Monday, January 08, 2007

Nagabonar: Apa Kata Dunia!??

Film terbaik 1987, Aktor Terbaik (Deddy Mizwar), Aktris Pendukung Terbaik (Roldiah Matulessy), Cerita Asli Terbaik dan Skenario Terbaik (Asrul Sani), Penata Suara Terbaik (Hadi Artomo), dan Penata Musik Terbaik (Franki Raden). Itulah antara lain sederet piala Citra di tahun 1987 yang diborong oleh film yang satu ini di perhelatan Festival Film Indonesia.

Cover VCD Nagabonar

Kayaknya sih nggak bakal ada yang berani protes dan meragukan pilihan juri yang begitu royal menyerahkan sebagian besar piala Citra FFI 1987 untuk film yang disutradarai MT. Risyaf ini (yang sayangnya nominasi sutradara terbaik pun nggak kebagian). Apa lagi sampai ada yang ramai2 ngembaliin piala Citra nya :P ... Karena film yang satu ini dilihat dari banyak sisi memang sangat layak untuk mendapatkan penghargaan. Apalagi film ini juga... Sangat Orisinal!

Seandainya kalo saja andaikata protes seperti itu dihujatkan pada film ini, Nagabonar pasti bakal teriak2 dengan logat batak kentalnya : APA KATA DUNIAAAA..!!??

Nagabonar

Nagabonar

Nagabonar

Nagabonar

Nagabonar

Nagabonar

Nagabonar

Nagabonar



Yang Nonton: Q
Sumber: VCD Nagabonar, dapet nemu di Glodok :)


Tulisan lengkap dari artikel ini
sekarang sudah diterbitkan dalam bentuk buku
berjudul "Gaul Jadul" oleh Q Baihaqi,
terbitan Gagas Media, Juni 2009.



Segera aja dapatkan di toko buku langganan kalian yah cing...

56 Comments:

At 8.1.07, Anonymous mangdin said...

emang top benget ni pilem .........
Jadi inget waktu nonton pertama kali filem ini di layar tancep dekat rumah :D

 
At 9.1.07, Blogger Ira said...

beneran tuh ada di Glodok???/ minta dicariin ama adik ach

 
At 9.1.07, Blogger Ina said...

sampe sekarang masih terkenang-kenang sama film ini...dan so pasti gak lupa sama kata-kata naga bonar itu...!
sip deh!

 
At 10.1.07, Anonymous Anonymous said...

nagabonar... salah satu dari sedikit film indonesia yang layak tonton.... dan yang paling gak bisa dilupain si Lukman dari Mayor turun pangkat jadi sersan mayor gara-gara ketahuan menghamili cewek di desa itu.....
i love this blog

 
At 11.1.07, Anonymous Eny said...

Ketika detik2 pembacaan pemenang piala citra film terbaik akan diumumkan, kita serumah langsung teriak NAGABONAR!! ... dan ternyata benar. Memang film ini bagus banggeth!

 
At 11.1.07, Anonymous Anonymous said...

pak, yang jual VCD nya di glodok belah mana?

 
At 11.1.07, Anonymous Anonymous said...

iya euy...
saya sudah cari2 seantero penjual vcd dari bajakan sampe orig kagak nemu...
klo bisa cariin, boleh dong saya titip kirim, saya ganti deh semua ongkosnya...beneran nih...
help ya, saya ngefans banget sama nih pilem..

 
At 12.1.07, Anonymous Anonymous said...

"Masa dari mayor jadi sersan mayor bang ?"... "ahh... aku turunkan pangkatmu jadi kapten mayor nanti kau protes pulak...", "pangkat macam apa pulak itu..."....." sersan mayor kan yg penting tetap mayor"... APA KATA DUNIA!!?!, ini film terakhir kali gue tonton di festival film Berlin tahun 89 atau 90.. film bagus emang

 
At 12.1.07, Blogger masdhiet said...

