Sunday, September 09, 2007

Tiada Hari Tanpa Olahraga

Jaman 80-an kayaknya pemerintah kita getol banget membudayakan berolahraga buat semua masyarakatnya. Lumayan banyak kampanye dan gerakan nasional untuk membangkitkan semangat berolahraga. Bener juga sih, kalo rakyatnya sehat pasti negara jadi bisa berbuat lebih banyak.. ya nggak? ;)

Tokoh utama yang jadi pentolan gerakan2 nasional itu tentu saja siapa lagi kalo bukan Menteri keriting dan berkacamata, Abdul Gafur. Menteri yang tampak selalu energik ini sepertinya udah identik nancep di kepala semua orang sebagai Menpora, Menteri Pemuda dan Olahraga.

Wujud keseriusan untuk membangkitkan semangat berolahraga di seluruh tanah air paling keliatan dengan dicanangkannya Hari Olahraga Nasional pada 9 September 1983, tanggal yang sama dengan penyelenggaraan PON pertama di Solo pada tahun 1948. Kemudian untuk aplikasi nyata ada kampanye Hari Krida, seruan bagi seluruh masyarakat untuk berolahraga di hari Jumat pagi, yang kayaknya terutama di instansi2 pemerintah masih berlaku sampai saat ini.

Masih pada inget kan dengan slogan-slogan olahraga yang berkumandang di seantero nusantara?

"TIADA HARI TANPA OLAH RAGA"

"MEMASYARAKATKAN OLAH RAGA, DAN MENGOLAHRAGAKAN MASYARAKAT"


Komunitas 80-an lagi memperagakan SKJ dalam acara Jali-jali untuk TV O-Channel Jakarta


Mari Kita SKJ Bersama

Sekarang marilah kita mulai melakukan Senam Kesegaran Jasmani ini...
Oke berbaris yang rapi!!

Siap Grak!
Rentangkan tangan, Grak!! ...
ayooo geser geseeeerr.... tangannya jangan sampai bersentuhan!..
Tegak Grak!
Hadap kanan, Grak!
Rentangkan tangan, Grak! ...
luruskan dengan samping dan depannya...!
Tegak Grak!
Hadap kiri, Grak!...

Oke.. kita mulai SKJ hari ini..
[musik berkumandang]

Seri Pertama :
Latihan Pertama :
- Lari-lari di tempat dalam hitungan 2 x 8
- Lari-lari di tempat, sambil menengokkan kepala ke kiri dan ke kanan dalam hitungan 1 x 8
(yang bandel biasanya kalo temannya nengok ke kiri dia nengok ke kanan sambil nyengir atau melet ke temen di kanan, dan sebaliknya :D )
- Lari-lari di tempat, sambil menundukkan dan menengadahkan kepala dalam hitungan 1 x 8
- Masih lari-lari di tempat (kapan nyampenya?), sambil memiringkan kepala ke kiri dan ke kanan dalam hitungan 1 x 8... miringin kepalanya doang, nggak usah pake diangkat bahunyaaa...

Latihan Kedua :
- Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar ke kiri
- Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar balik hadap depan
- Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar ke kanan
- Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar balik hadap depan
(yang bandel biasanya matanya nyari pemandangan yang enggak2 :p )

Latihan Ketiga :
- Kaki rapat, lutut ditekuk, badan condong ke depan, tangan lurus ke bawah
- Putar kedua tangan ke depan, atas, belakang, bawah dalam satu hitungan, dua kali putaran
- Hitungan ke dua tangan berhenti di depan,
- Putar kedua tangan sebaliknya, ke bawah, belakang, atas depan, dua kali putaran.
- Lakukan dalam 2 x 8 hitungan. Yap kayak baling-baling bingung. :D


Latihan Keempat :
- Buka kedua kaki selebar bahu, letakkan tangan di depan dada dengan telapak tangan menghadap ke bawah
- Sentakkan siku dan lengan ke belakang kanan dan kiri. Lakukan 2 kali sentakan
- Angkat kedua tangan keatas, tarik badan ke belakang 2 kali
- Lakukan dalam 2 x 8 hitungan


