Thursday, August 25, 2005

Kokorono Tomo

Yang mau ikutan bersenandung sambil mengingat masa2 indah tanpa beban in the old 80's, mari kita bareng2 ambil suara.... "Aaaaaaaaaa...!". Bagus! Mari kita mulai menyanyi bersama! satu dua tiga! :D



Kokorono Tomo
By Mayumi Itsuwa

Anata kara kurushimi o ubaeta sono toki
Watashi nimo ikiteyuku yuuki nga waite kuru
Anata to deau made wa kodoku na sasurai-bito
Sono te no nukumori o kanji sasete

Ai wa itsumo rarabai
Tabi ni tsukareta toki
Tada kokoro no tomo to
Watashi o yonde

Shinjiau koto sae dokoka ni wasurete
Hito wa naze su'ngita hi no shiawase oikakeru
Shisuka ni mabuta tojite kokoro no doa o hiraki
Watashi o tsukandara namida huite

Ai wa itsumo rarabai
Anata nga yowai toki
Tada kokoro no tomo to
Watashi o yonde

Ai wa itsumo rarabai
Tabi ni tsukareta toki
Tada kokoro no tomo to
Watashi o yonde




Tulisan lengkap dari artikel ini
sekarang sudah diterbitkan dalam bentuk buku
berjudul "Gaul Jadul" oleh Q Baihaqi,
terbitan Gagas Media, Juni 2009.



Segera aja dapatkan di toko buku langganan kalian yah cing...

52 Comments:

At 25.8.05, Blogger siberia said...

dulu pernah hafal sih lagu ini, tanpa tau apa artinya..
baru tau sekarang ternyata mendayu-ndayu..habis ya...:D

ya tapi jaman 80 an itu lagu yg laku kan emang lagu yg kayak gini..hihi

oya..selain lullaby=rarabai, ada juga di lirik yg ini :

SHISUKA NI MABUTA TOJITE KOKORO NO DOA O HIRAKI

kata DOA itu dari bhs inggris DOOR :)

 
At 27.8.05, Blogger deltakirana said...

tebak bahasa jepangnya baskinrobbins ama walls?

aisikarimu... hihihi...

kalo helikopter?

herikoputa...

karo raguna kokoronotomo asrinya diciptain ma sapah???

arigato gozaimasu...
saya bisa berajar bahasa jepang disini *apasih?*

 
At 30.8.05, Blogger mutiara nauli pohan said...

waktu lagu ini lagi ngetop2 nya kayanya aku masih sd kls berapa yah masih kecil banget deh, tante ku suka nyanyiin ini tapi setelah besar dansampe sekarang aku masih suka lagu ini

 
At 6.9.05, Blogger ben said...

hahahaha.... lagu pujaan sepanjang trotoar !
dulu, kalo lagi jalan, dari ujung toko ke ujung lainnya lagu ini melulu yang kedengeran. top abis deh !!

 
At 10.9.05, Anonymous 'ka said...

do you have the song (mp3) by any chance?

 
At 15.9.05, Blogger cuuluun_girl said...

busyeettt, awak baru balik dr JKT, dan sodara disono nyimpennin kaset dari jaman itu tuh. baru kemaren ngedenger lagu ini.. waduhhh bener-bener nostalgia deh.... :)

 
At 19.9.05, Blogger mikegonzo04764022 said...

i thought your blog was cool and i think you may like this cool Website. now just Click Here

 
At 28.9.05, Blogger doeljoni said...

kokoro no tomo
begitulah bunyinya
kakinya bertanduk
hewan apa namanya...?


lho.. salah nada dengan lagu jaman TK ?

 
At 3.10.05, Anonymous 80's child said...

gile lu Ndro!
sumtin bout game boards: dalam rangka ulangtahun keduapuluh mario bersodara dibuatlah gameboy seukuran yang jamdul tapi layarnya multiwarna persis kayak nintendo di tipi. Level-levelnya pun. Harganya: 12.000 yen (kalikan 89) doang kok. Mau titip? Ntar biar gue mainin dulu..setelah itu loe gue ajarin cheatnya. Lo atau Mas ya? Secara situ wong jowo.