Huahahahaha ....
Spt.biasa cuman lapanpuluhan yang bisa begini ... gue gak bakalan bosen sama pilem yang satu ini ...
Perasaan dulu Nurul Arifin cantik banget di filem ini .... Yang paling gue inget waktu Nagabonar nunjukin di peta letak kekuatan pasukannya, dia liat ke atas dulu terus telunjuknya langsung jatuh di peta pas di posisi pasukan Belanda ... Karena gue dulu gak tau sistem kepangkatan di tentara waktu si Lukman dihukum diturunin pangkat dari Mayor ke sersan mayor semuanya pada ketawa including bokap ( do'i tentara soalnya ) en cuman gue doang yang bengong dimana lucunya ....

Gue gak yakin pilem Nagabonar 2 bakalan ngetop kayak yang pertama apalagi yang jadi anaknya nagabonar si tora sudiro ... Biasanya yang kedua bakalan garing gak kayak yang pertama ...

 
At 12.1.07, Anonymous Anonymous said...

kalo lg dateng malarianya "kayak kereta dari lubuk pakam", trus disuruh pegangin dah tembok rumahnya.......skali lg baca ceritanya gw masih ketawa ngakak ngebayanginnya.....ha ha ha ha ha ha ha ha ha


kangen banget gw ama itu pilem...

 
At 13.1.07, Anonymous Anonymous said...

ni pelem emang kagak ada mati nyeee dah!!

 
At 15.1.07, Anonymous joni jontor said...

spakat coi.
gilebener tuch naga.
huahaha, paling suka sama emak naga, walopun galak plus ngomongnya kasar, dia sayang banget sama naga yah.

Adegan romantis penuh pengorbanannya waktu naga maen catur demi kekasihnya.

aduuh hebatnya

 
At 15.1.07, Anonymous Anonymous said...

owh gitu ta critane.. dulu aku masih kecil banget pas film-nya diputer, jadi ga paham critanya... hehehe...

btw, blog nya lucu, jadi inget tadi pagi kakak-nya Dian puter mp3 lagunya Gombloh - Apel.
"apel.. di malam minggu.. ya yaya ya"

 
At 16.1.07, Blogger Yayi said...

duh..emg ga ada matinya deh neh pelm.. kocak.. bagus pula... ga bakal lupa deh pokoknya..hihihi..

yang paling yi inget neh dr pelm ini, pas adegan si nagabonar meriang karena sakit malaria.. Duh.. Dedy Mizwar dapet banget deh meraninnya..

Kok pelm2 sekarang ga ada yg kyak gini yah?

 
At 16.1.07, Anonymous @nt said...

Waah.. Om Q...
pelem keren tuh.
boleh minta di beliin atau kopiin.
nanti titipin ke zack .. err.. irvan
ntar tak ganti.
semogaaa bisa.

Hidup 80 an..

@nt

 
At 17.1.07, Anonymous Anonymous said...

wah...!gw baru tau jaman dulu ada film yang baguss buanget kayak gini ..! hebat-hebat juga orang jaman dulu yah....! top abissssss

secara gitu umur gw baru 15 tahun ! tapi gw yakin kalo ni film bakalan meledek kayak yang pertama duku..! abis setau gw film yang di tunggu2 tahun2007, yaaaaa ni film..

ya... apa lagi di ni film juga ada bintang berbakat TORA SUDIRO.., uh gw pokokna ga mau ketinggalan ni film,....

 
At 18.1.07, Anonymous vero said...

Beberapa minggu yang lalu saya nonton ama teman-temen di TIM. waduh, yang nonton heboh, seru, riuh rendah, dan penuh dengan gelak tawa jenaka. Film Nagabonar emagn rawkkkks deh pokoknya. Keren banget. Kapan ada lagi film kayak gini yah?
*btw blog ini saya link ke blog saya ya.....*

 
At 18.1.07, Anonymous Kirana said...

Mungkin emak gw terinspirasi film ini ya waktu ngasih nama gw, secara gw emang lahir taon 80-an....gpp deh, keren juga nama gw..iya kan? :D

 
At 18.1.07, Anonymous Anonymous said...

Ini bener-bener film yg dahsyat...biarpun masih menjelang akhir SD saat nonton ini film di bioskop Megaria (haha), tapi sampe skrg gw masih inget cerita & tokoh2nya yg gokil-gokil. Ini jg salah satu film favorit bokap yang sama-sama orang Batak bah kayak si Nagabonar ini hahaha
Oh btw, saluuttt berat buat si empunya blog 80an ini....U did a great job!!!!!