Latihan Kelima :
- Buka kaki lebih lebar, rentangkan kedua tangan lurus ke samping
- Ayunkan tubuh ke bawah, sehingga tangan kanan yang tetap lurus menyentuh ujung kaki kiri
- Kembali ke posisi tegak
- Ayunkan lagi tubuh ke bawah, kali ini tangan kiri yang menyentuh ujung kaki kanan
- Kembali tegak
- Lakukan 2 x 8 hitungan


Latihan Keenam :
- Tutup rapat kedua kaki, bungkukkan badan dengan tangan lurus ke bawah
- Dorong badan membungkuk lebih dalam, angkat lagi, bungkukkan lagi
- Tegakkan tubuh dengan tangan di pinggang, sentakkan badan dan kepala dua kali ke belakang
- Lakukan 2 x 8 hitungan


Latihan Ketujuh :
- Lompat sambil membuka kaki lebar, dan menepukkan kedua tangan lurus di atas kepala
- Lompat sambil menutup rapat kedua kaki, dan menurunkan tangan menepuk sisi kiri dan kanan badan
- Lakukan 2 x 8 hitungan


Latihan Kedelapan (ambil nafas):
- Kaki dibuka selebar bahu, posisi tangan lurus ke bawah
- Sambil menarik nafas, tarik perlahan-lahan kedua tangan yang tetap lurus ke depan, ke atas kepala, lalu ke samping lurus.
- Sambil menghembuskan nafas, angkat tangan yang lurus ke samping kembali ke atas kepala,
- Lalu bersamaan tangan ke depan badan ikut membungkuk, hingga akhirnya tangan berada di bawah dan badan membungkuk penuh
- Kembali ke posisi tegak
- Dilakukan dalam 4 x 8 hitungan


Seri Kedua
Latihan Pertama :
Sama persis dengan Seri pertama.. lari2 ditempat.. lalu geleng2 kepala, angguk2, dan tengleng2..
Geleng nya nggak usah cepet-cepet. Di jaman 80-an belum ada yang namanya tripping :p

Latihan Kedua :
- Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat membalik 180 derajat ke kiri
- Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar balik hadap depan
- Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat membalik 180 derajat ke kanan
- Lompat-lompat di tempat 3 kali hitungan, hitungan ke-4 loncat memutar balik hadap depan


Latihan Ketiga :
- Buka kaki lebar, posisikan siku lurus ke samping, tangan di depan dada. Tangan kanan menggenggam tangan kiri.
- Tangan kanan mendorong tangan kiri kesamping kiri sehingga siku berada di belakang, dan badan memutar ke kiri. Dorong sebanyak dua kali.
- Ubah posisi tangan kiri yang menggenggam tangan kanan.
- Tangan kiri mendorong tangan kanan kesamping kanan sehingga siku berada di belakang, dan badan memutar ke kanan. Dorong sebanyak dua kali.
- Lakukan 2 x 8 hitungan... dorong dorong ... dorong dorong...


Latihan Keempat :
- Buka kaki lebar, tekuk kaki kanan kaki kiri lurus, berat badan ditumpu kaki kanan. Tangan kanan melingkar di atas kepala, tangan kiri di pinggang.
- Dorong pinggul ke kanan, kaki kanan ditekuk makin dalam, tangan kanan digerakkan ke arah berlawanan. Lakukan 4 kali.
- Ubah posisi untuk sisi sebaliknya
- Lakukan 2 x 8 hitungan, jangan sampe salah arah mendorong pinggulnya dan nggak usah goyang pinggul macem2.. ini senam bukan joget dangdut :D


Latihan Kelima :
- Kaki terbuka lebar, badan membungkuk, tangan lurus ke bawah
- Dengan tangan tetap lurus putar badan ke kiri, ke atas, ke kanan, dan kembali ke bawah
- Putar badan ke arah sebaliknya
- 2 x 8 hitungan juga.... maaaaak... puuuuusiiiiiiiiingggg...


