Thursday, October 05, 2006

Madu dan Racun

Engkau yang cantik,
engkau yang manis, engkau yang manja
Selalu tersipu, rawan sikapmu
di balik kemelutmu

Di remang kabutmu
Di balik mega-megamu
Ku melihat dua tangan
di balik punggungmu

Madu di tangan kananmu
Racun di tangan kirimu
Aku tak tahu mana yang
akan kau berikan padaku


Madu dan Racun by Bill & BrodLagu ini dibawakan oleh Arie Wibowo dari group band "Bill & Brod". Band yang awalnya iseng-iseng doang. Dengan modal lagu-lagu yang udah lama diciptakan oleh Masary, hanya perlu seminggu untuk menyelesaikan album pertama. Dengan aransemen yang rada-rada nyontek lagu barat ngetop, lagu "Bingung" ciptaan tahun 1975 disulap menjadi "Madu dan Racun" di 1985. Dan tak dinyana tak diduga sodara sodara...... album iseng-iseng itu ... ternyata MELEDAKKK!!!! BUUMMMM!!!... terjual lebih dari Satu Juta Copy!!

Personel Bill & Brod

Personel awal Bill & Brod


Arie Wibowo Bill & BrodEh... ngomong-ngomong pada penasaran nggak, kenapa si Arie Wibowo Bill Brod ini kok dandanannya selalu gitu. Selalu pake topi pet menutupi kepalanya, plus kacamata hitam yang lebar menutupi matanya. Yang suka sirik sih bakalan komentar, paling juga orangnya botak dan matanya juling... hihihi....

Tuh tampang aslinya Masary, alias Arie Wibowo dari grup band Bill & Brod tanpa topi dan kacamatanya..
Sesuai dengan bayangan anda sekaliankah?.. ;)

Oleh : Q
Sumber : Majalah Hai no.42/IX tahun 1985
Cover kaset milik: Yuanzzz...



Tulisan lengkap dari artikel ini
sekarang sudah diterbitkan dalam bentuk buku
berjudul "Gaul Jadul" oleh Q Baihaqi,
terbitan Gagas Media, Juni 2009.



Segera aja dapatkan di toko buku langganan kalian yah cing...

65 Comments:

At 5.10.06, Blogger Yuanz said...

aku shock.. sumpah shock....

tak sanggup berkata-kata....

kalo bisa.. topi pet ama kacamatana dibikin permanen dehh ma mukana...

**masih shockk.. sumpahh!!! **

 
At 5.10.06, Blogger Irvan said...

eeerrrrr...Ary Wibowo itu orang Malang bukan ya? :D

 
At 5.10.06, Blogger meyrinda said...

hya ampunnn....baru skrg tau tampang aslinya! beda bangedd dgn imajinasi masa remajaku yang pnah disenyumin pas Ari lg bikin klip di taman mini :P

 
At 5.10.06, Anonymous okke said...

ARGHHHHHHHHHHHHH!
dulu gue ngecengin Ari! :))

 
At 5.10.06, Blogger nabil said...

oi ini bukan arie wibowo yang maen film itu yah>???

 
At 5.10.06, Anonymous Anonymous said...

Kayanya gara2 madu & racun, lagu2 lainnya pada ngekor judul: antagonis pake "dan"

surga & neraka (Hetty Koes Endang)

antara benci & rindu (Ratih Purwasi) *gubraaaak*

loyang & besi (wiwiek Sumbogo)
*gubraaaaak lagi*

 
At 6.10.06, Blogger Ira said...

kaya pemain film hongkong ya tampang aslinya :D

 
At 7.10.06, Anonymous fere said...

jadi inget jaman dulu:D

 
At 7.10.06, Blogger maya said...

weeee..ternyata gini to wajah ari wibowo si anak singkong. aku masih nyimpen tuh lagu ari wibowo, mulae mada dan racun , sinkong dan keju plus angin surga *lagu yang dinyanyiin bareng ervinna ini enak banegt tuh di dengernya*

 
At 8.10.06, Blogger iaNto said...

lagu ini kasetnya masih punya cuman, covernya ga tau lenyap kemana.
baru ngeliat tampang aslinya A.W tanpa topi pet kacamata ;))

 
At 8.10.06, Anonymous deenda said...

dakuh punya low kasetnya :)) dulu suka bangd ma lagu ituh :))

 
At 8.10.06, Blogger guario said...