 
At 18.1.07, Anonymous Anonymous said...

Alaaamaaak...ini pelm yang paling aku suka. Gue masih klas 6 SD kali saat itu..trus pas ada karnaval 17 an, asli gue minta Nyokap bikinin baju Nagabonar...plus pedang samurainya. Jadilah gue dipanggil bonar sampai sekarang kalo ktemu teman2 masa kecil.

 
At 13.2.07, Anonymous yudia said...

hebat lah
jaman tempo doeloe mah
nda bisa terkalahkan ide-idenya
and
itu adalah salah satu pilem paporit ku lo

 
At 23.2.07, Anonymous Anonymous said...

maret nanti, tepatnya tanggal 29 maret, bakal dirilis sekuelnya. Judulnya NAGABONAR JADI 2. Disebut jadi 2, karena NAGABONAR sekarang punya anak. Namanya BONAGA (diperankan TORA SUDIRO). TORA bilang, perannya dalam film ini memang bermaksud untuk mendongkrak peran-perannya dalam film-film sebelumnya yang jeblok.
Film ini memang akan berbeda dnegan filmnya terdahulu, tapi nggak akan kalah seru. Bahklan banyak kritik sosial yang relevan dengan masa kini (seperti film-film Deddy Mizwar terdahulu: KIAMAT SUDAH DEKAT dan KETIKA).
Nonton deh. Aku sudha nonton off-line, keren banget.
Tak salah menurut polling sebuah situs berita, yang menghasilkan; FILM INI merupakan yang paling ditunggu di tahun 2007.

 
At 27.2.07, Anonymous Anonymous said...

jadi inget jadul...padahal kalo dipikir² baru umur berapa tahun tuh aku but..kok ampe sekarang masih begitu inget ya? inget kalo pernah nonton pilem NAGABONAR ampe beberapa kali tapi jumlah pastinya yang aku lupa...:) sweet

 
At 4.3.07, Blogger Rahmat Kurniawan said...

itu pilem emang top markotop, sampe sekarang aku masih nyimpan vcd nya..

 
At 6.3.07, Anonymous Anonymous said...

Wah, kalau ini sih aku punya.
Dapetnya di Glodok. VCD asli pakai hologram dan pajak. Harga Rp cukup Rp 7500 saja. Kalau versi DVD sih belum ada. Emang jaman dulu ada DVD?

 
At 27.3.07, Anonymous Anonymous said...

Coba cari di Glodok, orang sering bilang penampungan, ada macam2 vcd/cd/dvd baik yg ori atau bajakan.

Filem ini emang nggak ada matinyeeee..hahahaha...semoga sekuel yg ke 2, sukses juga!!!

EB

 
At 27.3.07, Anonymous Anonymous said...

kalo ingat nih film jadi ingat ama tentara belanda yang jadi bulan-bulanan pasukannya nagabonar. sampai mukanya jadi item terkena bom pasukannya nagabonar. tapi menurut gw yg paling menarik di film ini adalah kisah tentang hubungannya dengan orang2 didekatnya terutama hubungannya sama sobat sejatinya si bujang."Meskipun pangkat kau kopral tapi jam tanganmu mayor." emang top ni film

 
At 27.3.07, Anonymous Anonymous said...

kalo menurut aku sih lebih menarik ngeliat kepatuhannya sama emaknya, seperti dalam dialog "sudah dikejar-kejar polisi lagi kamu? aku malu disuruh sekolah lari, disuruh belajar agama kau mencopet, sana belah kayu dulu!" nagabonar ngejawab "sama apa mak?" sambil menunjuk samurai yg dibawanya "itu sama parang yang ada di pinggang kau!"
alamak.....
dan juga scene waktu dia menggendong ibunya sampai-sampai dia disoraki anak-anak kecil
"Naga kesini kau!"