Latihan Keenam :
- Kaki terbuka, kaki kiri maju ke depan dan tekuk sedikit. Tangan lurus ke atas.
- Dorong badan ke depan kiri menekan kaki, tangan dan bahu digerakkan ke belakang. Gerakkan 3 kali! ingat 3 kali, banyak yang salah cuman 2 kali.
- Hitungan ke-4 kaki kiri dikembalikan sejajar dengan kaki kanan dan tangan turun.
- Ganti kaki kanan yang maju dan badan didorong ke depan kanan. 3 kali juga
- Dilakukan 2 x 8 hitungan. Kayak patung di bunderan senayan gitu, tinggal kurang bawa pizza di atas tangan aja :D


Latihan Ketujuh :
- Kaki rapat, tangan lurus ke samping, angkat kaki kiri lurus ke depan
- Sambil melompat, tepukkan kedua tangan di bawah kaki kiri yang terangkat
- Rapatkan kaki, tangan kembali lurus ke samping, angkat kaki kanan lurus ke depan
- Sambil melompat, tepukkan kedua tangan di bawah kaki kanan yang terangkat
- 2.x 8 hitungan juga... Kalau kebetulan yang di depanmu adalah anak yang menyebalkan, sekalian aja tendang dia :D .. pura-puranya nggak sengaja.. hahahaha.. :D

Latihan Kedelapan (ambil nafas):
Sama kayak di seri I... capek nih mo nulis ulang.. *terengah-engah*

Kacaauu.. kacaaauuu.. nggak kompak! :p


Udah? capek?
Udah pada inget kan gerakannya?
Ayo kita lakukan sekali lagi
:D


Ditulis oleh: Q
Sumber: Kaset Senam Kesegaran Jasmani 1984, punyanya Yuanz



Tulisan lengkap dari artikel ini
sekarang sudah diterbitkan dalam bentuk buku
berjudul "Gaul Jadul" oleh Q Baihaqi,
terbitan Gagas Media, Juni 2009.



Segera aja dapatkan di toko buku langganan kalian yah cing...

64 Comments:

At 24.11.07, Anonymous anak SD 80-an said...

ooo cuma sampe 1988 ya? pantes abis itu gak ada lagi..

soalnya inget dulu pak guru olahraga jaman SD bilang SKJ diganti 4 tahun sekali.. hehehe..

 
At 25.11.07, Blogger Zulphiandie said...

Hehehe Mr.Q.. tertulis 9 Sep 2007 tapi keluarnya November :D

Para penggemar setiap masuk lapanpuluhan ketemu ama Megaloman jadi aja bosen sehingga komentnya baru satu.

Lagi SD daku juga pernah ikut lomba dan pas kelas 6 kami pasti ada di barisan paling depan sebagai contoh untuk adik-adik kelas tercinta.

 
At 25.11.07, Anonymous Q said...

Hehehe... udah dikonsep sejak sebelum 9 sept untuk diposting tanggal 9 sept. Sayangnya nggak kesampaian, baru waktu mau nongol di kompas memaksakan diri untuk menyelesaikan tulisan ini :D

 
At 26.11.07, Blogger Kobo Chan said...

lagunya di upload juga....

 
At 26.11.07, Anonymous Anton Sugeng S said...

dulu klo dengerin pas lagi tepuk tangan sambil lompat2.


"Dukun pelet- dukun pelut bapak loee..... 2x.."


Priiitttt.....priiitttt...2x....;


musiknya asik bgt... untuk aku masih punya lagunya...hehehheee...

 
At 26.11.07, Anonymous Anonymous said...

teng terenteng teng teng teng teng tenteng...terententeng...(80-an pasti bisa mendendangkan lagu pembuka senam pagi ini)

 
At 27.11.07, Anonymous dayflying said...

dulu waktu sekolah smp or sma kalo ujian olahraga harus senam skj ini sambil di tutup matanya or ngadep dinding biar gak nyontek

 
At 27.11.07, Anonymous bangtj said...

Wuihh... ini senam zaman gw masih di kelas 5-6 SD. Setiap Jumat, guru olahraga sdh meneriakkan, "Ayo siap-2." Tooop bgt....

 
At 27.11.07, Anonymous aku said...