Aduuuuuuhhh suruh dia pake kacamata sama topi pet aja deh... SILAU!

:D

Gakpernahsukalagujahanamitutapihafalluarkepala

 
At 9.10.06, Anonymous lily said...

itu ya tampang mas ari wiiiiBOWO..
jadul abiezzzz...

oya mas dan mbak klo punya koleksi lagu jadul dan nista boleh minta dunk aku

salam manis, untuk penggemar lapanpuluhan :D

 
At 10.10.06, Anonymous anjar said...

kalau gak salah waktu nongol di safari barengan sama Ria Resty Fauzy yg bawain lagu Cintaku Sedalam Lautan Atlantik (lagu ini pernah nge-to juga)
trus,lagu Astaga kayaknya satu album sama Singkong & Keju

 
At 10.10.06, Anonymous Raija said...

He he, ngomong-ngomong selain ada Madu & Racunya Bill & Broad ada juga Jawaban Madu & Racun cuma lupa siapa yang bawain ya?? Juga setiap ada lagu baru musti ada jawabannya, jadi rada-rada gemana gitu, nggak kreativ banget..... Nggak jaman dulu, sekarang juga ada Jawaban SMS Dangdut he he he

 
At 10.10.06, Anonymous diny said...

Wah, situs ini T-O-P-B-G-T!! Semua kenangan era 80an boleh dibilang akurat penulisannya. KLBK deh :)

 
At 14.10.06, Anonymous Anonymous said...

TOP banget dapet foto aslinya AW..
asli ngga nyanke euy, haaaaaaaaaaaaa

 
At 15.10.06, Blogger Yayi said...

whaa...lagu ini ga ada matinya yah..
trus tampangnya ari wibowo jg antik banget yah...hihihi...ga bakal bisa lupa deh :D

 
At 17.10.06, Blogger iway said...

meski dah tampil dengan lagu lutju, segitunya masih ada yang bikin lagu plesetannya **pernah punya versi plesetan lagu Astaga**

 
At 26.10.06, Anonymous Anonymous said...

jaman itu, judulnya aja susah dicerna...
maklum masih jaman sd akhir lagian agak benci ama ´penyanyinya...suka pura2 nyamar seh..

 
At 27.10.06, Anonymous Anonymous said...

belum lama ini aku dengar sebuah lagu barat (maksudnya berbahasa ingris gitu..) sama persih melodinya dg madu dan racun.

Itu kali nyontek madu dan racun ya.. tapi rasanya lagu itu lagu nostalgia yg udah lama. Lupa judulnya dan oleh siapa. Jadi siapa yang dicontek ya? (Yang dicari bukan yg nyontek lho..kalau ini banyak sih..)

 
At 27.10.06, Anonymous Anonymous said...

kalo ga salah ary wibowo itu asli salatiga, jawa tengah..

ada lagu dalam album madu dan racun, judulnya 'seribu kota'

lagu ini sempat nge-hit lagi pada awal 2000-an, dengan penyanyi:
Didi Kempot, (translate jadi bahasa jawa: "sewu kutha")

 
At 30.10.06, Blogger candy_jkt said...

jadi ingat dulu suka cuap2 di radio 2 meteran (jamannya susah punya telpon.. ampe bela-belain ikut orari supaya gampang komunikasi).. eh ttg radio 2 meteran belum pernah dibahas yaa..

biasanya sih nongkrong di channel2 yang rumahnya dekat2.. salah satunya (katanya siih) anaknya ari wibowo ini.. cuma ngga pernah kopi darat.. suaranya sih oke n kadang2 suka nyanyi juga di udara..

dibahas dong tentang 'break break di udara' hehe.

 
At 2.11.06, Anonymous Anonymous said...

break di udara udah dibahas deh...
liat file sebelumnya ya...

 
At 3.11.06, Anonymous Anonymous said...

Top banget situs ini, gue senyum2 sendiri ngebacanya, gue beru aja tau dari Otomotin Radio Live, BRAVO........ cool banget jadi terkenang

Yayuk

 
At 9.11.06, Anonymous Queerine said...

kocak abis! Dia pernah nyanyi bareng ervina ngga sih?
terus sekarang kemana? kok ga ada kabarnya lagi?

 
At 13.11.06, Blogger KangFoto said...

