Tuesday, May 02, 2006

Wajib Belajar

"Mars Wajib Belajar"


1.
Mari kita laksanakan wajib belajar
Putra-putri tunas bangsa harapan negara
Wajib belajar cerdaskan kehidupan bangsa
Tuk menuju masyarakat adil sejahtera

Reff:
Gunakan waktumu isilah hidupmu
Tekunlah belajar giatlah bekerjaaa....

Berantas kebodohan perangi kemiskinan
Habis gelap terbit terang hari depan cerlang

2.
Ayo kita giatkan wajib belajar
Jangan putus tengah jalan marilah tamatkan
Tanam ilmu sekarang petik hari depan
Cerdas terampil berwibawa penuh daya cipta

Reff:
Gunakan waktumu isilah hidupmu
Tekunlah belajar giatlah bekerjaa....

Jadikan tunas bangsa inti pembangunan
Adil makmur sejahtera merata bahagiaaa.....


Tut Wuri HandayaniLagu di atas diciptakan dalam rangka pencanangan program Wajib Belajar bagi anak berusia 7 sampai 12 tahun oleh Presiden Soeharto pada tanggal 2 Mei 1984. Jadi setiap anak usia Sekolah Dasar, yaitu usia 7 sampai 12 tahun, hukumnya wajib bersekolah, tidak boleh tidak. Walaupun tidak diikuti kebijakaan pembebasan biaya pendidikan bagi yang kurang mampu, pokoknya wajib sekolah.

Dan untuk mensukseskan program itu, semua anak sekolah harus hafal dan bisa menyanyikan lagu "Mars Wajib Belajar". Lho? emang dengan hafal lagu ini terus programnya bisa sukses gitu?... Ya, paling enggak kan, dengan didengung-dengungkan kapan saja dimana saja maka semua orang akan 'aware' tentang program ini.... Lalu, setelah 'aware'? ... Ya, moga-moga sih dilanjutkan dengan berbuat sesuatu. Meskipun, nggak janji juga ... :)


Dirigen: Qurikulum bingung



Tulisan lengkap dari artikel ini
sekarang sudah diterbitkan dalam bentuk buku
berjudul "Gaul Jadul" oleh Q Baihaqi,
terbitan Gagas Media, Juni 2009.



Segera aja dapatkan di toko buku langganan kalian yah cing...

46 Comments:

At 3.5.06, Anonymous jhajha said...

Hehehe.... sbnrnya aku lupa kalo' kmrn adalah Hari Pendidikan Nasional... baru ngeh pas lewat satu SMP yang smua muridnya lg pada upacara bendera... duh, jd kangen masa2 itu....

 
At 3.5.06, Anonymous Anonymous said...

2 mei ultah gw tuh..... :D

 
At 3.5.06, Anonymous Pria-Biru said...

Udah lama juga gua dah gak ngerasain upacara seperti jaman Rikiplik dulu,...pake baju putih topi merah, celana juga merah trus pake dasi...baca pancasila, do'a, janji siswa, nyanyi-nyanyi kecil "indonesia Raya"...trus apalagi yah...lupa gue tapi yang pasti paling takut kalo nama kita disebut oleh Kepala sekolah waktu ada pidato kecil ditengah upacara...hahahaha jadoel...jadoel..! Oke Selamat Hardiknas Deh buat Anak Gue yang kemaren ikut upacara disekolahnya. (kasihan Dia harus upacara terus setiap hari senin selama 12 Tahun !!!)

 
At 3.5.06, Anonymous EssoWenni said...

