Thursday, December 20, 2007

Kapstok Berjalan 80-an

Salah satu penanda jaman yang bisa membedakan satu masa dengan masa yang lain adalah busana. Busana nggak cukup lagi asal menutupi dan melindungi bagian tubuh, tapi harus indah dan enak dilihat. Indah dan bagus adalah ukuran kualitatif yang tergantung pada banyak hal, diantaranya tergantung pada jaman.

Setiap jaman memiliki trend busananya masing-masing yang unik yang dipakai oleh kebanyakan orang pada masanya. Meskipun toh pada banyak yang bilang kalo mode itu berputar. Mode dari masa lalu bisa saja ngetrend lagi di masa sekarang. Tapi tetep aja mode dari masa lalu itu diadaptasi dengan nuansa kekinian, nggak semata-mata dicontek plek seperti yang ada pada jamannya.

Okky Asokawati

Lalu gimana dengan mode di jaman 80an, jaman yang dijadikan tema besar oleh blog ini?
Errr.. hehehe.. pengennya sih bisa ngebahas topik itu. Tapi ternyata kita belum bisa mendapatkan narasumber yang kompeten untuk ngebahas detil mode busana yang sempat semarak di seputar dekade 80-an :) Jadi, untuk kali ini kita bernostalgia dulu dengan para model Indonesia yang sempat beredar dan kondang dalam dunia fashion di Indonesia.

Berkembang dari Majalah Wanita

Perkembangan mode Indonesia kayaknya jadi semakin marak sejak munculnya majalah-majalah wanita yang memberikan ruang untuk menampilkan busana-busana rancangan desainer lokal. Atau mungkinkah malah majalah2 wanita itulah yang mengawali semuanya? Majalah wanita Kartini dan Femina adalah pelopor awal, dan masih mampu bertahan hidup hingga sekarang. Ada pula majalah Gadis untuk para remaja wanita. Lalu mengekor di belakangnya seperti Sarinah, Pertiwi, Dewi, Puteri, Mode dan lain lain, yang sebagian ternyata tak mampu berlanjut lagi.

Ratih, Licu, Sarita di majalah Kartini

Di majalah2 itulah para model Indonesia banyak dikenal hingga ke seluruh pelosok nusantara. Wajah-wajah rupawan dan tubuh-tubuh berpostur sempurna mereka dapat dinikmati di majalah2 tersebut sedang memeragakan busana paling trendy masa itu yang akan menjadi acuan banyak orang. Jadilah mereka idola semua orang yang peduli akan fashion.

Para Pelopor Modelling

Awal 80an kancah dunia model Indonesia ditandai dengan kehadiran model-model seperti Enny Soekamto, Atiek Sinuko, Nani Sakrie, dan satu nama lagi yaitu Titi Qadarsih. Siapa yang nggak kenal dengan Titi Qadarsih, wanita yang memiliki wajah sangat khas dan dengan cara berbicara yang khas pula itu. Selain sering tampil dalam acara peragaan busana di ibu kota, wajah mereka semakin dikenal banyak orang setelah sering muncul juga di halaman mode majalah2 wanita terkemuka.

Apa kabar mereka saat ini? Enny Soekamto sekarang ini menjadi wanita pengusaha bersama suaminya Micky Hehuwat, pria yang membuatnya meninggalkan dunia modeling. Sementara Atiek Sinuko yang sekarang ini adalah mertua dari pelukis Enrico Sukarno (yang pernah dekat dengan Titi DJ sebagai calon ke sekian ;) ), dan jadi menjalani profesinya sebagai dokter gigi. Titi Qadarsih masih cukup aktif di dunia kesenian, dan ibu dari salah satu personil kelompok band Slank ini juga pernah ikut bermain dalam beberapa film layer lebar, dan juga pementasan teater. Sementara Nani Sakrie sekarang ini mencoba memperdalam pengetahuan kesenian nya dengan menempuh pendidikan di IKJ.