 
At 7.10.05, Blogger great ani said...

haha.. baru tau artinya sekarang...
beginya lagi baru tahu judul nih lagu 3 bulan yang lalu
(yah...lagunya kan ngetop waktu ani masih tk)

eh..ani puya mp3nya...ada yang mau?

 
At 7.10.05, Anonymous ipoul_bangsari@yahoo.com said...

Makasih...makasih... makasih...
dari dulu aku pengin belajar lagu ini dan baru hari ini tau syairnya. makasih.....

 
At 7.10.05, Anonymous ipoul_bangsari@yahoo.com said...

Makasih...makasih... makasih...
dari dulu aku pengin belajar lagu ini dan baru hari ini tau syairnya. makasih.....

 
At 8.10.05, Anonymous jaya said...

Kayaknya dulu syairnya juga "diIndonesiakan" kan???

dulu ketika masih kecil di kampung, cuman teringat bahwa lagu kokorono tomo hanyalah lagu luar negeri yang diputer di radio daerah. denger lagu luar negeri hanya dari kaset yang dibeli bapak. entah beliau dengernya darimana. maklum daku kan masih kecil, tapi ingat kalo kokorono tomo waktu itu banyak yang nge-"request"..

 
At 31.10.05, Anonymous Anonymous said...

Wah, baru tahu artinya ^_^ Dulu jaman tk ato sd seneng denger lagu ini berulang kali sampe kasetnya rusak....^_^

 
At 16.11.05, Blogger iway said...

kayaknya si mayumi ini sempet manggung di jkt yaa (bener ga sihh), gw inget waktu liat poster konsernya, mayumi berambut panjang kayak sadako di the ring hehehehe

**keep up the good post**

 
At 16.11.05, Anonymous Anonymous said...

omigod... ini adalah lagu gue pas pentas nari di panggung tujuh belasan rw gue... hehehe...

blog ini emang top abiesh... viva 80's!!

 
At 17.11.05, Anonymous Anonymous said...

lagu ini pernah diindonesiain terus yg nyanyi nya Ria Resti Fauzy (itu lho yg mpopulerin lagu "Cintaku sedalam lautan atlantik" sama "Sepatu dari kulit rusa" juga "Sinar matamu bagaikan besi sembrani")...ha ha ...jadul banget ya....dah gitu si Ria ini rambutnya kaya Monica Oemardi di lembar Cogirl 89 itu...hi hi..super jadul...

untung kokoronotomo versi indonesia ini ngga meledak,..soale kalo meledak bisa-bisa beredar tuh lagu "JAWABAN kokoronotomo"...hi hi...

 
At 18.11.05, Blogger d_ducklovers said...

Waktu Sd kelas 2 gw apal ama ni lagu, ortu en kakak gw sampe terkagum2 krn adeknya dianggep jenius ngapalin lagu asing (pula!!). Pdhl skrg ponakan gw yg umur 4 taon udah apal semua lagu2 peterpan :( Beda nutrisi

 
At 19.11.05, Anonymous tgooh said...

kalo ada lagu ini gw jd inget, gw punya kaset ini dulu belinya di terminal terboyo smg -perjalanan dr magelang ke bandung-
wah jadi inget masa kecil gw ... ;)

 
At 14.12.05, Blogger Lili said...

hapal abis...sampe ditepukkin org jepang pas karaokean..ha.ha..

 
At 18.12.05, Anonymous Anonymous said...

kokoronotomo
Tak tertahan air mata menetes dipipiku
kumelihat kau disana bersama gadis lainnya
yang pernah kau kenalkan padaku
kukira dia sahabatmu
tapi kenyataanya kini, dia kekasihmu
betapa sakitnya hatiku,
kau dustai cinta suciku...