Di sekolahan saya di Bukaka sana (bertetangga dengan rumah Jusuf Kalla) ada saat-saat tertentu kami harus menyanyikan hyimne pahlawan tanpa tanda jasa. Kalau tak salah tiap sabtu. Kalau dipikir2 bapak/ibu guru saya mengidap narsis yang luar biasa, sampai mewajibkan murid2 mereka yang lugu dan imut (terutama saya) menyanyikan lagu 'puja-puji bagai berhala' ini.
Tapi kalau dipikir2 lagi, apa lagi yang mereka punya sebagai kebanggaan? gaji cuma seupil ditambah potongan sana-sini. Layak dimengerti barangkali kalau mereka butuh dipuja dan disanjung. Hitung2 sebagai hiburan di akhir bulan saat mereka kebingungan mengatur gaji....
Tapi bagaimanapun, terimakasih saya tak terhingga untuk Bapak/Ibu guru saya....

EssoWenni
(anak guru, tahu benar susahnya hidup dari gaji guru)

 
At 3.5.06, Blogger Lili said...

Selamat hari Guru...

80 top bgt...lengkap banget deh info ttg jaman sekolahan dulu...hueeebat

 
At 3.5.06, Anonymous Anonymous said...

Aku inget:
1. pokoknya tiap pagi Senam kesegaran jasmani.. lagunya duh buset dah.. kalo udah ada inul kali bisa ganti deh aransemennya.

2. jamannya Noegroho Notosusanto disuruh berparade setiap siang duh ... pegelnya, mana yg ngajarin parade anggota TNI...ampun deh... kalo dipikir2 mirip negara sosialis ya ;) stttt...

merdeka...

 
At 4.5.06, Anonymous Queerine said...

kayanya.. ada satu lagi lagu yg bikin airmata bercucuran yang dulu sering dinyanyiin di kelas kalau ada guru yang mau berenti. Kalau ga salah judulnya terima kasih ku. Liriknya..
terima kasih ku kuucapkan..
pada guruku yang ****** (lupa)..
lalalala lala (lupa, lupa dan lupa)...

 
At 4.5.06, Blogger guario said...

Sebenernya jargon ganti menteri ganti kurikulum itu nggak pernah berhenti. Gue heran sama semua orang yang jadi menteri pendidikan as if kalo jurusan A1-5, IPA/IPS, diganti2 tiap waktu itu bakalan ngefek buat nyiapin murid kuliah di perti. Kayak KBK, yang maksudnya nggak jelas itu.

Dulu waktu masih jadi editor di sebuah penerbit buku2 pendidikan, ehem, gue lagi sibuk nyiapin buku2 dengan KBK. Dan pas gue baca tuntunan materinya, bagian gue bahasa Inggris, yang ada itu cuman ngubah urutan materi tanpa ada dasar yang jelas. Jadi misalnya kalo kurikulum 1999 belajar past tense semester 2, dalam KBK pindah ke semester 1, dan seterusnya. Untung gue udah keburu kabur sebelom ngerjain buku yang materinya masih berdasarkan kurkulum 1999 tapi harus gue UBAH ke KBK. Halah, gue jadi curhat:D.

Btw, Q, gue suka banget tulisan lo ini;). Dan gue setuju banget sama komen lo soal dasi yang sangat tidak MODIS itu. Sebagai orang yang punya kecenderungan fesyen nista, ehem, gue benci banget sama dasi yang kayak choker. Gue rasa yang ngerancang itu agak2 punya jiwa S&M secara dia mengadopsi ikat leher kulit jadi kayak gitu, hihihi....

Dan ada satu hal yang mungkin, secara lo anak daerah ya booo...;), yang lupa kebahas. Di Jakarta dari awal sampe pertengahan 80-an, sebelom ada EBTANAS , ada yang namanya, kalo nggak salah, ujian komputer, buat anak2 SD, SMA, milih SMP favoritnya. Dan nilai komputer itu yang jadi patokan diterima ato nggaknya di SMP/SMA tujuan:D.

 
At 4.5.06, Blogger Rani said...

allooo artikelnya keren skaleee.. tapi tapi... kan taon 80-an blon ada tuh seragam pake jilbab, seingat gue seragam berjilbab baru taon 90-an deh..

 
At 5.5.06, Blogger guario said...