Penerusnya yang Tak Kalah Ayu

Selepas Enny Soekamto dkk, muncul model berwajah ayu, Dhani Dahlan. Dhani Dahlan ini cukup memiliki rentang perjalanan yang karir panjang sebagai model. Sering dipercaya oleh para desainer kondang saat itu, seperti Arthur Harlan, Ghea Sukasah, Prayudi untuk berlenggak-lenggok di atas catwalk sebagai kapstok untuk baju-baju desain mereka. Kemunculan Dhani Dahlan pada saat itu cukup menjadi icon model Indonesia, sebab wajahnya yang ayu itu sangat Indonesia.

Ratih Sanggarwati

Menjelang pertengahan 80an, wajah model Indonesia "dikuasai" oleh 3 serangkai, yaitu Okky Asokawati, Kintan Umari dan Ratih Sanggarwati (yang sekarang ini berjilbab dan lebih akrab dipanggil Mbak’e). Okky Asokawati bahkan masuk dalam majalah Time Asia sebagai model yang paling kondang dan paling sering muncul di majalah dan juga catwalk. Kintan Umari dan Ratih Sanggarwati pernah mencoba peruntungan mereka dengan go international ke Milan.

Kintan Umari

Selain 3 serangkai tersebut dunia model Indonesia pada pertengahan 80an itu juga diramaikan dengan nama-nama seperti Licu (yang sempat dikabarkan menjadi model termahal). Licu adalah model berwajah khas, dengan wajah oriental dan berbibir tebal dan penuh. Juga Saraswati Harsono model blaster yang berbibir tipis yang sempat laris berlenggang-lenggok di atas catwalk, yang entah sekarang ini ada dimana.

Marissa Haque dan Jamil Reza

Marissa Haque juga sempat meratui dunia modeling Indonesia yang kemudian diikuti oleh Soraya Haque sang adik. Marissa atau akrab dipanggil mbak Icha ini kemudian aktif berkiprah di dunia layar lebar, dan sekarang ini aktif sebagai wakil rakyat untuk salah satu partai politik.

Sarita dan Okky Asokawati

Nama-nama lain yang juga mewarnai dunia modeling 80an dengan karakternya masing-masing, misalnya:
  • Sarita dengan bentuk rahangnya yang tegas

  • Vera Kinan

  • Vera Kinan, model berwajah elegan yang dipersunting pengusaha keturunan Cina dan sekarang lebih dikenal dengan nama Vera Ongko
  • Ika Rosalia, model yang cukup sering muncul di majalah-majalah mode, dan sepintas mirip dengan Okky dan juga Ratih Sang

  • Citra dan Henidar Amroe

  • Chitra, yang di era 80an masih memakai embel-embel Triadi di belakang namanya
  • Henidar Amroe, model 80an yang beberapa tahun lalu sempat ikutan main sebagai pemeran antagonis di beberapa sinetron
  • Rubi Wiriadinata, model berwajah androgini yang juga pernah merekam suaranya untuk lagu "Belum Tahu" yang cukup ngetop di era 80an
  • Nana Krit, yang merupakan anggota Swara Mahardhika yang akhirnya juga terjun sebagai model
  • Ria Saha, model yang eerrrrr….sebenernya cukup unik mengingat posturnya yang tinggi besar dan juga berkulit hitam

Sandy Harun, Ika dan Sarita

  • Sandy Harun, yang tahun-tahun belakangan ini malah lebih sebagai orang yang dekat dengan putra mantan orang satu negeri ini
  • Eka, model ini cukup sering muncul di halaman mode bersama Okky Asokawati, Ratih Sang dan model 80an kondang lain nya.
  • Astrid Darmawan, model cantik yang juga mantan atlit renang, berdua dengan adiknya yaitu Sarah Darmawan, mereka juga nyemplung ke dunia modeling 80an.