Wah dulu SD sampe SMA ada acara senam pagi tiap hari apa gitu. Kalau nggak datang senam pasti kena hukuman disuruh lari keliling lapangan sekolah he3x..

Eh ada loh bagian gerakan senam yang aku suka, itu tuch waktu yang badannya membungkuk... sambil meneriakkan kata "Loooh kok kethok.... loooh kok kethok..." maksudnya paha siswi putri kelihatan tuch... he3...

 
At 30.11.07, Anonymous tegar said...

ada satu lagi mottonya "Mensana In cor Pore sano" didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat... senam lagi yuuuuuuuk.. heheheh

 
At 30.11.07, Anonymous Anonymous said...

wah.. aku jadi inget lagi jaman SMP tuh...
tiap tahun di Jakarta pasti ada lomba kesegaran jasmani, pake formasi pembuka segala, lalu SKJ terakhir formasi penutup..
Tingkatannya ada SMP-SMA bahkan nenek-nenek juga ada...
Lumayan sih, sering juara juga ;P..
Sampe aku pernah saking bosennya kepilih terus buat lomba, berantem sama guru olahraga...gw bosseeeeeeennnnnnnn...
Tapi teuteup gurunya maksa, soalnya daku paling depan and komandannya...wakakakakak...
thanks q buat posting-nya...
Jadi kangen teman lama....

 
At 2.12.07, Anonymous Hunny said...

Aduuuh.. bener-bener jadi KANGEN banget jaman2 SKJ/SPI dulu. Klo ga salah waktu itu lg mulai belajar/ngafalin SPI seri C..rada susah. Pokoknya fun banget jaman dulu itu.. daripada skr..ancur

 
At 3.12.07, Blogger maskun said...

waktu itu gw baru kelas 2 sd ketika skj diperkenalkan pertama kali. Pas pelajaran olah raga, guru kelas ngajarin senam yang lama.gw ogah, minta skj yang baru. karena guru kelas lom bisa, ya udah akhirnya gw yang ngajarin temen temen sekalian ngajarin gurunya.

Mulai kelas 4, kira-kira tahun 1983an sering diadain lomba skj antar sd.

 
At 3.12.07, Anonymous rikigede said...

rhoma irama dulu dicekal karena dia mendukung PPP.

 
At 4.12.07, Anonymous arri said...

@rhoma irama.. iya, dia dicekal karena mendukung PPP... setuju untuk rikigede..

ga nyangka ada SKJ disini.. :-D
hiks hiks... asli, tiap jumat pagi lewat di depan kantor pemerintahan pasti nampilin muka pengen... pengen ikutan senam...

tuh kan, sebenarnya itu kan bagus banget, kenapa ya ga dimunculin lagi.. daripada ga jelas... padahal ini jelas2 jadi sehat tuh...

Miss the 80s..

 
At 4.12.07, Anonymous Irsan said...

SKJ dulu kayaknya ngikutin model jaman penjajahan Jepang dulu, Senam Taisho...setiap pagi semua tentara, anak2 sekolah dan pegawai pemerintah disuruh senam pagi dan menghadap matahari...Kalo kita dulu senam SKJ hampir dibilang senam wajib, di sekolah, kantor, di TVRI juga sering banget...Kejuaraan antar kampung setiap 17-agustusan juga sering ngelombain SKJ...
Gile dulu kita disuruh hafalin gerakannya yang banyak itu..ada ujiannya bener tuch..
iRs@N

 
At 5.12.07, Blogger muhammad said...

secara gue sekolah di sd kampung antah berantah, jadi walopun bru masuk sd th 88 ue masih ngalamin SPI seri terakhir. nah pas udah kelas 3-4 an baru SKJ. dulu tiap jumat, sebelum skj harus lari dulu eliling kampung ( dan ternyata sekarangpun masih hehehe) abis itu baris di hlaman, rentangkan tangannya, kemudian lau terengtengteng mengalun dari tip kompo yg suaranya sisambunin ke toa jadlah kami2 semua dengan riang gembira bersenam ria hehehe

 
At 5.12.07, Blogger Mayaa said...

hahaha...gw dulu pas SD di surabaya di tahun 84 sempat jadi anggota tim skj buat mewakili kecamatan tegalsari-surabaya selatan-buat ikut lomba skj di balai pemuda-seru!!!dari sekolah dicarterin 4 bemo/angkot...habis lomba dari jam 8-2 konsumsinya milo dingin & telur rebus+nasi bungkus,terus nongol di koran jawa pos besok paginya...seneng banget walaupun kalah...