Ralat. Maksudnya anak SD, milih SMP favorit dan anak SMP milih SMA favorit.

Dan nambah foto ni jreng. Rani bener, tahun 80-an, jilbab itu masih jadi isu yang rawan. Pak Harto kan baru rada2 Islami setelah balik naek haji 1989/1990, baru deh abis itu gerakan Islami punya nafas setelah ditekan pasca Tanjung Priok 84. Habibie bikin ICMI tahun 90, kalo salah, dan jilbab mulai bertebaran di sekolah2.

 
At 5.5.06, Anonymous Q said...

QUEERINE, Lagu "Terima Kasih Guruku" syairnya gini nih:

Terima kasihku kuucapkan
Pada guruku yang tulus
Ilmu yang berguna slalu dilimpahkan
Untuk bekalku nanti


RIO, ya ampun ternyata begitu ya? nggak guna banget dong itu pergantian kurikulum :(
Nggak modis ya nggak modis, tapi nggak usah disangkutin ama S&M dong ya :P

RANI, ya sih. Soalnya nyari2 gambar seragam sma nemunya itu sih. Ya deh dicabut deh gambar seragam jilbabnya :)

 
At 6.5.06, Blogger true blue said...

gue mendingan disuruh ngapalin hymne guru drpd mars wajib belajar.Nggak penting dan nggak ngaruh2 bgt buat pendidikan di indo!Buktinya,sampe skrg...angka buta huruf di indo masih tinggi dan bangsa kita makin terpuruk di dunia internasional krn ke-terbelakang-an pendidikannya.Hhh...sangat memprihatinkan... =(

 
At 9.5.06, Blogger goiq said...

heuheuheue..jadi kangen masa-masa sd nih... untung di smp gw dulu di bebasin dari dasi silang kaya gitu. heuheuheue

 
At 10.5.06, Blogger emily said...

dasi jaman smp...mending yang cowo cuma disuruh pake dasi silang gituh. dasinya cewe dong...mirip dasi kupu2, inget khan? ngomong-ngomong, siapa ya desainernya?

 
At 11.5.06, Blogger umar said...

Ikutan ah,
Ada terusannya lagi tuh lagu

Terima kasihku kuucapkan
Pada guruku yang tulus
Ilmu yang berguna slalu dilimpahkan
Untuk bekalku nanti

Tiap hari 'ku dibimbingnya
Agar tumbuhlah bakatku
'Kan kuingat s'lalu nasehat guruku
Terima kasih kuucapkan


Itu lagu juga dinyanyiin setiap acara kenaikan kelas, buat acara perpisahan, terutama buat kelas 0 besar yang mau pindah ke SD dan anak kelas 6 yang akan melanjutkan ke SMP.

 
At 15.5.06, Anonymous letsing4joy said...

mo nambahin, salah satu ciri khas CBSA taon 80an adalah... LKS! Yap, LKS alias Lembaran Kerja Siswa.

Gede banget bo bukunya, udah panjang, lebar lagi (menuh2in tas gue aje:) trus banyak banget bagian kosongnya yang kudu diisi titik-titiknya. Ampun deh sehalaman gede soalnya cuma 2 baris dan sisanya titik-titik semua. Duh, ngecap apa lagi yah gue biar LKS gue kesannya penuh:)

Smakin penuh isinya, makin bagus nilainya dari pak/bu guru (padahal seh kaga jelas koherensi-nya, apalagi main sentence/supporting sentences nya :D

But anyway, itu LKS punya ciri khas era 80an yaitu keseragaman. Bentuk, warna, tebel, dan cover yang nyaris seragam itu seringkali bikin kasus salah bawa... Harusnya bawa LKS biologi eh grabak grubuk pagi2 yang kebawa malah LKS kimia/fisika/dll. Tapi yang paling gaya seh LKS pelajaran PSPB tuh, gue inget banget tuh LKS ga bakalan ketuker soalnya satu2nya LKS yang pake kertas glossy berwarna pula. Gaya euy, bu kartini keliatan warna kebayanya ;P

 
At 19.5.06, Blogger Yuanz said...