Rubi Wiriadinata Debbie Sahertian

Masih banyak lagi model-model seperti Ira Duati, Faradina (sempat tampil sebagai musuh Meriam Bellina di film Catatan Si Boy), Debby Sahertian (yang kemudian di 90an lebih ngetop sebagai pemain lenong dan kamus gaulnya), Bella Esperance Lee (yang juga sempat maen film "Bibir Mer" )
Ira Duati Ratih dan Adjie Massaid


Penguasa di-Akhir 80-an

Keke, Soraya, Elmo, Didi, Avi, Lulu, Florence, Eliza

Menjelang akhir 80an dan masuk ke era 90an, keberadaan majalah mode juga memberikan andil dengan masuknya nama Wiwid (pemenang 1 perlombaan covergirl majalah MODE) ke dalam jajaran model 80an. Juga muncul nama-nama seperti Lulu Dewayanti, Keke Suryo, Avi Basuki, Florence (Pemenang 1 Elite model look yang pertama kali diadakan waktu itu), dan juga Eliza.

Elmo, Yongki, Donny Damara

Nggak hanya para model perempuan, laki-lakinya pun banyak yang menjadi model kondang, sebut saja Elmo, salah satu model laki-laki yang sering muncul di majalah dan juga di atas catwalk. Model laki-laki lain yang juga sering muncul adalah Didi Mirhard (almarhum), Jamil Reza, Andre, Donny Damara, Ahmad (dengan bentuk hidung khas yang jadi cirinya), Jeffrey Waworuntu, Panca Makmun (yang juga sering muncul sebagai penari latar di acara Aneka Ria Safari), Iskandar (model keturunan Jepang, yang kadang muncul di majalah bersama adiknya Mayuko), dan juga Iwan yang merupakan jebolan coverboy majalah MODE. Adjie Massaid juga sudah memulai debutnya sebagai model di akhir 80-an.

Robby dan Jeffry Waworuntu

Diantara nama-nama di atas, yang masih cukup eksis hingga sekarang adalah Jeffrey Waworuntu sebagai manager bagi sang istri, Ruth Sahanaya. Kemudian Donny Damara yang beberapa kali menjajal akting nya di film televisi. Jamil Reza juga beberapa kali pernah muncul dalam tayangan sinetron. Sementara Elmo sibuk dengan dunia arsitekturnya, dan Panca Makmun sekarang ini dikenal sebagai koreografer untuk para model catwalk. Yang paling berkibar saat ini diantara mereka kayaknya adalah Adjie Massaid, meskipun di dunia yang sama sekali berbeda. Tapi tetap saja dikejar-kejar gossip seputar kehidupan rumah tangga dan pribadinya.



Nah.. itu tadi sekilas mengenang wajah-wajah para model Indonesia yang sempat wira-wiri di dunia fashion tanah air di sekitar dekade 80-an. Maaf kalo banyak foto-fotonya yang nggak semua ada disini. Koleksinya terbatas nih

Vera Kinan

Ngomong ngomong ... pernah naksir sama yang mana nih?? ;-).. atau malah sempet mengkliping semua pemunculan salah satu model itu? Atau bahkan di pasang di dinding kamar... hahaha...


Pengamat Fashion: Irvan, diedit dan ditambahin foto2 oleh: Q
Sumber: Memori pribadi dan kliping mode nemu di Palasari Bandung :D

48 Comments:

At 21.12.07, Anonymous Dede said...

Model 80's penampilannya masih natural & indonesia banget. Kalau sekarang, ada pemilihan Putri Indonesia , tapi yang jadi pemenangnya adalah orang Jerman he..he..aneh kan..

 
At 21.12.07, Blogger --ambar-- said...

he he he rambut jambul tinggi banget dah...sedang model cowoknya wow!

 
At 27.12.07, Anonymous Anonymous said...

huahaha..
jadi pengen ngaduk2 tumpukan & bundelan majalah2 tahun 80 an di rumah nenek gua..
kayanyamasih ada tuh.. :p

-imgar-

 
At 27.12.07, Anonymous Anonymous said...

Ekoz Guevara say...

Ah..kalo model Femina ama Kartini sih bisa dibilang udah tante=tante or mbak-mbak di jaman saya SMA..so gak sampe pada tahap ngliping deh....

lain sama kehebohan Cover Mode Indonesia ato Gadis...kalo yang number one adala Btari Karlinda ..tentu saja...mantap pokoknya..he..he..he..dibela-belain memfoto ulang (merepro foto-fotonya untuk dijadiin ukuran poster)...kalo yang runner up model yang nancep di otak dan di hati ya Gladys Suwandi apalagi saat di coverin ama Mode Indonesia ...sayang bundel majalahnya raib....
nice posting...btw postingannya di lapan puluhan ini modelnya Triwulanan ya..he..he..he..