Hehehehehehe ...
Ini lagu emang TOP ABIS pada zamannya... Gw aja sampe punya Kaset yang ASLI ( entah kemana sekarang.. Hiks ... ) Sampe punya kompilasi semua lagu yg berbau Madu dan Racun..
Seperti Jawaban Madu & Racun yang dinyanyiin sama Wenny Anggraeni, trus ada BASAH & KERING, BIBIR MERAH, MADU & RACUN Versi INGGRIS yang dinyantiin sama sapa tuh orang Medan itu ( Lupa !!! )

Sampe versi dangdut ada juga .. wakakakakakakakak ...

Oiya .. di kompi gw sekarang ini masih gw simpen lagu-2 THE BEST Bill & BROAD... ada yang mau? Wakakakakakak

salam
KangFoto

 
At 24.11.06, Anonymous Anonymous said...

Lagu ini top banget biar rada gimana gitu dengernya tapi asyik kok...apalagi aha sorak sorai penontonnya (lagian buat apa ya sorak sorai itu ya??)

Btw Inget ga lagu MOJOK NI YE...nya IYUT BING SLAMET?? Mojok yok kita mojok yok...kita mojok berdua...

Atau INGAT KAMU NYA DINA MARIANA??
Aku mau mandi ingat kamu
Aku mau makan ingat kamu
Aku mau mkaan ingat kamu
Aku mau tidur ingat kamu...

 
At 27.11.06, Anonymous Noval Adib said...

Madu dan racun emang top. Ayahku malah pernah bikin plesetannya: Bapak, mati diracun. Ibu, mati dimadu...
Mengenai lagu Suzana versi Indonesia itu, yang menyanyikan namanya Billy Eden. Jadi bukan sebuah group band.
O ya, ada yang punya lagu "Apanya Yang Menarik" milik mendiang Richie Ricardo, nggak?

 
At 29.11.06, Anonymous Anonymous said...

ada yg punya lagu "kodok pun ikut bernyanyi" ga ? itu yg nyanyiin ari wibowo juga, soalnya tuh lagu susah banget dicari...
perhatian : gue ada lagu madu&racun, astaga serta singkong&keju dalam mp3, contact gue aja fidofc@yahoo.com

 
At 4.12.06, Anonymous Jun said...

kalo ga salah terakhir masih nelorin (taelahhh nelorinnnn) album judulnya ida ayu komang ye.
Maklum, temen baek gue punya babe (alm) dulu gawe sama arie wibowo ini (pake e ya buat bedain sama adeknya mbak Ira :)).

 
At 15.12.06, Anonymous Radian "Jawa" said...

Wah! Nggak nyangka ada blog beginian... Gua cuma punya 1 album "Gombloh & Are Wibowo" penyanyi kondang yang sampai awal 90-an masih ada di dunia televisi, walaupun sekarang sudah 'menyublim' entah kemana... hihihi...

CD tersebut tampaknya 'bawaan' bapak saya dari CD keluaran awal Indonesia di tahun 1980-an. ©1986 tulisannya... hihi...

"Astaga, Madu dan Racun, Kau, Astaga, Selamat Tinggal Masa yang Suram, Kan Kuukir Indah Dihatiku" adalah lagu2 yang dari sejak masih bayi hingga sekarang selalu gua dengar dan menjadi lagu abadi buat gua. :)

Dimana gua bisa mencari lagi lagu-lagu ini ya?

Haha... andaikan...

btw,
gua ketik "Arie Wibowo" di Google koq adanya si 'emas sok ganteng' itu sih?! Gak ada mukanya si penyanyi kondang ini... Aduu~uuh...

Salam!

 
At 22.12.06, Anonymous basica.exe said...

Prambors Rasisoniaaa Prambors Rasisoniaaa..... Hayo Rasisonia itu apa'an?

 
At 18.1.07, Anonymous Anonymous said...

Rasisonia tuh singkatannya radio siaran swasta dan niaga (kalo kaga salah yah....)

 
At 23.1.07, Anonymous momonz said...

bagi lagu lagu nya ari wibowo donggggggggg........pleaseeeee lagu jaman kecil saya ituuuuuuuwwwwwww......makasihhhhhhhhh

 
At 15.2.07, Blogger Equilibrium said...

setuju ama Momonz...

kalo ada yg punya dong ....
itu lagu bersejarah banget ....