LKS masih ada ga sih??..

aku paling sebel klo disuruh isi LKS... Coz isinya soal semua yg harus diisi... biasanya sih gw tinggal nyalin doankz dari Lks temen. aku paling sebel klo disuruh isi LKS.. ekekekekeke

** Terpujilah bp / ibu Guru **

 
At 22.5.06, Anonymous agusdaeng said...

LKS masih ada sampai saat ini 2006, bahkan bagian dari bisnis sekolah.

 
At 23.5.06, Blogger papahnya syifa said...

gw rame-rame sama temen2 kantor (generasi 80-an tentu) nyanyiin lagu Wajib Belajar tuh. Temen yg dari generasi 90an, pada bengong : "Lagu apaa sih? Nasinalis banget!"....

 
At 30.5.06, Anonymous Ewi said...

Aku baru nemuin era 80 an top deh, inget gak th 77 sekolah diperpanjang 6 bln lagi, jadinya umur kita gak pas-pas banget waktu naek kelas krn pindah dari th ajaran Januari ke Januari ke th ajaran Juli-Juni.
Soal nyanyi gak nyangka aku jg masih hapal lAGU hIMNE GURU & MARS WAJIB BELAJAR sampai not nya krn dulu sering bawain pianika & juara 1 lomba paduan suara. eh mau masukin foto ku n geng th 85 bisa gak seh
Kaya'nya lagu-lagu itu gak dikenali lagi oleh anak-anakku tp acara ritual tiap Senin masih berlangsung

btw aku setuju dg weniesso (kt sama Wen anak guru)
Selamat Hari Pendidikan Nasional
skali lagi:
i love very much (this Blog) lapanpuluhan - nice guys

 
At 19.6.06, Blogger Lisa said...

Tulisannya cukup menghibur... diterusin yaaa

 
At 25.6.06, Anonymous yaya said...

wahhh...blog-nya asik banget, bisa buat nostalgila...

gue inget, tiap senin pas upacara juga harus nyanyiin lagu 'mengheningkan cipta' pake suling...masih ada nggak sih sekarang? terus..iya, dasi sd...hahahhaa...gue aja jaman dulu udah mikir, ini dasi ato tatakan iler hehhehee...

tahun 80-an pas gue sd itu juga ada yg namanya 'dokter kecil'...terus tiap 30 september diputerin film g-30s....terus iya, lks...benci banget gue...guru dateng, cuman nyuruh ngisi lks eh terus doi ngeluyur keluar, ngobrol di kantor guru...terus juga ada pelajaran pspb yg ulangannya pake isian 'sangat setuju - setuju - ragu2 - tidak setuju - sangat tidak setuju'. gue pernah disuruh mbantuin menilai sama guru gue, eh ternyata nilai tertinggi itu kalo elo ngisi either SS atau STS...tergantung pernyataannya....terus juga di jakarta jaman taon 80-an itu ada yg namana sistem rayonisasi, jadi kita cuman kudu bisa daftar smp atau sma yg ada serayon sama sekolah asal kita...bahkan pas taon gue, milih sma-nya cuman bisa satu doang..sebel, gatot dah gue masuk sekolah impian padahal nem gue cukup lah --eh, kok jadi curhat :))

 
At 19.7.06, Anonymous Avante said...

Gak nyangka gw masih inget irama lagu Wajib Belajar :D doktrin masa kecil kali ye (kebanyakan nonton TV)

@umar : perasaan itu lirik lagu "Terima Kasihku" deh... beda lagi sama "Hymne Guru"

 
At 28.9.06, Anonymous nooradha said...