 
At 24.12.05, Anonymous Anonymous said...

wahahaha... baru minggu lalu gua donlot mp3 kokorono tomo, rupanya gua masih hafal syairnya, walaupun nggak ngerti artinya. pas tau arti syair-nya gdubrak deh gua... dasyat bener sih yak? hahaha... salut sama yang udah susah2 mempersembahkan kenangan manis buat manusia generasi 80-an. makasih banyak ya..:D

 
At 29.12.05, Anonymous Anonymous said...

btw, Mayumi Itsuwa ternyata punya official website tuh di http://www.itsuwamayumi.com
Di situ, di versi jepunnya, bahkan ada foto2 bareng delon saat rekaman(?) album charity utk tsunami.... baru tau gue...

 
At 1.2.06, Anonymous cahya said...

kalo ada yg punya mp3 lagu ini minta duonk, coz gw suka bgt ma ni lagu....
pliz confirm to my email : ayhac02@gmail.com
thx

 
At 18.3.06, Blogger idarmadi said...

konon kabarnya lagu ini biasa2 ajah di negeri asalnya, kagak sampe booming banget.... tapi di Indo emang booming abis.

ada yang ingat engak satu lagu jepang lagi yang beredar engak lama setelah kokoronotomo ini?

Ah.... jadi ingin balik lagi ke tahun 80an masa2 indah waktu SMP/SMA.....

 
At 20.3.06, Anonymous Anonymous said...

OiOi..
Mau donk d/l mp3 kokorono tomo..
d/l d'mane ya? Help me help me duonk..

Thanx..

~Vivi~

 
At 22.3.06, Anonymous dans said...

apalan lagu jaman sd nih. biarpun ayairnya rada-rada bleset juga, maklum lidah anak-anak he he.

 
At 21.4.06, Anonymous Anonymous said...

so sweet...
mellownya kumat duehhhh...
tapi lagu ini ok bgt lhoh, biar lagu lawas juga, tp tetep keren!!

 
At 4.5.06, Anonymous Anonymous said...

Tahu gak ternyata dinegrinya sendiri lagu ini gak terkenal sama sekali. Pernah aku nanya ke sensei bhs OShin gue, tau gak lagu kokoronotomo? Mereka bilang kayaknya tau. Tapi gak terkenal. Waktu aku bilang ini lagu ngetop abis di Indonesia, mereka sontak kaget. so desuka? halah...

 
At 11.5.06, Blogger umar said...

Dulu dengerin kaset albumnya Mayumi Itsuwa yang ada Kokoro no Tomo ini pas keluarga besar gw liburan ke Cisarua. Keknya di sana kaset ini aja yang disetel terus. Dingin dingin hati ini tambah dingin dengerin petikan gitar dan suaranya Mayumi.

 
At 27.5.06, Anonymous sayah said...

Ni lagu lagi ngetop-ngetopnya pas gue sd lho sampe gue bisa mainin pake suling. Pas ujian seni musik gue mainin lagu ini lhoo.. gila yee

 
At 21.7.06, Anonymous sk24@gawab.com said...

banyakan temen2 Jepang gw kagak ngerti lagu Kokoronotomo ini. So, dikampus gw, lagu ini dipopulerkan sama temen2 Indonesia yang kebetulan punya Band, namanya Elekyo Band.
Lagunya asyik berat....Gw sampe terharu biru kalo ngedengerin. Kebayang kalo balik Indonesia, kali gw nangis2 ya ngedengereinnya. Cinta abis sama Jepang euy

 
At 21.7.06, Anonymous sk24@gawab.com said...

yang mau MP3nya Kokoronotomo, gw ada lho. Kirim e mail ke gw dehhh

 
At 8.10.06, Anonymous Branco said...