 
At 30.3.07, Anonymous Anonymous said...

kalo nagabonar (1) disebut sebagai film yang 'nggak ada matinye', nagabonar (jadi) 2 juga kayaknya akan 'nggak ada matinya' juga. dalam pemutaran di hari pertama, 29 maret 2007, di bisokop jabotabek plus cirebon, nagabonar (jadi) 2 disaksikan 6.369. ini belum termasuk bioskop jateng, jatim, sumatra, kalimantan, dan sulawesi.
bioskop-bioskop 'mati' di jakarta untuk film indonesia di jakarta, seperti TIM misalnya, tiba-tiba padat.
bagaimana komentar filmaker lain dan penonton tentang film ini? ntar deh gue postingin ya.....ya....ya...?
kalau ternyata film sebagus ini tidak sukses, wah, APA KATA DUNIA?

 
At 2.4.07, Anonymous Anonymous said...

ini saya postingin pendapat riri riza (sutradara film GIE, 3 HARI DAN SELAMANYA) dan hanung bramantyo (sutradara juga) tentang film NAGABONAR JADI 2:

RIRI RIZA
(penulis skenario dan sutradara)

NAGABONAR JADI 2 memberi gagasan dan pesannya sendiri.
SEPERTI film-film Deddy Mizwar sebelumnya, NAGABONAR JADI 2 juga punya pesan yang sangat kuat. Ini pesan Deddy Mizwar terhadap zaman. Ini zaman yang sangat relevan bagi orang seperti Deddy untuk berkomentar.
Ini timing yang tepat untuk sebuah film yang pernah jadi legenda, yang selalu kita sebagai puncak perfilman indonesia, dibikin kembali.
Dari segi teknis, performance akting sangat luar biasa. Bahkan kualitasnya lebih bagus dari film-film sebelumnya. Di antara begitu banyak pesan, terjadi juga banyak drama, banyak humor, banyak pukulan-pukulan yang dekat dengan persoalan-persoalan hari ini.
NAGABONAR JADI 2 mempunyai potensi yang kuat sekali untuk menjadi film yang sangat penting dalam peta perfilman Indonesia. Selain itu, film ini sangat penting juga sebagai sebuah komunikan, sebagai sebuah karya dari seorang pembuat yang sebenarnya tidak datang dari generasi baru. Deddy Mizwar, biarpun tidak datang dari generasi sekarang, tapi komunikasi yang dia bikin menyentuh sebuah generasi.
Saya berharap film ini, di dalam momen sekarang, bisa mendapat perhatian. Karena ketika film seperti ini mulai mendapat perhatian, harapan kita terhadap film Indonesia yang baik dan kuat akan muncul kembali. Sebab, sekarang, kita selalu merasa film yang bakal laris adalah film jenis ini dan ini.
NAGABONAR JADI 2 bisa menjadi sangat penting, karena tidak banyak film yang memilih jalur menyampaikan gagasan serius. Sebab ada semacam ketakutan dari pembuat film, bahwa film dengan gagasan serius akan berat untuk bisa mempunyai arti di pasar. Film sekarang jadi sebuah pembicaraan pasar, laris atau tidak, dan bagaimana punya arti dalam masyarakat dalam arti luas.
Kita tidak mungkin lagi membicarakan NAGABONAR dalam bandingannya dengan NAGABONAR JADI 2, karena jelas sekali NAGABONAR JADI 2 sudah memberi gagasanya sendiri dan pesannya sendiri. Jadi, kita tidak melihat NAGABONAR JADI 2 merupakan sebuah kelanjutan, tapi sebagai sebuah komentar zaman. Dengan cerdas sekali skenarionya memposisikan film ini terhadap film NAGABONAR sebelumnya, dengan adegan ketika Nagabonar berada di depan kuburan tiga orang yang dicintainya pada awal scene. Ia seolah bicara dan berdialog dengan masa lalu: “Sudahlah, kau sudah ada di sana. Sekarang ini persoalan baru, persoalan yang berbeda sama sekali.”
Jadi, kedua film ini menjadi penting dalam peta perfilman Indonesia. Film NAGABONAR menjadi lebih penting dengan adanya film NAGABONAR JADI 2.