Yang kuingat, waktu sekolah dulu bukunya gratis. Dibagi tiap awal catur wulan. Buku itu terbitan Balai Pustaka dengan logonya yang termasyur " BP"

tentu kalian masih ingat tulisan ini:

Perhatian!
Buku ini milik negara
Dipinjamkan kepada murid
Untuk dibawa pulang
Pelajarilah isinya
Rawatlah baik-baik
Karena tahun depan
Adik-adikmu akan memakainya


Nah, itu tulisan yang ada di sampul belakang buku paket waktu kita SD dulu.

 
At 29.9.06, Anonymous ~Fi said...

Iyaaa.. soal SS-S-R-TS-STS, itu dulu gue juga kena. Gue dulu bingung, apa bedanya coba antara SS-S ato TS-STS. Yang ada, gue isi aja suka2, kalo tadi udah isi S, kali ini SS deh, yg TS-STS juga gitu =p

 
At 6.10.06, Anonymous kunderemp said...

Eh.. emang lagu wajib belajar muncul tahun 80-an? Bukannya 90-an awal waktu wajib belajar 9 tahun yah? Wajib belajarnya sendiri sih.. waktu aku SD udah ada, 6 tahun..

 
At 18.10.06, Blogger Pondok Melga said...

udah ada posting tentang Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) lom? ato kalo nggak salah, sebelumnya namanya itu Senam Pagi Indonesia (SPI)?
nah aku udah lupa yang mana yang musiknya itu masih aku ingat sampe sekarang "teng-tereng-teng-teng... teng-tereng-teng-teng..."
pokoknya SKJ itu ada tambahan tahun di akhirnya... SKJ'87 gituh?
terus pas jaman itu juga di sekolah dasar ada pertandingan Pencak Silat, sampe ada gerakan-gerakan yang bareng2 gitu deh...
kalo cerdas cermat antar SD mah mungkin sampe sekarang masih ada ya? tolong dong dibahas ttg SKJ, SPI ma pencak silat itu kalo ada...
emm... satu lagi, jaman aku SD tuh ngetop banget sepatu DragonFly (bergaris biru-merah-putih), Sepatu Pramuka (kesininya sih, ada northStar, dll), sendal schul (ampyun deh, tuh tebelnya sendal, anti banjir!)...
tali sepatu yang warna-warni dengan ukuran yang super gede...

 
At 18.10.06, Blogger Pondok Melga said...

o iya! sepatu itu namanya WARRIOR !!! seneng banget aku inget nama itu...

 
At 26.10.06, Anonymous Anonymous said...

jaman itu bisa ngecengin anak2 baru yang lagi ikut penataran P4 disekolah...:)

 
At 21.1.07, Blogger benny said...

haha, aku masih 21, tapi inget banget CBSA itu singkatannya apa: Cephet, Banther, Salah, Awur-awuran (Cepat, Keras, Salah, Asal-asalan, maklum wong Solo)... Cheers buat blog ini.

 
At 4.2.07, Anonymous Chibi said...

adik gua yang lahir taon 97 `n masih SD kemarin ikut lomba paduan suara, lagu wajibnya malah lagu WAJIB BELAJAR itu. padahal udah lama banget ga denger lagu itu, ekh tahu² adik gua pulang sekolah sambil nyanyi²in lagu itu. hehehehe

 
At 6.10.07, Anonymous Anonymous said...

Kalo Pondok Melga inget sepatu Warrior yang gagah kaya DocMart, ada lagi yang lebih yahud sepatu Titania. Kami memyebutnya sepatu Kelinci dan memakainya untuk seragam Lomba Gerak Jalan. Seperti Dragonfly tapi putih polos jauh dari modis. Pokoe culun abies. Hidup Titania!! eh kaya nama anak KD ya?

 
At 5.11.07, Anonymous Anonymous said...

kalo gak salah ahir 80-an mendekati awal 90-an ada senam kesegaran jasmani yg nada menjelang refrain diplesetin ama anak-anak SD jadi "dukun pelet-dukun pelet bapaklo" :D

 
At 26.2.08, Blogger dudemjk said...