Ohoooooooooo aku jadi tahu neh sekarang, orang di kotaku dulu (penyiar radio AM, belum ada FM dulu itu)kalau denger lagu ini judulnya dibilang & ditulis juga di koran lokal "Lelebai"
Aku pikir apa hubungan "Lelebai" sama lagu Jepang ini :D hehehehehehe.Ternyata rarabai itu lullaby tohhhh. (BTW aku juga inget ada cerita rakyat "Lelebai Yang Malang", makin cofused aja :D )
20 Sweet Songs putih cover kasetnya, huruf warna ungu. Kokoro no tomo di side A urutan 2 :D

 
At 26.10.06, Anonymous Anonymous said...

ini...lagu asing pertama yang mudah diserap oleh lidah gw...tapi lama kelamaan syairnya di gubah banyak jadi;

kokorono tomo
begitulah bunyinya
kakinya bertanduk
hewan apa namanya...

maaf ya mbak mayumi...

 
At 27.10.06, Anonymous Anonymous said...

Shinjiau koto sae dokoka ni wasurete , kalau diterjemahkan seperti ini bagaimana ya..: "Kepercayaan (saling) pun terlupakan entah di mana ". yak e..(kali..)

Jumpa blog ini mbaca samapi dini hari.. asyik bernostalgia..

ttd
Faza

 
At 6.11.06, Anonymous darma said...

ada yang punya teks lagunya mayumi itsuwa dengan judul amayadori?please send ke frenchleghorn@gmail.com

 
At 30.11.06, Blogger tenyom said...

Kekeke.. gue jadi inget; dulu sensei gue suka marah kalo lagi belanja suka tiba2 dinyanyiin orang lagu ini trus dipanggil2, Kokoronotomo.. haha, kebayang nggak sih keselnya doi.

 
At 9.12.06, Anonymous Leo said...

Lagu ini so...jadul....lagu ini wkt gw masih kecil suka dengerin....oh...ya jgn lupain hit's "amayodori" dong....populer juga kan di masa itu??

 
At 14.12.06, Anonymous Anonymous said...

Nih kali yang dicari

AMAYADORI

Ekino homu de mikaketa
Anata wa mukashi no koibito
sono, natsukashi yokogao Omowazu koe o kaketa watashi
Anata wa odoroita yo o ni, Tabako o otoshite shimatta
Kudake chitta honoo no hibi ga, Tsuka no mani, yomigaeri- Mitsume au,
doo shiteru ima wa Arekara kimi wa,
Genki ni shiteru wa Itsu datte watashi,
Ocha demo nomou Sukoshi no jikan,
Densha wa Toori sungite yuku

Anata wa koohi kappu ni, Kakkusatoo futatsu irete
Ima no boku wa, konna mono sato Warai nagara
Kami o kaki ageta. Soo dakedo fushigi ne
Ano hi wakareta koto mo. Tada, amari ni wakasugita dakedato futari. Tagai ni yurushi aeru

Aishita wa, watashi Anata no koto wo
ima wa betsu betsu no Yume o ou kedo
Meguri ai wa Sutekina koto ne.
Amayadori suru yoo ni futari

Aishitawa, watashi Anata no koto o
ima wa betsu betsu no Yume o ou kedo
Meguri aiwa Sutekina koto ne
Amayodori suru yoo ni futari

 
At 11.2.07, Anonymous lydia said...

lagu ini top abis!!!
gw inget gw pas ada pelajaran seni musik di sekolah,main pianika,gw pake lagu ini saking suka banget!!
kokoronotomo...penuh kenangan!!

 
At 24.2.07, Anonymous Anonymous said...

Lagu amayodorinya tolong diartikan juga dong..
Biar ngarti gitu lho..

 
At 28.3.07, Blogger yoseph ade said...

Nyang pengen denger lagi lagunya sambil inget2 memori, silahkan nonton disini L:
http://www.youtube.com/watch?v=6ZToJc2sXn0

 
At 11.7.07, Anonymous Anonymous said...

Lagu amayadori diartikan juga donk biar kalo menyanyikannya bisa menghayati

 
At 14.12.07, Blogger rina said...

weleh..weleh..emang tuh lagu ngetop bgt,tp itu mah msh gampang di cari. gmn klo tatsuro yamashita...uuuhhhh lagunya lbh ok, i'm dreaming
and in my dream,i see ur eyes
they fill my heart in heaven
i'm flying
and in the sky, i see ur eyes
they answer all my longing for u

i've always lived my life in fantasy
no chance to take, no heart to break
but now u take my hand and
u make me understand that two dearms,can joint together...
its morning and as i wake, i see ur eyes
they are my reason,they are my answer now
becaise i love u
the one who made my dreams come true.........

uuuuuuuh soooo cooooollllll.......