HANUNG BRAMANTYO
(sutradara)

Orisinil. Meski ada pesan yang hanya bisa dinikmati orang tua, tapi cara penyampaiannya disampaikan dengan angel-angel anak muda. Ini bedanya dengan dua film Deddy sebelumnya, KSD dan KETIKA, yang kurang populer di kalangan anak-anak muda. Dalam NAGABONAR JADI 2 ada kombinasi yg bagus. Angel-anglenya anak muda, warna-warnanya anak muda, DAN modernnya dapat. Itu yang membuat film ini dekat dengan anak muda.
Semua adegan menarik. Di depan patung Jenderal Sudirman, mislanya, sangat bagus. Yang paling menarik, pertengkaran bapak-anak mengingatkan saya pada hubungan saya dengan orangtua saya atau hubungan saya dengan anak saya.
Kekurangannya, di tengah-tengah, cerita mengalami disorientasi. Orientasinya tak jelas mau kemana, dan membuat saya sempat bingung karena tak ada yang mengaitkan otak saya dengan cerita. Tapi kemudian, dalam 20 menit terakhir, bisa dikerucutkannya lagi.
Ending-nya buat saya kurang menggigit dibanding NAGABONAR dulu. Saya sih berharap, ending-nya, Nagabonar kembali ke Medan, dan kembali ke kuburan dan main bola. Seperti di NAGABONAR dulu, openingnya perang dan endingnya pun perang. Ada cycling di sana, itu yang menarik buat saya. Saya tak menemukan hal itu dalam NAGABONAR JADI 2.

 
At 4.4.07, Anonymous Junkerz side B said...

ini filmnya ok banget, tapi ada 6 keanehan yg masih belum ketemu jawabannya nich.. ;-)

 
At 5.4.07, Blogger ewink said...

Debutnya Nurul Arifin bukan di film Nagabonar tetapi di film Hati Yang perawan, sebelum Nagabonar dia juga sempat main film Kelabang Seribu segala.

Nagabonar jadi 2 berhasil dalam waktu 2 jam memporak-porandakan gagasan yang udah dibangun oleh Asrul Sani dan MT Risyaf

 
At 10.4.07, Anonymous Anonymous said...

gw udah nonton nagabonar jadi 2 wah susah di ceritakan dengan kata ini film bagus banget dan juga bikin kita ketawa sampe perut sakit apa lagi pas liat polisi di marahin jendral nagabonar, lucu abis..... 2 jempol buat yang bikin main dan yang muterin TOP abis, sekarang gw jadi pingin hunting film naga bonar please kasih tau dung dimana belinya ( nagabonar & Bonaga ) nama yang kocak

 
At 15.4.07, Blogger Hannie said...

kerennn!!!
bagian terbaik adalah waktu, "Turunkan tanganmu, Jendral!! Tak semua yang lewat jalan ini layak kau hormati!!"

Nendanggggg, gak seeeehhh...

 
At 19.4.07, Anonymous hafiz said...

Saya habis nonton nagabonar 2, dan baru ngeh dengan beberapa bagiannya setelah baca review ini. Terima kasih banget mas!

(review nagabonar 2 saya di sini: http://hafizr.wordpress.com/2007/04/19/kamu-sudah-bikin-aku-mati-bonar-sebuah-review/ )

 
At 20.4.07, Anonymous edo said...

senang bergabung dengan pencinta naga bonar :) great lah pokoknya. same queastion, tolong jika ada yang tau dimana nyari nagabonar 1

http://www.edo.web.id/wp/2007/04/03/naga-bonar-jadi-2-fully-recommended/

 
At 31.5.07, Blogger eR-na said...

waktu nonton sekuelnya, masih mbayangin kira2 gimana cerita sebelumnya (maklum, belum pernah nonton Nagabonar. masih terlalu kecil kayanya). jadi tau deh sekarang

Nagabonar jadi 2, juga TOP BGT
satu-satunya film (yang pertama) yang bisa menyeretku buat masuk 21.
bikin perut sakit karena nahan ketawa tapi juga berurai airmata. palagi pas adegan Nagabonar minta maaf sama Bonaga karena tidak membesarkan dia dengan kelembutan hati. yang di depan patung Sudirman juga dink. dalem bgt maknanya. pokoknya keren dah!!

 
At 9.6.07, Anonymous Anonymous said...

ALAMAAAK...APA KATA DUNIA????
Top abis deh film ini...sekuelnya juga OK...
Bung Deddy Mizwar bikin filem perjoangan yang lucu2 lagi deh biar anak2 kita yang generasi abad 21 bisa tau jaman buyut2nya dulu

 
At 29.7.07, Blogger Ajier said...