AKu masih ingat lagunya senam kesegaran jasmani pas masih SD kira-kita taun 1985an. Waktu itu sebelum sekolah aku harus belanja dulu ke pasar, trus masuk sekolah pasti telat senam. Di setrap deh berdiri di kelas.



Dukung saya untuk menang di kompetisi SEO tingkat dunia di seocontest2008

 
At 4.4.08, Anonymous Anonymous said...

Kepada Guru-guru ku di SD Kemala Bhayangkara 02 Koja Utara, terima kasih atas didikan Bapa dan Ibu GUru semua sewaktu kami masih duduk di bangku SD.
Saya kehilangan kontak sama sekali soalnya SD nya sendiri udah di bongkar buat pelabuhan peti kemas punya nya tommy soeharto...
pengen banget ketemu mereka lagi (kalo masih ada).
ada yang tau gak kabarnya alumni SD kemala Bhayangkara 02...???

 
At 2.5.08, Anonymous Anonymous said...

Hehehe... ini artikel bener2 ingetin gw sama masa2 sd-sma gw tahun 79-91 (wuih lama yah!). untungnya gw gak kena 'pemanjangan' tahun ajaran tahun 78 itu tapi ya akibatnya gw gak bisa masuk sd awal 79, mundur jadi pertengahan 79.
Btw, kalo dari masa sekolah jadoel itu yang gw paling inget pastinya upacara bendera tiap hari senen d. seragam lengkap dengan topi & dasi dan sama sekali g boleh telat karena kalo telat ga ikut upacara disetrap di tengah lapangan selama 1/2 jam setelah upacara selesai dan malunya itu mak karena ditontonin sesekolah kan! kalo pas kelas kita kena giliran tugas upacara wah bangganya 1/2 mati apalagi kalo dikasih tugas jadi dirigen (kalo pas nyanyiin lagu nasional kan harus maju ke tengah lapangan, berdiri di korsi ato dingklik ato apa gitu yang jauh lebih tinggi dari rakyat sesekolah) dan mimpin seluruh rakyat nyanyi. Ato kalo disuruh jadi pemimpin upacara ato baca UUD ato Pancasila ato pengibar bendera -- kayaknya keren banget gitu! Lucunya para pengibar bendera rata2 gak pinter dalam hal meramal jadinya kadang2 lagu Indonesia Raya udah selesai benderanya masih di tengah tiang jadilah cepet2 dikebut si bendera (pake acara ngepot pula!) biar segera sampai di ujung tiang wekekekekekek!
Gw inget pas gw di SMA kalo gak salah taon 89 kita lagi pada tegang semua di satu upacara bendera karena kepsek lagi masygul (ini bahasa jadoel untuk 'moody'), setelah bendera naik biasanya kan hening cipta dengan lagu 'dari yakinku teguh' ya kalo gw gak salah eeh tnyt sound system-nya masih terconnect dengan radio jadilah sebelum paduan suara mangapin lagu hening cipta, yang keluar dari speaker justru lagu "Amburadul"nya Ruth Sahanaya yg kebetulan lagi diputer di radio itu. Wahahaha kebayang g sih tampang kepsek gw waktu itu!
Btw, PSPB dan PMP itu pelajarannya mendalam dan merasuk banget lo... buktinya gw ama temen gw kalo Senen pagi jalan ke sekolah dan lewatin kantor2 pemerintahan yang karena rajin ngadain upacara bendera sebelum jam 7 pagi dan kebetulan kalo kita lewat pas bendera naik, jadi de gw ama temen gw berhenti di pinggir jalan dan ikut hormat bendera wakakakakak! Nasionalismenya tinggi bok dan akibatnya telat de ikut upacara di sekolah sendiri!