Ekoz Guevara
SMAN 1 JEMBER
Class of 1988

 
At 28.12.07, Blogger Tita said...

ahhh elmo... gw ngefans berat ama dia tuh dlu.. skr kaya gmn ya tampangnya? hmmm...

 
At 1.1.08, Blogger Life By Arri said...

hahahaha...

waktu itu belum fashionista sih, jadi ga memperhatikan model-modelnya..

jadi inget majalah Kartini, majalah nyokap yang selalu dibaca karena Bobo selalu habis hanya dalam waktu 2 hari... dibahas juga dong majalahnya.. hihihihi...

 
At 3.1.08, Anonymous wiend said...

gw dulu ngefans ban9et ma eLmo...(hiks..tersipu malu)dan punya foto ples koleksi gambarnya..heheh..jadi merah ne mukaa...

 
At 5.1.08, Blogger BUDHI M SOEHONO said...

Catatan perjalanan fashion dan para modelnya di Indonesia.
jangan melupakan sejarah..

 
At 7.1.08, Blogger nad2 said...

waahhh keren tuu...

saia terkesan dengan apa yang diulas tentang model 80-an...

masalahnya bentar lagi saia dan teman2 pengen bikin acara tentang back 2 basics...

jadi baju2 yang ada disini...

bisa jadi contoh baju kita ntar pas event...

saluutt...

 
At 12.1.08, Blogger putu said...

ida iasha
ada yang masih punya fotonya ngga...

 
At 12.1.08, Anonymous upay said...

He..he..he akhirnya model jadul dibahas juga. Jadi malu liat photo Vera Kinan.gila..gw ngefans banget sama dia.pernah kirim surat..pernah photo bareng..pernah mimpi basah(oops)..pokona Najong pisan dah.
Btw kakak gw dulu(duluuu banget)mirip elmo jadi kk gw ngetop disekolahan n di RW gw.Trus temen2 smp gw sering banget pengen kenalan sma kk gw lewat gw tentunya setelah dipalakin silverqueen...ah those ald days..kangen euy.

 
At 15.1.08, Anonymous Anonymous said...

kok achmad ga ada sih?
daku naksir bgt ma tampang imut2nya...
fotonya dong di-upload, ma kabar t'akhir...suami siapakah dia? hehehe

 
At 16.1.08, Blogger guario said...

Pas baca judulnya, gue udah mikir, pasti IRFAN yang nulis. Gak mungkin banget Q yang rada2 tuna busana itu (maaf Pakde:P) bisa nulis mode hihi...


Tapi begini ya boooo... sumpah gue JIJAY BAJAY ngeliat celana-celana yang dipake ELMO cs itu... Gue dulu kesantet apa ya waktu ke Ratu Plaza minta beliin nyokap celana laknat PUTIH yang dipake ELMO ituuuuu... Dan dengan bangga make keliling Lebaranan sama keluarga.

Andai gue bisa memutar waktu *halah*... gue bakal beli yang warnanya hijau...

LHO:P?

 
At 17.1.08, Anonymous jut said...

whaaaa.... walopun bukan generasi 80 an tapi akuw sempet ngefans gila sama Iwan. ngliping gambar, bikin poster, bikin pin, dateng ke jumpa fans... tapi tetep aja gak pernah ketemu dia lho, malah ketemu model2 lainnya. sedih, huhuhuhu

 
At 17.1.08, Anonymous Isyana said...

Sorry ini nggak ada hubungannya sama entry di atas. Buat yang kangen sama Twin Sisters, go to http://tedoun.multiply.com/photos/album/58/Adikku_Dagmar_dan_Doris_Sunardi_TWIN_SISTERS. Hahahah actually gue nggak gitu inget Twin Sisters, but I do remember one of their performances on either Selekta Pop or Aneka Ria Safari. I remember they had their backs on the audience, like, half of the performance. Hahahaha.
Baru tau kalo one of the twins, Dagmar, nikah sama Deddy Dores although udah cerai (and then belakangan Deddy ngaku naksir Nike Ardilla...jadi Nike orang ketiga? Infotainment kali!) , and their firstborn Calvin is currently having an album in the works :)

 
At 26.1.08, Blogger guni said...

