Thursday, June 18, 2009

Mainan Anak-anak 80-an

Namanya juga anak-anak, kebanyakan yang mereka pikirin pastilah main, main, dan main. Masih kecil ini, ya biarin aja mereka mencari kesenangan sembari menyerap berbagai ilmu kehidupan dari sekitarnya. Belum waktunya disuruh ikutan mikirin yang rumit-rumit. Asik banget, ya, hidup kayak gitu... hehehe!

eh.. tapi yang namanya orang dewasa juga banyak kok yang lebih suka main daripada kerja.. huehehehe.. gak berubah juga kok.

Ayo, kita mengaduk-aduk memori untuk mengenang kembali mainan-mainan anak-anak apa saja yang dulu ada di zaman 80-an. Mainan yang sempat mewabah dan jadi kegemaran banyak anak di berbagai tempat. Yang bikin anak-anak berlomba-lomba untuk punya yang paling banyak, atau untuk jadi yang paling ahli memainkan, atau untuk punya koleksi paling unik, atau sekadar pernah memainkannya saja.

Permainan Sepanjang Masa


Balon Tiup, Bekel, dan Gundu (dok: pribadi)

Ada permainan yang dari dulu sampai sekarang masih terus dimainkan oleh anak-anak dari zaman ke zaman, yang nggak butuh ruang terlalu luas untuk dimainkan bersama.

- Engklek atau Teplek atau Dampu
- Bentengan atau Betengan
- Petak umpet
- Main gundu
- Layang-layang
- Karet gelang, buat main karet atau main lompat tali
- Catur, Monopoli, Ular Tangga, Halma, dan Ludo
- Kartu remi
- Main bekel
- Congklak
- Yoyo
- Gasing


Monopoli, Ular Tangga dan Halma
(dok: berbagai sumber.. lupa gak dicatet :D)


Permainan Tradisional 80-an

Permainan tradisional ini sudah ada dari dulu kala dan diajarkan dari senior ke juniornya secara turun temurun. Memang sebenarnya tidak bisa diklaim sebagai permainan yang khas 80-an, karena ini adalah permainan-permainan sepanjang zaman yang mudah-mudahan masih akan terus dimainkan. Tapi karena kenyataannya di masa sekarang, permainan-permainan ini sudah mulai jarang dimainkan terutama di kalangan anak-anak kota, jadi sepertinya perlu juga diangkat kembali agar tetap dilestarikan. Begitu.

- Galah Asin atau Gobak Sodor atau Asing
- Gatrik atau Patil Lele atau Pukul Lele atau Tak Kadal
- Rondes atau Bola Bakar
- Kasti pake bola kertas
- Kucing-kucingan
- Silat-silatan

Kalau pengen main rame-rame di ruangan yang terbatas tapi nggak ada alat yang bisa dipakai, anak 80-an bisa mainin permainan yang ini :

- "Pancasila Ada Berapa" atau ABC
- Dam-daman pake batu dan papan mainnya digambar di tanah
- Cublak-cublak suweng
- Juncit atau Cingciripit
- Do mikado, Mama mia, Putih-putih melati, tepok Antimo

Permainan dengan Alat Khas 80-an


Gambaran produksi Gunung Kelud (dok: Gringo),
dan Kartu Kwartet (dok: Budi Cheung)

Seiring kemajuan zaman, mulailah ada permainan yang diciptakan dengan dilengkapi penggunaan alat yang dibuat khusus. Peralatannya ada yang bisa dibuat sendiri, ada yang dibuat dengan tangan oleh pengrajin khusus, ada juga yang produk masal bikinan pabrik.

- Kartu Kwartet
- Gambaran atau Umbul
- Boneka kertas bongkar pasang
- Pistol air
- Pistol Dompis
- Pris-prisan berupa orang-orangan kecil dari plastik
- Bola Tik-tok atau Tek-tek-an
- Rubik
- Slider


Rubik (dok : TheAge), Puzzle Slider (dok: Big Digital),
dan bola Tiktok (dok pribadi)


Permainan Canggih 80-an


Atari (dok: GeekSugar), Viewmaster (dok: Ianbashaw),
Western Bar (dok: Thosewerethedays)

Sebenarnya nggak semuanya canggih banget, sekadar untuk membedakan dengan permainan beralat murah dan sederhana di bagian sebelumnya.

- View Master
- Pocket Flix
- Mobil-mobilan die cast
- Atari
- Game & Watch
- Robot-robotan yang bisa gerak dan bunyi
- Game Komputer PC DOS macam Digger, Pacman, Space Invaders dan Alley Cat.