 
At 20.2.07, Blogger toothfairy said...

Ini lagu diputer pas gue kelas tiga SD. Jejingkrakan sama sepupu gue di tempat tidur. Topi pet hitam dan kaca mata hitam ada dalam wish list. Aih..aih... Tapi kalo dipikir-pikirm, topi pet engga pernah mati ya sampai sekarang.

 
At 5.3.07, Anonymous Anonymous said...

Kayaknya Arie Wibowo asli Salatiga deh. Nah, kalo soal lagu dan album Madu dan Racun vesi akustik dari album Prambors th 1975, saya masih nyimpen dan suaranya masih bagus. Memang keren lagu Madu dan Racun versi akustik.

http://danielsupriyono.blogspot.com

 
At 20.3.07, Anonymous Anonymous said...

waahh...koq ngga pake topi pet-nya aga "culun" yee...hehehe (hampura..!!)..jadi aga mirip pemain silat cina deh...
yg mau cuplikan nye ANGIN SURGA..

....
adakah kau rasakan...sikapku selama ini..
rasa rindu ini..hanya untukmu..(Ah, masa..)
untuk kamu..uu..uu..

Resah hatiku...karenamu..(kau hanya menghibur hatiku..)
sumpah mati cintamu ku damba...
ooohh..hanya angin surga ..di telinga...
ooooo..ooo..angin surga...
aku rinduuuuu...angin surga mas...

top abis ini blog...i like for all...

 
At 4.8.07, Anonymous Rogue said...

Saluuttt. Hebat banget research-nya!!?? Bisa sampai dapet foto aslinya si Ary Wibowo segala?

Setelah bertaon2 akhirnya gue liat juga tampangnya tu orang.

Waktu dulu gue juga denger gosipnya kalo dia botak dan juling.

 
At 16.8.07, Anonymous Anonymous said...

eh, arie wibowo ini masih hidup ndak ya?

 
At 9.9.07, Blogger ichaAwe said...

jadi inget pp yg selalu bacandain aku... kalo kk ku anak keju... tp aku anak singkong ...

 
At 20.9.07, Anonymous marsitol said...

Inget pas SD kemah persami nyanyi2 lagu singkong keju hi hi hi...
Nostalgila banget blog ini.

 
At 25.11.07, Blogger rulca said...

gue pernah ngamen bawain lagu ini di bogor, yang lagi pacaran ngasih cepek, di warung di kasih jigo,.sialnya dikomentarin anak2 ...lagu2nya itu lagi-itu lagi!!!

 
At 2.12.07, Anonymous Anonymous said...

yang juling itu bukannya Deddy Dores? makanya pake kacamata terus

Btw, gue masih inget beberapa baris salah satu lagu yg ada di album Arie Wibowo, lupa album yg mana, tapi lagunya nestapa banget...

"Beginilah liku liku hidupnya seorang seniman, setiap hari kesana kemari cari inspirasi...."

ada yang ingat?

 
At 4.12.07, Anonymous wi3nd said...

yaaa ampYuuuunnn..ni toKh tampan9 asLina om ariee....( weks..jauuuh ban9eT yakH..:))

eee..tapi lagu2na enaK kok didngerIn,lirikna ju9a bagus..

wakH toP ni bLoger..!!!

 
At 9.12.07, Anonymous neena said...

Hihihhihii....Jahat banged deyh komen2 di bawah...tapi gw ngakak ngebacanya...hahahahahaha...Selama ini ak pernah tuh ngebayangin gimana Arie Wibowo tanpa kaca mata dan pet (ato baret ???) itu....hehehe...tapi, gw hafal banged ma lagu2nya yang booming... Yang gw inget trakir personilnya 4 org...

 
At 2.1.08, Blogger dadang said...

aku sebagai penggemar berat Ari Wibowo mau nanya, ke mana ya si doi sekarang ini? kok gak pernah nongol di TV lagi sich... for god shake aku kangen berat ama figurnya yg khas....

 
At 7.1.08, Anonymous rin- rin said...

ya ampuuun tu Ari Wibowo beneran aslinya yah? kok seperti paradoks sm yg pake topi sm kcmata gt. jadi inget bokap nih,beliau punya kasetnya sampe skrg masi ada tp dah ga bisa disetel pitanya lengket.ada yg mau kali?