 
At 5.12.07, Blogger ichaAwe said...

jaman SKJ ..waktu itu aku masih SD...seneng bangeeetttt...secara tiap hari jumat pasti SKJ bareng satu sekolahan... aku suka jd komandan gituuuhh... kekekekekekek

 
At 7.12.07, Anonymous Novan said...

kalo gw pernah ikutan lomba SPI di Ancol taon 81...masih TK boo..tapi tim gw menang. Abis itu jalan-jalan ke ancol, gw ikut sama keluarga temen gw karena nyokap nitip gw ke nyokap temen gw, sedih bgt ngeliat temen gw bisa keketawaan sama keluarganya, mancing ikan-ikanan dari sterofoam sedangkan gw bengong..

 
At 8.12.07, Blogger ime' said...

kekekekekek... sumpah gue ampe muntah-muntah waktu dulu baca gerakan-gerakan SKJ dulu :)):))

*di sekolah selalu ada SKJ tiap hari Jum'at jam setengah 7 pagi, dan gue selalu telat :P*

 
At 10.12.07, Anonymous niken said...

skj jaman SD dulu....semua wajib harus ikut senam...hore!!! Yang terlambat, disuruh nyapu halaman depan kantor kepala sekolah kekekekk

 
At 11.12.07, Anonymous Anonymous said...

he..lari pagi (lari pagi) pagi-pagi lari pagi...membawa televisi..lari pagi !!!

 
At 11.12.07, Anonymous PakdeDanang said...

Pohon Kemiri dipinggir telaga...
Tiada hari tanpa olah raga..

Tahun itu emang eranya "slogan" he he

 
At 12.12.07, Anonymous enny arrow said...

Cerita ini adalah sebuah kejadian nyata yang terjadi sekitar dua tahun yang lalu saat saya masih asyik berkecimpung di dunia pergaulan malam, dunia yang tak jauh dari keremangan lampu diskotik dan cafe, narkoba dan seks bebas. Dumangdati kalau menurut istilah teman-teman saya, DUnia MAlam NGgak aDA maTInya. selanjutnya...

 
At 12.12.07, Anonymous Yuanz said...

yaolooohh.. dulu gw suka blingstan tiap pagi nyari2 kaos olah raga sekolah.. soalna klo ikutan senam tapi ga pake kaos ol-ga bs dimarahin ma pa/bu guru..

^_^

 
At 15.12.07, Blogger reynaldi wirya said...

pakde q.. koq lari pagi rhoma irama doang... kan ada lari pagi punya ervinna juga...

 
At 27.12.07, Blogger DeRingTone said...

Ada yang punya MP3 lagu SKJ ga..
kangen sama dukun peletnya....

 
At 5.1.08, Blogger Ally said...

Jaman SD SKJ banyak berubah. Blom setahun kit audah harus hapal lagi yang gerakan yang berikutnya.

SKJ 88 dapat waktu kelas 1-2 SD. Sekarang mah dah lupa...

 
At 13.1.08, Anonymous Ant said...

Huhuhu.. iya.. jadi teringat masa lalu yang tak usang.
Gimana kalau 80 an ngadain SKJ gitu.. sekali kali, di senayan.
Intrukturnya di siapkan dengan benar + lagunya.
Terus bajunya... wajib pakai training, bukan kaos n celana jeans gitu. bisa di usir guru olah raga.

@nt

 
At 14.1.08, Blogger sari said...

Wow, ini senam langganan bikin sekolah ku di SD. Xaverius Kotabumi-Lampung Utara juara terus
tiap lomba antar SD, ada yang alumni SD. Xaverius, Kotabumi -Lampung Utara?
Pengajarnya pak Paijo guru Olah raga yang baik hati.