Game DOS: Digger, Alley Cat, dan PacMan (dok: Dosgames)

Gimana? Sudah teraduk-aduk memorinya tentang semua mainan di masa 80-an? Lagi senyum-senyum membayangkan serunya mainin semua itu? Lagi mengingat-ingat bagaimana suka rebutan sama teman bahkan sampai berkelahi—dan akhirnya salah satu nangis? Hehehehe... seru ya :D


Tukang jualannya : Q
Sayang anaak.... sayang anaak.. :D



Tulisan lebih lengkap dari artikel ini
akan diterbitkan dalam buku
berjudul "Gaul Jadul" oleh Q Baihaqi,
terbitan Gagas Media, Juni 2009.



Segera aja dapatkan di toko buku langganan kalian
mulai beredar sekitar bulan Juni ini

36 Comments:

At 18.6.09, Anonymous Rara said...

aku tauuu.. yang nangis pasti pakde (haha)

 
At 18.6.09, Anonymous Yayi said...

manaaa... Bukuna nda nongol2.. *duduk manis samping pakde*

 
At 18.6.09, Anonymous ariel said...

jadi ingat main layang2 dulu, sampe bela2in nyimpan layangan dibawah kolong tempat tidur,hee..heee

 
At 18.6.09, Blogger Handika Aditya said...

Ya ampun... kerennya blog ini... jadi inget masih muda dulu... maen pacman di rumah bareng anak2 se-kampung, pada antri minta gantian... ha ha!!!

saya follow blognya!!! follow balik yah

 
At 19.6.09, Blogger ibutio said...

bah...bah...*towel-towel babah*

 
At 19.6.09, Blogger priandhani said...

sekarang, sebagian besar udah tinggal kenangan aja... :(

 
At 24.6.09, Anonymous Investasi said...

jadi inget waktu itu...pas terang bulan semua kumpul di depan rumahku main sampe puas nggak terasa sudah jam 10 malam thanks telah ingatkan kembali

 
At 30.6.09, Blogger gabriella said...

uwaaaa mauuu lagiii..
VIEWMASTER!!
waktu kecil gatau namanya apa.. hehehe..

 
At 4.7.09, Anonymous Bisnis said...

mainan anak sekarang memang beda dengan zaman saya dulu itulah perkembangan jaman thanks

 
At 12.7.09, Blogger Keke said...

mas Q, gw dah beli bukunya, ya ampun... Bener2 nostalgia. Itu balon tiup ama bekel ngangenin. Dah lama ga main karet he5x.

 
At 14.7.09, Blogger Asmara Dya said...

hari ini judulnya bener-bener 'nostalgia'...
jadi inget dl suka maen bentengan sore2 sm sodara n tetangga, wuahhhhhh,rameeeee... :D

 
At 15.7.09, Anonymous KangBoed said...

SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

 
At 19.7.09, OpenID zulhaq said...

jadoel...
gaoel....yulzz mareiiiiii

 
At 24.7.09, Blogger helmy said...

belum lahir aku mas. Tapi sempat familiar sama yang itu-itu.

Oya mas, aku mau tanya gimana cara memulai menulis? aku nulis kok lama-lama jadi bosen juga?

aku tunggu komennya di helmysuperstudent.blogspot.com

 
At 25.7.09, Blogger eri-communicator said...

Jadi ingat waktu kecil

 
At 2.8.09, Blogger MUCHLIS PILIANG said...

aku merindukan permainan yang seperti dulu itutu!!!!!!!!!

 
At 6.8.09, Anonymous Anonymous said...

hua...jadi pengen maen2an dulu lagi..
jadi inget temen2 masa kecil...

imgar

 
At 23.8.09, Anonymous aksesoris wanita said...

kangen neh ama mainan jamna dulu,pengen jadi kelas 6 SD lagi rasanya hiihihi

 
At 25.8.09, Anonymous Urban said...

Dan biasanya di sekitar sekolah, permainan2 kayak view master (baru tau juga namanya, hihi) dan gamewatch (alias gimbot) disewain ama pedagang ke anak2 sekolahan. Duh...kangen masa2 itu...

 
At 28.8.09, Blogger Bigyst said...

wuiiiii....walo lahir di tahun 1989, tapi mainan diatas masih sering aku maini di masa kecil...seru...nyari2nya sekarang udah agak susah

 
At 3.9.09, Anonymous tmt said...

hehehe selalu jadi senyum2 kalo baca artikel disini

 
At 1.10.09, Anonymous hedi said...

