinta said...

wuih seneng banget bisa nostalgia lagi.
Dou drama sari (losmen and pondokan) emang membekas banget di ingetan gw. Iya, losmen tuh seinget gw cm tayang sebulan sekalee. Jadi kalo udah adegannya kaya agak2 lambat ato gimana gitu, pasti sedih. Soalnya pasti nggak lama lagi sinetronnya bubar. Weh...sebulan lagi deh.

O ya, sekitar tahun 2004-an losmen sempet ditayangin di salah satu tv. Tp lupa stasiunnya apa, harinya apa....lupa deh. Dah gitu sampe skrg belom liat lagi.

Beberapa waktu yg lalu di metro tv (acara zona 80) datengin bintang tamu losmen and pondokan. Lucunya Sis (pembawa acara zona 80) jg maen di pondokan he he he

Sekarang mbok ya diputer lagi drama sari losmen and pondokan. Pasti dijamin seru karena yang seneng banyak.

 
At 22.12.10, Anonymous Anonymous said...

aq pgn bgd loh nonton ulang serial drama seri "penginapan bu broto" ini..gmn caranya ya...

 

Post a Comment

<< Home