Nah ini jam akeemasan model banget tapi juga jama fashion yang aneh2.

gaya para pengarah gaya ketahuan banget untuk era 80an.

Btw, masih ada yang nyimpan bundelan majalah gadis dari tahun 88 sampai 90an gak yah?

Kalo ada boleh pinjam gak yah

 
At 5.2.08, Anonymous silent reverie said...

model2nya masih pada cungkring...kikik. Koq Ado gak ada ya? Btw biar kece asal memble dah! kekekek

 
At 12.2.08, Anonymous warmorning said...

menarik sekali mbah, saya jadi nostalgia saat sering ngintip majalah punya tante saya.. :D

 
At 20.2.08, Anonymous Anonymous said...

Favorite aku jaman ini yang secara kebetulan aku lahir di tahun 1975 dulu aku selalu kliping semua model-model majalah,pragawati\wan adalah Elmo dan ketika itu aku selalu berandai-andai Elmo jadian sama Karina Suwandhi hehehe Apa kabar yah Elmo??

 
At 26.2.08, Blogger dudemjk said...

wah lucu juga ya lihat desain fashion tahun 80an, ehm gimana gitu. Tapi kesannya selain klasik juga kental banget khas Indo nya. Keep posting bos..




Dukung saya untuk menang di kompetisi SEO tingkat dunia di seocontest2008

 
At 4.3.08, Anonymous Anusapati said...

Yana Zein masuk mana mas?

 
At 14.3.08, Anonymous dydy said...

dulu saya ngefans sama Elmo sama Cowok Sampulnya Gadis (Mung Kusumo Aji). Oya dulu juga model ngetop di Gadis taun 80an ada Cynthia.

di rumah saya di Bandung ada puluhan bundelan majalah femina, kartini sama gadis tengah pertama era 80an...
waktu masih di bandung sih masih sering buka2...cerpen dan artikelnya bagus2 sih

 
At 24.3.08, Anonymous Anonymous said...

ya lagi ingat-ingat masa SD dulu,btw adil cewek saya yang sudah menginjak 30 tahun kayaknya masih simpan kliping bintang film and peragawati tahun 80 an and 90an, jadi nanti kalau ada era 90an bisa lihat klipingan adik, kadang kita masih ketawa ketiwi jika lihat foto mereka dan mengenang masa kecil dulu. tapi peragawati yang saya ingat ya okky asokawati kayaknya dia top model indonesia jaman itu. dan juga kayaknya dia paling tinggi dimasanya sktar 174 cm, sedangkan yang lainnya kira2 165-170 cm. misal licu tinggi 168 cm, titi qadarsih 165 cm, tapi setelah era akhir 80an awal 90an sudah mulai tinggi-tinggi diatas 170an ya untuk ukuran indonesia tinggilah

 
At 1.4.08, Blogger manler said...

Hidup Jadul.. Hidup Norak..
Hidup Memble aje loe..

 
At 17.4.08, Blogger irwandiaz said...

aduh lucu-lucu ih.....

 
At 21.5.08, Blogger OneShare said...

iyo jadul2 malah asli indonesia banget... huehuehue

salam kenal dari pemilik http://onesharecomics.blogspot.com yaaa..

thanks.

 
At 30.5.08, Anonymous yori vt said...

loh mama ko ada disitu??? masih cantik lagi... hehe
http://allmyupload.blogspot.com

 
At 16.6.08, Anonymous Debt Consolidation said...

Kayak nya kita akan kembali ke era 80an bagus-bagus sih....

 
At 18.6.08, Blogger businesssolo said...

wah wanita Indonesia sebenarnya cantik cantik ya...

salam dari solo indonesia

http://businesssolo.com
http://businesssolo.blogspot.com
http://soloindonesia.blogspot.com

 
At 27.6.08, Blogger Muh. Ihsan Kitta said...

masih pada lugu2 ya mukanya, huauauha

 
At 7.7.08, Blogger rizqy nurhaqy said...

biar jadul juga keren..