Gadget Home mainan dulu bisa merangsang daya kreatif anak kecil

 
At 9.10.09, Anonymous Anonymous said...

dahsyaat boozz...klo baca blog ini rasanya jd pingin balik ke masa lampau..balik ke masa anak2 yg ceria,penuh tawa..bermain,belajar..semua mainan2 yg disebutin disini sbagian besar emg mainan gw wktu kecil..thx ya boz atas blog kenangannya...n_n

 
At 2.11.09, Anonymous Anonymous said...

gilaaaa... walopun aku lahir tahun 85, tapi semua maenan itu pernah aku mainin!!! aseli.... jadi inget jaman aku kecil dulu..

 
At 11.12.09, Anonymous Astaga.com Lifestyle on the net said...

sekarang jarang banget yang main permainan itu..
Astaga.com lifestyle on the net

 
At 15.12.09, Anonymous Marwells said...

Numpang ngiklan ya sis...
Hi all...yuk mampir ke
http://www.marwells.com
[Toko baju bayi dan anak harga mulai dr 8ribu-an]

Kami menjual baju bayi, baju anak perempuan, baju anak laki2, serta baju piyama anak dengan macam2 ukuran dan harga bersaing.

Info lebih lanjut, Hub:
---------------------------------
Wellina (HP:089-8833-1206)
YM id: wellinaleonardy
email: wellinaleonardy@yahoo.com
web: http://www.marwells.com
---------------------------------

 
At 29.4.10, Anonymous P-man said...

wuaah baca artikel ini aku sampe deg2an jd pengen balik ke masa kecil maen ma temen2 di kampung, sueneng banget, thanks

 
At 12.5.10, Anonymous Anonymous said...

koq maenan dingdong gak diceritain ya?? gw dulu sering kena kasus tuh gara2 gituan, duit bayaran sekolah abis buat koin dingdong :))

 
At 21.6.10, Anonymous Anonymous said...

Inget banget dulu main monopoli ampe malem banget sampe gak solat tarawih pas bulan ramadhan. ortu sih gak tahu. Miss that memory he3

 
At 25.11.10, Anonymous setiyo said...

Hehehe..jadi ingat waktu smp (85-88)ada temen yg bw game&watch dan qlu kita pengen maen mesti antri/gantian dan jika si pemilik lg ga enak ati ya ga dipinjemin deh semuanya...:D so funny
btw seneng banget ada site yg khusus ngulas 80'an (jd inget qlu skr dah tuwir..:))
oiya utk melengkapi nuansa 80'an..silakan mampir di blogkenanganmasalalu.blogspot.com disana ada lagu2 80-90an yg bs didownload...monggo

 
At 9.1.11, Blogger Passive Income said...

Ada dolanan motor nda/ndes.... motor ndeprok, gas spontan, oli racing, helm cakil, helm kiwi, ....

 
At 20.7.12, Anonymous Anonymous said...

karena aku penyendiri aku cuma suka maen ular tangga sendirian karena ngga suka kalah kalo sama temen..(yg aneh maen sama diri sendiri aja banyakan kalahnya)
Ada sebuah gambar di ular tangga yg ada si anak cewek yg sombong (trus konsekuensinya alias kena gambar ular), akhirnya dia tidak punya teman..Aku sedih bgt ngeliat gambar anak perempuan yg ditinggal sendirian itu/ngga ada yg mau tmenan..(maklum org pisces suka iba) fb: Le Mystique

 
At 24.8.12, Blogger silit said...

Paling demen ama "wayang-wayangan". Itu lho komik bergambar yang biasanya dicetak di atas selembar kertas tebal. Produksi Kelud kalau gak salah. Biasanya habis beli langsung diguntingi per kotak adegan. Habis itu buat taruhan :D Yang paling ane inget kisah dendam si sundel bolong dan warok Suromenggolo ... hehehe

 
At 3.5.13, Anonymous Farzan said...

Ular tangga ane main sampe berantem2 gara2 di curangin ngakak kalo inget jaman kecil dulu

 
At 24.7.13, Anonymous Anonymous said...

Hi good blog. Salam kenal, yg punya twitter, yuk gabung @memori80an90an.

 
At 22.8.13, Blogger Kedai Mode said...

Jelangkung jelangkung datang tak diundang pulang tak diantar... ini permainan hit bgt waktu itu. Modalcuma ranting 2 batang kain, kapur, sma papan tulis, atau bisa juga pake jangka.

 

Post a Comment

<< Home