Seneng bisa join di blog ini..
Kami masy Indo di Brisbane baru kemaren (28 Jul) bisa nonton Naga Bonar Jadi 2. Tawa dan airmata tak terhindarkan. Romantisme Naga dan Kirana di Nagabonar 1, lagu2 perjuangannya, plus suasana Jln Sudirman, bikin luluh hati kita..menahan rindu kampung halaman kita.. ternyata kita bangga dengan Indonesia.. Bravo Naga, bravo blog 80-an nya !

 
At 9.8.07, Anonymous youdid said...

Gara2 film nagabonar gw jd tau lagu "Mariam Tomtom" (kalo gak salah ya???

 
At 9.9.07, Blogger ichaAwe said...

hiks.. jd inget, waktu itu kita sekeluarga pp,alm-ah mm,& kku nonton ni pelem bareng2 dibioskop yg deket golde truly thamrin...
ohhh was a wonderful day

 
At 2.10.07, Anonymous Anonymous said...

Ini filem memang tiada duanya..salut buat bang dedy mizwar. Salah satu sekuel naga bonar yang positip dan tak terlupakan bahwa si nagabonar sebagai anak laki-laki adalah sangat hormat, segan, dan takut sama emaknya. Walau si emak sdh gak ada lagi alias almarhumah tapi si nagabonar masih berusaha utk bisa belajar ngaji( Nagabonar-2)..krn kalau dia mati, nanti di akhirat bakal kena marah abis-abisan sama si emak krn ngajinya belum tamat..he..he.Oke punya...

 
At 2.11.07, Anonymous Anonymous said...

film ini saya cari-cari videonya tapi nga ketemu2 euy.. ada yang pernah nemu nga?? KANGEEEN!!

dulu waktu masih SD, saya pernah rekam film ini dan saya tonton berulang-ulang SETIAP HARI!!!! nga pernah berhenti sampai-sampai saya hafal banyak dialognya...

dialog adegan si bujang tewas ada yang kurang tuh
"sekarang matilah kau dimakan cacing... kubur!!"

tapi resensi film ini TOP ABEEZZZ!!! serius, nyari VCD/DVDnya sekarang ada nga yah? kemaren baru beli VCD Nagabonar (jadi) 2.. tapi nga puas euy...!!


clodi.blogspot.com

 
At 30.11.07, Blogger ArryTerry said...

Emang oke bgt ini film...gue inget wkt itu nonton di rumah gue di menteng dalem sama nyokap gue...& gue inget bgt gimana nyokap gue ktawa abis gara2 ulah si Nagabonar...hehehehe...
Jargon "apalah kata dunia" sampe dipake buat iklan pajak...halah! :-P

 
At 15.12.07, Blogger rizal said...

nih pilem memang te o pe banget. gw masih kelas 3 es de pas nonton nih pilem bareng kaka2 gw.
sekuelnya Nagabonar (jadi) 2 juga oke. dalem banget. pantes kalo tahun ini dapet ganjaran Film Terbaik dan Aktor Terbaik (Deddy Mizwar) FFI 2007.
Bravo buat Bang Deddy Mizwar.

 
At 28.1.08, Anonymous Anonymous said...

alo semua ...2

g penggemar film naga bonar
ada yang tau ga
lagu sountrack naga bonar jadi dua
termasuk lagu2 pejuangan nya
wew
g mau
klo pada redo ama ikhlas plz
plzs kasi tau judul lagu2 nya di
l3laki.p3juank@gmail.com

 
At 21.3.08, Anonymous Anonymous said...

nih link buat yg suka koleksi vcd indonesia jadul
nagabonar juga ada!

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=27174972#post27174972

atau email aja ke acho_blanco@yahoo.com

 
At 26.3.08, Anonymous Tigis said...

wah telat gue tau blog ini.
Nagabonar adl salah satu pilem Indonesia terbaik yg pernah gue tonton. Yg atu lagi Tjoet Nya' Dhien.

Jadul is beautiful, especially 80
's :)

 
At 26.3.08, Anonymous Anonymous said...