 
At 12.7.08, Anonymous Anonymous said...

kalo gak salah dulu gwe masih SD deh...inget banget waktu itu pake sepatu mereknya specs, masih ada gak seh? trus waktu itu kalo tas nya yang di selipin kesamping gaya lupus gitu, karena waktu itu lagi ngetrend nya tas lupus yang restletingnya ada di tengah, hehehehe

 
At 24.9.08, Anonymous ntonk said...

Ada satu lagi lagu yang sering diputer di te-ve-er-i yang gambar pertamanya anak-anak dengan baju sd merah-putih (atau putih-merah?) berjalan di rel KA. Lagunya sendu dan mendayu-dayu *terngiang-ngiang*

Kita jadi bisa
menulis dan membaca
karna siaaapaaaaa.....

Kita jadi tau
beraneka bidang ilmu
dari siaaaapaaaaa....

Reff:
Kita bisa pandai
karena pak guruuuu...
Kita bisa pintar
karena bu guruuuu...
Guru lah pelita
penerang dalam gelita
Jasamu tiada taraaaa.....

(Jadi merinding ingetnya...*hiks*)

 
At 26.11.08, Anonymous adhi_J22 said...

Gw ngerasain lagu "Wajib Belajar" waktu duduk di kelas 5 SD.Waktu itu gw dan teman2 diajari lagu itu.kami sih seneng2 aja.Waktu gw kelas 4 SD terjadi perubahan seragam SD yang tadinya kemeja putih celana pendek abu2 jadi kemeja putih celana pendek merah.
Di kelas 6, Ada PSPB. makin banyak aja pelajaran.
Saat masuk SMP, gw termasuk angkatan pertama yang menerima penataran P4.Hari terakhir penataran dikasih nasi bungkus tanpa minum.

 
At 21.2.09, Anonymous Anonymous said...

Bagaimana pun juga pendidikan di masa lalu, lebih berhasil dalam menjadikan siswanya sebagai anggota masyarakat yang tahu sopan santu, tata krama dan pengendalian. Betapa tidak, lihat saja siswa-siswa sekarang, hobinya tawuran... ngedrunk, niru-niru artis yang sedang manggung, bahkan saat disekolah mereka tidak bisa membedakan aturan mana yang harus dipakai. Siswa jaman sekarang boleh berbangga kalau mereka merasa lebih modern, lebih bisa bebas, dan berani. Tapi perlu di catat juga, mereka semakin terdidik untuk tidak bertanggung jawab, sedikit-sedikit pengerahan massa (soalnya kalau sendirian mereka tidak berani). Semua yang berbau aturan dianggap salah, orang tua yang suka mengatur dianggap kuno, kolot dll. padahal aturan adalah ciri masyarakat modern, beradab dan terhormat. Hidup pendidikan Indonesia

 
At 31.10.09, Anonymous Anonymous said...

Salam Kenal...

Indonesia Page - All About Indonesia
The Adsense Site - Guide to Online Adsense Earning

 
At 13.9.10, Blogger selly said...

Kalo lagu ini siapa sich yg gak tau ..

Hymne Guru

Terpujilah wahai engkau
Ibu bapak guru
Namamu akan serlalu hidup
Dalam sanubariku

Semua baktimu akan ku ukir
Di dalam hati ku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Enagkau sebagai pelita
Dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk
Dalam kehausan
Enakau patriot pahlawan bangsa
Pengembun insan cendekia
(Yg dulu nya " tanpa tanda jasa")

 
At 12.11.11, Blogger The Inspirator said...

Ada link downlaod lagu Mars itu nggak? Saya cari tapi gak nemu2. Plis!

 
At 10.7.12, Anonymous ojay said...

Kalo tugas upacara paling enak kalo bawa buku pancasila buat dibacain pemimpin upacara, posisinya dijamin teduh dan gak ngapa ngapain

 
At 26.7.15, Blogger Abu Zaini said...

This comment has been removed by the author.

 
At 26.7.15, Blogger Abu Zaini said...

Lagu wajib lagu bangsa lagu penumbuh nasionalis asal dihayati dengan benar

 

Post a Comment

<< Home