 
At 14.7.08, Anonymous Anonymous said...

wah..sebenarnya wanita & ciri khas indonesia "jelas" banget di tahun 80 an...Sedih juga liat model sekarang...Indo2 semua...tapi bukan indonesia. Bahkan baju yang ditampilkan tidak menunjukkan ketimuran kita..malah kebarat2an..

 
At 23.7.08, Anonymous Anonymous said...

Ada satu majalah remaja yang muncul akhir 1980an dan merupakan adiknya majalah Kartini, Nona. Nggak sebesar apalagi bersaing dengan Gadis dan MODE, tapi lumayan bergema. Cuma beberapa tahun bertahan, trus masuk 1990 udah RIP.

 
At 23.7.08, Anonymous Anonymous said...

eh...sabrina ayunani kok nggak disebut?

 
At 28.7.08, Anonymous pakde said...

Ya....ampuuuuuuuuuuun beda buanget. Fashionnya alamaaaaaaaaaaaaaaaak. bingug juga mau bilang apa nih??? wong mode yang populer saat itu kan seperti ini. Asli merinding!
Yuk kita BREACKDANCE!

 
At 22.1.09, Anonymous kejarlah daku said...

Iwan!! (nda tau lengkap nya siapa)
ada yg tau iwan apa kabar? lucuuu pisan!
achmad juga ...

 
At 23.1.09, Anonymous Anonymous said...

vera kinan or vera ongko
dimanakah dirimu berada ?
aku temen SD kamu mau bikin reuni..
ikut yaa...

 
At 14.7.09, Blogger Asmara Dya said...

wooowwww... henidar amroe cwantiiikkk bangettttt wkt muda...
ehm, debby sahertian ternyata model dulunya...???

 
At 11.12.09, Anonymous Astaga.com Lifestyle on the net said...

Iya henidar amoe emang cantik banget..
Astaga.com lifestyle on the net

 
At 6.5.10, Blogger desti said...

kalo model era 80 mereka rata2 sukses juga sekolahnya misalnya mba wiwid yang lulusan UI, neno warisman juga dari UI, Marisa yang skarna juga hebat, dll.....kalo model2 skarang?????

 
At 31.10.10, Anonymous ednov said...

Gossipnya Saraswati di Spore ya, ada banyak model yangdilupakan di blog ini.. boleh nambahin ? Larasasti .. yg sempat jadi maskot kecantikannya Sari Ayu selama beberapa tahun, dan bikin agen model pertama di Indonesia, Expose bareng Mbak'e RAtih Sang, dan KIntan Umari..

 
At 7.12.10, Anonymous Anonymous said...

Wah ketemu photo2 lama :) ada keke suryo lagi susah cari photo lamanya tuh

 
At 27.1.11, Anonymous fadli said...

i like you blogs because add experience

 
At 22.2.11, Blogger tetapjayenk89 said...

UR BLOG IS FANTASTIS,,,i am 80' lover too,,would u please to post more WORLD WIDE about 80',,,
u know,,,America in 80,yaa somethin' like that,
hoooohohoho
keep moving bro,,
ue blog is fantastic,,,LIVE 80'

 
At 4.8.12, Anonymous Anonymous said...

ada juga yg namanya Ratih Soe & Yongki Komaladi

 
At 24.8.12, Blogger silit said...

Paling inget sama si Marisa Haque. Kalau majalah ada Gadis, Kartini, Femina, dan Aneka.

 
At 19.10.12, Anonymous Anonymous said...

ngefans sama Sophia Latjuba dan Btari karlinda, secara pernah melihat langsung waktu kunjungan analisis studi banding ke sekolah ke model tsb...

 
At 22.8.13, Blogger Kedai Mode said...

Vera Kinan keren bgt waktu, smp skrg masih inget di iklan permen dia pake kacamata hitam. Klo ga salah permennya cocorico

 

Post a Comment

<< Home