Setuju ni film t.o.p.b.g.t.
tapi ada yang ganjel dikit ne...
logat Bang Naga bukan batak...maaf ya.
Itu namanya logat medan, kita orang medan bangga itu! he...
orang batak yang dari tapanuli juga keliatan kalo pertama kali datang ke medan. logatnya laen koq, perlu 2-3 tahun buat orang batak (atau siapa saja...) 'paham' logat kayak gitu. Malahan banyak opung2 batak sampe puluhan tahun di medan juga gak pande-pande logat medan, tetep pake logat bataknya (yang beda dengan logat medan).
di medan banyak logat tradisional : logat batak, logat karo, logat nias, logat melayu, logat jawa (iya..), logat cina de el el. Nah, logat medan ini pemersatunya...
lagian juga 'kejadian' nagabonar di Sumatera Timur koq, bukan di tanah batak (Tapanuli). Itu 2 residen yang beda pada jamannya, walao sekarang jadi satu : SUMUT dengan ibukota Medan tadi...
Nagabonar gak pernah menunjukkan dirinya orang batak, dia orang sumatera timur, itu yang pasti.
"Rumahmu di mana ?", kata Dokter Zulmi
"Di Medan", jawab Bang Naga
Itu ident.nya plus dia mau jadi Marsekal Medan-Lubuk Pakam. Mungkin itu asal Emak (Lubuk Pakam). 2 lokasi ini di Sumatera Timur. Satu lagi, Emak itu juga gak ada batak-bataknya, logat Emak lebih dekat ke logat melayu serdang, dan dandanannya sangat Minang.
Apa artinya ini ?
Saya rasa Maestro Asrul Sani gak mau Nagabonar jadi ikon satu suku, dia mau Nagabonar jadi manusia universal yang bisa diterima semua orang. Kebetulan beliau pilih Nagabonar jadi 'orang' Medan (kota di Indonesia yang heterogen sejak tempoe doeloe). Sebuah keputusan sebenarnya untuk menjadikan Nagabonar orang Indonesia tetapi memakai karakter unik orang Medan : ceplas-ceplos, cenderung kasar, dan jujur pada diri sendiri...
"Hidup Nagabonar...!!!
"Hidup Nagabonar...!!!
He....

ttd


Anggota Para Nagabonar
(Pasukan Rakyat Nagabonar)

 
At 26.3.08, Anonymous Anonymous said...

Atu lagi, kalo Nagabonar orang batak dia gak pake nama kayak gitu, tapi Bonar Sinaga...hehe...

pokoke Nagabonar itu orang medan (macam awak inilah) yang sekalian bisa buat bangga (akan nilai2 kejujuran, kepolosan, kepatriotan, dan keberaniannya) semua orang medan yang batak, melayu, karo, nias, pakpak, mandailing, jawa, cina, bengali, arab, banjar, aceh, bugis, sekalian bangsa jin dan hantu-hantunya!!!!

 
At 29.3.08, Anonymous Mc Attack said...

Sekuelnya juga keren..sumpah... ! gw sampe meneteskan air mata saking terharunya...
pas lagi adegan hormat ama jendral besar sudirman...wuih... nasionalis banget..!!

filmnya da di youtube tuh.. yang naga bonar 1..
searching aja..!

 
At 6.6.08, Blogger KevinXs said...

chayoo...
nasionalism bgd ni film...
ayo... om dedy... ditunggu ya NgBonar 3 ny...
oma Roldiah ( emak ) nya diajak lg donk maen ngBonar next session nya ye !!!

chayo Om Dedy...

 
At 17.8.09, Anonymous nagabonar said...

nagabonar di youtube,

nagabonar 1

nagabonar 2

nagabonar 3

nagabonar 4


nagabonar 5


nagabonar 6


nagabonar 7


nagabonar 8

 
At 31.10.09, Anonymous Anonymous said...

Salam Kenal...

Indonesia Page - All About Indonesia
The Adsense Site - Guide to Online Adsense Earning

 
At 11.12.09, Anonymous Astaga.com Lifestyle on the Net said...

Di film ini aq paling suka adegan ketika dedi mizwar hormat sama patung ...
Astaga.com Lifestyle on the Net

 
At 1.10.15, Blogger Muh.Zulkifli Nurhariru said...

Lucu nya minta ampun

 

Post a Comment

<< Home