 
At 6.2.08, Anonymous Anonymous said...

Bang gua pingin dengerin lagunya Arie Wibowo "Angin Surga" & "Seribu Kota". Bagi-2 donk lagunya. Thanks b4.

 
At 9.2.08, Anonymous pritommarch said...

Minta donk MP3 lagu 'Madu dan Racun' dan 'Singkong dan Keju' -nya pliss...ingetin masa-masa ngincer cewe tetangga sebelah rumah yang anjingnya ketularan Bapaknya..."GALAK...'. Kirimkan ke pritommarch@yahoo.com yaaa,thanks

 
At 4.4.08, Anonymous Anonymous said...

jangan jangan arie wibowo itu sebetulnya arie sigit, liat aja botak sama matanya... sama semua.

 
At 4.4.08, Anonymous Anonymous said...

jadi kangen sama alm bokap nih
dulu waktu singkong dan keju booming, gua masih sd sekitar kelas 3-4 an gitu deh...trus gua merengek-rengek ke alm bokap supaya dibeliin kaset itu....akhirnya gua diajak ke toko kaset di depan terminal rawamangun (kalo gak salah dulu terminal plaza), karena gua malu gua minta alm bokap gua yg nanyain ke penjaga toko kasetnya...eh alm bokap nanyanya gini nih : ada kaset kulit dan pisang gak...? si penjaga toko kasetnya bingung kali ya, tp dia langsung nebak : singkong dan keju kali pak...?

 
At 9.4.08, Anonymous Anonymous said...

allow tmn2
punya mp3nya bill broad
ga..?klo ada yg punya bisa tlg kirimin ke email ku ga..?
rio_laas@yahoo.com makasih.

 
At 9.4.08, Anonymous Anonymous said...

klo bisa yg hits aja..
dan lagu2 jaman 80 yg hits
makasih.
rio_laas@yahoo.com

 
At 2.7.08, Anonymous Anonymous said...

arie wibowo sekarang jualan dvd di glodok coy kalo pengin tau
--veto--

 
At 13.8.08, Anonymous Anonymous said...

hah? beneran nih di glodok? dimananya?
dia orang salatiga ato bukan yah?

 
At 23.10.08, Anonymous Ida said...

madu dan racun udah identik bgt deh ma taun delapanpuluhan. Waktu lagu ini booming gue baru kelas 2 SD. Saat itu lagi keluar maen (istirahat maksudnya) ada yg nyanyi, engkau yg cantik engkau yg manis, engkau yg manja....pas gue liat ya oloh...itukan ketua kelas yg gue taksir...huuuu lgs geer setengah mati...

bedewei, kalo ada yg punya versi akustiknya, yg tahun 75 itu kirimin ke gue dong..gue pengen bgt denger. ke pcat76@yahoo.com ya...

pliz..pliz..tengs banget sebelomnya

 
At 1.3.10, Anonymous Anonymous said...

Halo Admin/neter..
Mnt tolong dong ada yg punya mp3 lagu ari wibowo judul "kan kuukir indah dihati"
aku dah muter2 ga nemu2 ...plz yah klo pny kirim ke email ku : agus_qadry@yahoo.co.id

thx

salam,

 
At 14.7.10, Blogger SI DENGGOEL said...

ternyata....? mirip chines

 
At 29.1.11, Anonymous Anonymous said...

pa ari, ngomong2 sering ke roxy lagi ga??

oh iya ditanyain tuch sama pa theo...........

 
At 29.1.11, Anonymous Anonymous said...

nyari ari wibowo... gampang tinggal tanya ke adenya aja......... namanya "PA THEO" 02170895667 (tapi nich orang jarang ngubungin kknya kalo ga ada perlu bgt) asli salatiga, masih bernaung di label SILOGAN.....

 
At 15.4.11, Anonymous Anonymous said...

rest in peace, arie..

 
At 10.7.12, Anonymous Anonymous said...

Selamat jalan om Arie. Semoga amal Ibadahnya diterima.

 
At 26.10.12, Anonymous Anonymous said...

ketika aku terbayang lagu 'angin sorga' / duet ari wibowo dan ervina aku inget sebuah momen ketika pagi2 lagu itu diputer di tape aku sedang membaca majalah ananda pas di bagian komik strip 'MISTERI TUYUL' hehe..

 

Post a Comment

<< Home