 
At 25.1.08, Anonymous kupunya19 said...

ada yang punya lagunya SKJ'80 gak???? aku lagi nyari nih... kebetulan di artikel ini ada gambar gerakan skj'80nya lumayan ngebantu. kalo ada yg punya mohon konfirmasinya yah....
emel saya di kupunya19@gmail.com
makasih

 
At 26.1.08, Blogger guni said...

aduh.....kalau ingat senam ini. ampyun deh gak sd, gak smp teteuo kekeuh jumukeuh every jumat deh mausti berangkat apgi cuma buat ini senam doang

 
At 21.2.08, Anonymous Anonymous said...

Lagu SKJ lagi diupload neh di MP ku.
www.youdid.multiply.com
cari aja di sectiom music....

 
At 23.2.08, Blogger Etika said...

waktu SD gw jadi salah satu anggota tim untuk ikut lomba SKJ antar sekolah tingkat kotamadya di tempat kelahiran gw loh :D :D
keren gak tuuh....

 
At 25.2.08, Blogger tatyana said...

yeah, karena menurut gue gerakakan SKJ rada susah, maka aku ciptakan sendiri gerakannya dan gue beri nama senam 'SaKarepe Jewe'

 
At 11.3.08, Blogger woelank said...

kok gw jd kangen ama lagunya.. ada yg punya mp3nya... mo dijadiin ringtone hp

 
At 30.3.08, Anonymous ivie said...

pengalaman terbaik senam SKJ dari SD mpe kapan yah.. SMP ma SMA masih ada senam ga yah.. dah lupa. tp yg paling berkesan.. tahun 96 gue ikutan acara Temu Karya KSR PMI ke -2. Ada lomba SKJ ..... baru juga mulai nyampe tengahhh ehhhhhhhhhhhhhh gue pingsan dengan sukses.... hahaha abis itu tim gue menang juara berapa gitu buat skj. hahahaha

 
At 16.4.08, Anonymous titin said...

hehe,... hebat euy yang nulis blog ini, lengkap banget data n gerakannya SKJ, salut euy,..!!
sepakat, aku juga pengin bisa download lagunya SKJ, ada yg punya?
asik juga kayaknya tuh kalo dibuat ringtone,.. :)

titin sept

 
At 23.4.08, Anonymous Anonymous said...

Setahu saya SKJ itu sampai 92 deh..
bukan sampai 88 aja..

CMIIW

 
At 11.9.08, Anonymous Desta said...

Jadi inget waktu kecil diajakin bunda senam. Habis itu dibeliin ice cream.

 
At 9.10.08, Blogger Ferry said...

SKJ ampe 1992 masih ada gue udah smp n masih wajib senam kalo gak salah.
tapi ada sisi positifnya kalo ada seri SKJ baru jadi pada rukukn Nyokap minta ajari anaknya yang udah bisa.. ibu2 PKK jadi belajar ama anak2 sekolah...

 
At 8.2.09, Anonymous Anonymous said...

ada yang punya link lagu skj '84 ?? udah nyari di mana2 gak ketemu nih :)

 
At 12.3.09, Anonymous TrueBlue said...

Ini dia SKJ '84..
http://www.imeem.com/people/Kpykn/music/H8614iy5/nn-senam-pagi-indonesia/

 
At 15.3.09, Blogger robbicahyadi said...

wakakakakak inget dulu. tengkyu2

 
At 23.9.09, Blogger Doddy said...

seruuu jaman 80 an jaman sd gue wajib ikutin nih senam pas kelas 3 sd tiap sabtu pagi...1 skul berbaris dikelompokan berdasarkan kls...wahhh nostalgia bgt...anyway link buat download lagu mars nya dunkkk...pgn flash back buat anak gue...wakakakkk

 
At 1.10.09, Anonymous Diachra said...

Free4All jadi inget waktu masih SD

 
At 1.10.09, Anonymous ferumx said...

kegiatan senam bisa menambah imunitas tubuh, so i like it
Belajar Bisnis

 
At 1.10.09, Anonymous Game said...