 
At 5.2.08, Anonymous henshin75 said...

Lagu ini pernah dirilis ulang kalo gak salah ama Delon (Indonesian Idol) duet ama mayumi Itsuwa. Tapi tetep aja bagusan yg versi originalnya. Selain lagu Kokoro no tomo ama Ayamadori, aku juga seneng lagu Shio Gai dari album yang sama. nuansa Jepangnya kentel abisss.

 
At 18.2.08, Blogger PAGUYUBAN NARASRAYA said...

Lagu kokoronotomo aku kenal waktu aku SMP kelas 2, dulu waktu SMP ada ekstrakurikuler main suling yang putih itu, sampe guru musik aku salut, aku bisa ngiringi beliau pake piano aku pake sulingnya, berkesan jg sih,

salam
Jo
FS:co_artline@yahoo.com
081389125525

 
At 25.5.08, Blogger ariawan achmad mawardi said...

Jangan salah, sodara2 -san.
Mbak Mayumi punya banyak lagu enak didengar selain "kokoronotomo". Salah satu lainnya yg sempat masuk ke Indonesia : "AMAYADORI"

Begini kira2 teks lagunya :

Eki no humo de mikaketa
Anata wa mukashi no koibito
sono, natsukashi yokogao
Omowazu koe o kaketa watashi

Anata wa odoroita yo o ni
Tabako o otoshite shimatta
Kudake chitta hoo no hibi ga
Tsuka no mani, yomigaeri
Mitsume au,
doo shiteru ima wa
Arekara kimi wa,
Genki ni shiteru wa
Itsu datte watashi,
Ocha demo nomou
Sukoshi no jikan,
Densha wa
Toori sugite yuku
Anata wa koohi kaku ni
Kakkusatoo futatsu irete
Ima no boku wa,
konna mono sato
Warai nagara
Kami o kaki ageta
Soo dakedo fushigi ne
Anohi wakareta koto mo
Tada amari ni wakasugita dakedato futari
Tagai ni yurushi aeru

Aishita wa, watashi
Anata no koto o
ima wa betsu betsu no
Yume o ou kedo
Meguri aiwa
Sutekina koto ne
Amayadori suru yoo ni futari

Aishita wa, watashi
Anata no koto o
ima wa betsu betsu no
Yume o ou kedo
Meguri aiwa
Sutekina koto ne
Amayadori suru yoo ni futari

- Nah, silahkan diartikan ...

 
At 20.1.09, Blogger Kwe Perfume said...

doeljoni masih inget aja, plesetannya...

 
At 11.1.11, Anonymous Anonymous said...

kokoronotomo
Tak tertahan air mata menetes dipipiku
kumelihat kau disana bersama gadis lainnya
yang pernah kau kenalkan padaku
kukira dia sahabatmu
tapi kenyataanya kini, dia kekasihmu
betapa sakitnya hatiku,
kau dustai cinta suciku...


ini judulnya apa yaK?? trus yang bawain na siapa?

 
At 22.9.11, Anonymous Anonymous said...

huahuahuauahua kokoronotomo nih lagu drumb band jaman gw SD, tahun 1984-1995an tuh eskul dumb band or marching band serasa kerennn.. klo sekolah dah punya marching band serasa sekolahnya paling keren!! klo skg mana ada, yg ada pada maen band

salam
gw lulus SD tahn 1990

 
At 17.1.12, Anonymous Anonymous said...

Hai
klo itu lagu kokoronotomo yang asli, punya info yg versi indonesianya gak, klo ada link mp3nya. kira2 liriknya gini;
Tak tertahan..air mata.. menetes di pipiku ....(dst)
hel me ya, tanks before

 

Post a Comment

<< Home