Gadget Home menyenangkan sekali kalau setiap jumat senam coz waktu jam pelajaran jadi agak cepat

 
At 4.11.09, Anonymous atha lakuary said...

dulu terakhir SKJ sewaktu SD kira-kira 9 tahun yang lalu :D

jadi kangen SKJ pas SD :(

 
At 19.11.09, Blogger SaVoy TruffLe said...

wah,
sloganny pernah diplesetin sm Indro i 'Sama juga Bohong':

..dalam rangka memasyarakatkan Robot, dan MeROB....maksud saya memasyarakatkan olah raga dan mengolahragakan masyarakat. ting teng teng teng teng tiiing..tererereng'

 
At 11.12.09, Anonymous Astaga.com Lifestyle on the net said...

Takut kalau senam SKJ soalnya kudu hapal semua gerakanya...padahal banyak banget ...
Astaga.com lifestyle on the net

 
At 17.12.10, Blogger Luqman Hakim said...

Nice post. Thanks, it's very inspired.

 
At 11.2.11, Anonymous Anonymous said...

hahaha...jadi inget masa SD dulu......
bukannya ikutan senam, malah becanda...... ^_^

 
At 17.4.11, Anonymous Dico Hinop said...

Mantap Mas....Ane Suka!!

 
At 26.4.11, Anonymous manusia jadul said...

salam jadul.ini alamat lagu teng teng teng teng teng nya:http://www.4shared.com/audio/nHEKYEyL/SENAM_SKJ_84.html.

 
At 26.7.11, Anonymous Anonymous said...

gambarnya kecil2 bngt,,,,ga bs di edit sih
maklumlah saya generasi 80an jadi mulai sulit melihat tulisan yang kecil2

 
At 13.4.12, Anonymous yusufalgebra said...

Hahahahahahahah..., gara-gara kaset SKJ '92, gw dituduh sama walikelas V SD gw kalo yang ngilangin kaset senam itu, secara yang sering minjem balik ke rumah kaset senam ini adalah gw..., pas kaset ini ilang..., gw yang di tuduh... usut-diusut, cari dicari, gak taunya kaset itu ketemunya di dalam buku di atas lemari ruang kepala sekolah gw..., capek deeeeeeeeeeeh..., gw sampe nagis depan kelas karena dituduh... setelah itu walikelas gw gakminta maaf lagiiii...

 
At 27.4.12, Anonymous Anonymous said...

bpk2/ibu2 semua yang ada di sini .... ada yg punya video gerakan nya gk, minta tolong di share doonnnkkk!!!! tolong di email ke tari.shafira@yahoo.com yaaaaa... mkasih sbelumnya ^_^

 
At 20.7.12, Anonymous Anonymous said...

gara2 skj ini nyokap ku ngadain gerakan wajib senam tiap abis solat subuh bagi semua anggota kluarga. semua penghuni rumah pada menggerutu krn ga bisa bobo lagi abis subuh..untung cuma brtahan beberapa hari.soalnya nyokap lama2 suka telat bangun pagi..ngga tau abis ngapain..

 
At 11.6.13, Anonymous Anonymous said...

gmana cara copasnya?

 
At 11.7.14, Blogger jaelani rahmat said...

salam kenal :)
senam SKJ ini apkh asli dri indonesia atau bkan yah ?? n knapa snam SKJ ini koq dwajibkn oleh pemerintah ??
oiya btw dmna yah tmpat yg mnyediakn baju senam murah tpi berkualitas baik ??
maksih, salam sukses

 
At 16.7.14, Blogger Khoirun Nasikhin said...

Salam kena Sis
Olahraga senam apa yang bisa menambah tinggi badan?
dan mau tanya, menurut sis baju senam wanita berbahan apa yaa yang paling nyaman dipakek senam?

 
At 16.7.14, Blogger Khoirun Nasikhin said...

Salam kena Sis
Olahraga senam apa yang bisa menambah tinggi badan?
dan mau tanya, menurut sis baju senam wanita berbahan apa yaa yang paling nyaman dipakek senam?

 

Post a Comment

<< Home